17 Mei 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

17 Mei 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Banyak hal yang menarik dari Banyuwangi, nggak cuma Kawah Ijen dan Balurannya saja. Banyuwangi menyimpan kekayaan kuliner yang nggak bisa ditemukan di kota lain, lho. Pernah mendengar nasi bodrex, rujak soto atau pecel rawon? Pasti Sahabat langsung bertanya-tanya, “kok, makanannya aneh, ya?”

Banyuwangi memang terkenal dengan makanan kombinasinya. Jadi, dalam satu sajian Sahabat bisa mencicipi dua kuliner sekaligus. Rasanya gimana? Tentu sangat unik dan nggak ada duanya.

Nah, daripada semakin penasaran lebih baik langsung simak ulasan lengkapnya di sini yuk, Sahabat!

  1. Sego Tempong

sumber : tripadvisor.com

Kuliner yang pertama adalah sego tempong atau nasi tempong, yang saat dilihat saja sudah sangat menggugah selera. Dalam satu sajian sego tempong ini terdapat berbagai macam sayuran rebus, seperti bayam, kacang panjang, kol dan daun kemangi. Kemudian ditambahkan dengan lauk, seperti tahu, tempe, bakwan jagung dan ikan jambal goreng.

Pada bagian akhir penyajiannya akan disiram menggunakan bumbu kacang yang khas dari Banyuwangi. Hmmm... membayangkannya saja sudah bikin ngiler apalagi mencoba langsung kuliner ini, ya?

2. Pecel Rawon

sumber : travelingyuk.com

Kuliner Banyuwangi memang selalu unik, banyak makanan kombinasi yang bisa Sahabat santap di kota ini. Contohnya adalah pecel rawon yang merupakan gabungan antara kuliner pecel dan rawon. Rasanya? Sangat lezat lho, Sahabat!

Kuliner ini terbuat dari pecel seperti biasanya lengkap dengan bumbu kacang, namun nantinya akan ditambahkan kuah rawon dan irisan daging sapi yang dimasak dengan bumbu rawon. Rasa manis berpadu dengan gurihnya sambal kacang pasti membuat Sahabat nggak akan bisa melupakan cita rasa kuliner ini.

3. Rujak Soto

sumber : truffle-assets.com

Masih belum habis soal kuliner kombinasi karena masih ada rujak soto, nih Sahabat. Terbuat dari rujak sayur yang lengkap dengan bumbu kacang, lalu disiram dengan kuah soto dan berbagai bahan pelengkap lainnya. Ada irisan telur, babat, daging dan masih banyak lagi. Rasanya sangat lezat karena ciri khas dari masing-masing kuliner dapat berpadu menghasilkan cita rasa baru.

4. Sego Cawuk

sumber : detik.net

Kuliner ini memang lekat dengan nuansa Banyuwangi. Banyak penjaja makanan ini yang bisa Sahabat temukan jika berjalan-jalan di kota ini. Sego cawuk merupakan kuliner yang terbuat dari nasi yang ditambahkan kelapa muda lalu disiram dengan kuah pindang, kemudian ditambahkan lauk pelengkap.

Ada banyak pilihan lauk yang bisa Sahabat pilih seperti pepes ikan, dendeng manis, pepes telur ikan, pepes cumi dan masih banyak lagi. Tentunya kuliner ini sangat menggoda selera, kan?

5. Nasi Bodrex

sumber : internet

Walau namanya seperti obat, namun kuliner ini nggak ada hubungan sama sekali dengan obat, lho. Kuliner ini hampir mirip dengan nasi kucing di Semarang atau nasi bungkus di Yogyakarta. Perbedaannya adalah dalam satu bungkus nasi bodrex ini ada bermacam-macam lauk yang disajikan.

Biasanya ada nasi yang dilengkapi dengan orek tempe, bihun, ayam goreng dan sambal. Porsinya memang sedikit lebih besar dari nasi kucing atau nasi bungkus. Dijamin Sahabat bakal ketagihan jika sudah menyantap kuliner yang satu ini!

6. Leroban

sumber : kompas.com

Kuliner ini bisa Sahabat temukan di Desa Licin yang berada di bawah kaki Gunung Ijen. Kuliner ini terbuat dari santan kelapa yang dimasak hingga menghasilkan ampas dan minyak, lalu menyaring minyak dan ampasnya tersebut untuk diambil bagian airnya.

Nah, air tersebut yang akan dicampur dengan berbagai bumbu seperti lengkuas, serai, bawang putih, cabai dan lain sebagainya. Biasanya bahan utama dari masakan ini adalah jantung pisang, sayur pakis atau daun singkil. Pasti Sahabat baru pertama mendengar kuliner ini, kan?

Banyak hal yang bisa ditemukan di Banyuwangi, nggak hanya tempat wisatanya saja. Sahabat bisa coba berjalan-jalan di setiap sudut kota untuk menemukan kuliner-kuliner unik di atas. Yuk, segera berwisata kuliner ke Banyuwangi, Sahabat!