30 Mei 2018 | Penulis : Sahabat Lokal

30 Mei 2018 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Labuan Bajo merupakan destinasi wisata di kawasan Indonesia Timur yang siap membuat Sahabat berdecak kagum karena keindahannya. Perairan yang jernih membiru dengan perbukitan di antaranya membuat kawasan ini sangat eksotis dan memanjakan mata.

Sahabat dapat menikmati keindahan alam yang memesona dari atas bukit. Jernihnya perairan yang membiru seakan membawa Sahabat menikmati keindahan surga. Kawasan ini tidak hanya dapat membuat Sahabat menikmati keindahan panorama alam Indonesia yang memukau namun juga dapat membuat jiwa dan pikiran menjadi segar dan tenang. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya? Berikut beberapa alternatif transportasi yang dapat membawa Sahabat menuju kawasan cantik ini beserta tips ke Labuan Bajo:

Transportasi Udara

Sumber: Floresa

Sahabat dapat menggunakan pesawat terbang untuk mencapai kawasan Labuan Bajo. Sejak tahun 2016, beberapa maskapai telah menyediakan penerbangan langsung menuju kawasan wisata ini. Sayangnya, rute penerbangan langsung ini hanya tersedia melalui Bandara Soekarno Hatta (CGK) Jakarta, Kupang dan Ende. Untuk penerbangan dari kota lain dan penerbangan internasional, seluruhnya akan transit di Bandara Ngurah Rai, Bali. Selanjutnya, perjalanan akan dilanjutkan menuju Labuan Bajo menggunakan pesawat kecil.

Jika menggunakan penerbangan langsung menuju Labuan Bajo, Sahabat memerlukan waktu sekitar 2 jam 30 menit. Budget yang perlu disiapkan berkisar Rp1,2 juta untuk satu kali penerbangan. Jika Sahabat memiliki dana lebih, tidak ada salahnya memilih jalur transportasi udara ini untuk menghemat waktu perjalanan sehingga dapat menikmati wisata di kawasan ini lebih lama.

Transportasi Darat

Sumber: sumberbus

Jika Sahabat ingin berhemat, dapat menggunakan transportasi darat untuk menuju kawasan ini. Selama perjalanan bus, Sahabat dapat menikmati keindahan panorama alam di sepanjang kawasan Mataram, Sumbawa Besar, hingga ke Pelabuhan Sape. Sebagian besar perjalanan menggunakan bus menuju Labuan Bajo dimulai dari Bali. Meskipun bisa dimulai dari kota lain seperti Jakarta dan kota lain di Pulau Jawa, perjalanan menggunakan bus dari kawasan yang lebih jauh dari Bali dapat begitu melelahkan karena durasi perjalanan yang terlalu panjang.

Dari Denpasar Bali, Sahabat akan mengendarai bus menuju Sumbawa Besar atau Bima. Selanjutnya, Sahabat dapat menuju ke Pelabuhan Sape menggunakan bus kecil atau elf. Dari Pelabuhan Sape, Sahabat dapat menyeberang menuju Labuan Bajo menggunakan kapal feri. Namun, keberangkatan kapal feri ini hanya sekali sehari saja yaitu pada pukul 08:00 WITA, jadi pastikan Sahabat datang tepat waktu ya.

Transportasi Laut

Sumber: airyrooms

Transportasi alternatif berikutnya untuk menuju Labuan Bajo yaitu kapal laut. Sahabat bisa memulai perjalanan laut melalui Bali atau Mataram.  Dari Bali dibutuhkan waktu sekitar 36 jam perjalanan untuk mencapai Labuan Bajo, sementara jika dari Mataram hanya diperlukan waktu sekitar 18 jam saja.

Tips ke Labuan Bajo

Tips ke Labuan Bajo agar liburan Anda berjalan menyenangkan dan mengesankan:

1. Pilih waktu yang tepat. Bulan Juni dan Juli merupakan bulan terbaik untuk berkunjung karena cuaca pada bulan ini cenderung cerah dan bukan merupakan musim penghujan.

2. Mencari informasi tentang operator sailing trip dan memesannya sebelum keberangkatan.

3. Bawa uang cash yang cukup karena di kawasan ini agak sulit menemukan ATM.

Demikian tips ke Labuan Bajo dan berbagai pilihan transportasi yang bisa Sahabat pilih. Semoga bermanfaat, Sahabat.