26 Februari 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

26 Februari 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Bingung memilih makanan khas Banyuwangi untuk dibawa sebagai oleh-oleh? Sahabat nggak perlu bingung. Ada banyak makanan khas Banyuwangi yang terkenal, kok. Salah satunya adalah kue bagiak. Kue ini memiliki rasa unik yang harus kamu coba. Ingin tahu seperti apa kue khas Banyuwangi ini? Yuk, simak di sini!

Apa Itu Kue Bagiak?

 

Kue khas Banyuwangi, kue bagiak, merupakan kue yang memiliki panjang dan bentuk menyerupai jari telunjuk orang dewasa. Kue ini terbuat dari bahan-bahan, seperti tepung kanji, susu, telur, garam, kelapa parut, dan bahan perasa. Bahan-bahan kue dicampur dan diaduk, dicetak, dan dipanggang di oven.

Kue kering ini memiliki bentuk yang keras, namun lembut dan meleleh ketika dimakan. Rasanya pun merupakan campuran dari rasa manis, asin, dan renyah.

Asal Muasal Kue Bagiak

Apakah kamu tahu kalau kue bagiak ini dulunya hanya tersedia saat Hari Raya Idulfitri? Kue yang dikenal dengan kue bagja ini pada awalnya dibuat sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah panen yang melimpah. Makna lain kue ini adalah sebagai ungkapan kemenangan melawan hawa nafsu.

Sekarang kue ini tidak lagi hanya tersedia saat Lebaran, namun kue kering ini sudah dijadikan camilan yang bisa dimakan setiap saat. Kue ini pun menjadi oleh-oleh wajib untuk dibawa pulang sebagai buah tangan khas Banyuwangi.

Varian Rasa Kue Bagiak

Sumber : Syahidhas.com

 

Kue bagiak ini terus berinovasi menyesuaikan rasa dengan rasa kekinian. Selain varian rasa original, kue kering ini juga terdiri dari berbagai varian rasa. Kamu bisa membelinya sesuai dengan rasa kesukaan kamu, Sahabat.

Berbagai varian rasa: pisang, keningar, oka, wijen, kacang, durian, vanila, pandan, nangka, moka, keju, kayu manis, susu, jahe, stroberi, cokelat, dan madu, bisa kamu beli. Walaupun tersedia dalam berbagai rasa yang berbeda, rasa manis, asin, dan gurih tetap mendominasi. Kamu suka pilihan varian rasa apa?

Harga Kue Bagiak

Kue kering bagiak asal Banyuwangi ini merupakan kue yang tepat buat kamu yang ingin membawa buah tangan untuk keluarga dan teman-teman. Harganya sangat terjangkau menyesuaikan isi dompet Sahabat.

Jika kamu ingin membeli kue kering bagiak ini, siapkan uang sekitar Rp14.500 sampai Rp25.000 per plastik/kotak. Kamu bisa membeli berbagai varian rasa kue ini tanpa membuat kantong kamu jebol.

Rekomendasi Tempat Membeli Kue Bagiak

Kue bagiak ini sangat mudah ditemukan di berbagai tempat yang menjual oleh-oleh khas Banyuwangi. Jika kamu bingung di mana membelinya, berikut ini merupakan 3 toko yang sangat direkomendasikan untuk membeli kue kering bagiak.

  1. Toko Sherly

 

Masyarakat Banyuwangi sangat mengenal Toko Sherly ini. Toko Sherly menjual berbagai penganan khas Banyuwangi, terutama kue bagiak. Banyak wisatawan yang datang membeli kue kering ini dan berbagai buah tangan lainnya. Kamu bisa mampir ke Toko Sherly untuk membeli berbagai varian rasa kue bagja. Toko Sherly ini berlokasi di  Jl. Borobudur, Gang 6, No.2 Banyuwangi.

  1. Pelangi Sari

Sumber : Pelangisarigroup.com

 

Toko Pelangi Sari juga merupakan tempat terkenal yang menjual oleh-oleh khas Banyuwangi. Kamu bisa menemukan berbagai jenis varian rasa kue bagiak. Selain kue kering ini, kamu juga bisa membeli berbagai makanan khas Banyuwangi lainnya. Toko Pelangi Sari ini beralamatkan di Jl. Raya Jember km.7, Desa Dadapan, Banyuwangi.

  1. Rumah Kue Gajah Oling

Sumber : Travelingyuk.com

 

Tempat rekomendasi lain yang menjual kue bagiak enak adalah Rumah Kue Gajah Oling. Rumah Kue Gajah Oling ini memiliki bentuk yang unik. Di sini juga menjual berbagai macam penganan khas Banyuwangi lainnya. Rumah Kue Gajah Oling ini berlokasi di Jl. Imam Bonjol No.34, Banyuwangi.

 

Ingin langsung mampir mencicipi kue bagiak dari Banyuwangi ini? Yuk, segera kunjungi Banyuwangi dan pusat oleh-oleh yang menjual kue kering bagiak dengan berbagai varian rasa.