22 Mei 2018 | Penulis : Sahabat Lokal

22 Mei 2018 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Sahabat traveler, jika Sahabat ingin mencoba berwisata dan bertualang ke berbagai tempat wisata seorang diri, Sahabat akan menjadi seorang solo backpacker. Seperti apakah liburan ala backpacker itu? Yuk, simak informasi dan tips liburan backpacker berikut ini.

Tujuan Wisata Backpacker yang Fantastik

Bila Sahabat berminat untuk berwisata ala backpacker, tentukan dulu tujuan wisata yang ingin Sahabat kunjungi saat ini. Ada banyak sekali tujuan wisata di Indonesia yang indah dan menakjubkan untuk dijelajahi, di antaranya adalah: Bali, Lombok, Karimun Jawa, Labuan Bajo dan Pulau Alor (Nusa Tenggara Timur), Gunung Bromo (Jawa Timur), Pulau Komodo, Kepulauan Raja Ampat di Papua, dan masih banyak lagi.

Satu hal yang pasti sebelum Sahabat memutuskan akan pergi ke tujuan wisata yang mana adalah browsing terlebih dahulu. Pastikan Sahabat mengetahui kondisi, cuaca, dan lokasi objek wisata, serta lokasi hotel di mana nantinya Sahabat akan menginap. Ketahui pula jadwal keberangkatan transportasi apapun yang akan Sahabat pilih untuk pergi ke tujuan wisata tersebut.

Terakhir, tentukan budget wisata Sahabat. Untuk pergi ke Labuan Bajo, NTT, misalnya. Sahabat harus merogoh kocek yang agak dalam, karena terdapat sekali transit dalam penerbangan yang akan Sahabat ambil. Jika Sahabat terbang dari Jakarta, Sahabat harus terbang ke Bali terlebih dahulu, setelah itu naik pesawat dari Bali ke NTT. Harga tiket penerbangan Jakarta – Bali sekitar Rp1.300.000, lalu tiket pesawat Bali – NTT Rp1.900.000. Karena ongkos transportasi tidak dapat ditawar lagi, Sahabat sebaiknya berhemat dari aspek lainnya.

Tips Liburan Backpacker yang Hemat

Sahabat traveler, jika Sahabat hendak berlibur dengan low-budget, Sahabat mungkin ingin tahu tips liburan backpacker versi hemat berikut ini.

1.  Pilihlah transportasi yang harga tiketnya paling murah. Misalnya, jika Sahabat ingin ke Bali, Sahabat dapat berhemat dengan cara naik bus atau kereta hingga perbatasan Jawa Timur, kemudian menyambung perjalanan dengan kapal Ferry. Harga tiket pesawat akan jauh lebih mahal, meskipun Sahabat tidak harus transit di tengah perjalanan. Perlu diingat pula, memilih transportasi murah bukan berarti tidak aman. Pastikan transportasi yang Sahabat pilih aman dan tepercaya.

2. Berhematlah dari aspek makanan dan minuman, karena terkadang aspek tersebut yang paling menguras isi dompet Sahabat. Jangan terlalu sering membeli jajanan (kecuali Sahabat memang ingin berwisata kuliner di lokasi tersebut) dan sebaiknya Sahabat mempersiapkan perbekalan yang cukup dari rumah, misalnya, mie instan, snack, air minum botolan, dan sebagainya.

3.  Dari segi akomodasi, kini sudah banyak dibuka penginapan yang nyaman, bersih, dan murah. Tarif menginap per malamnya mulai dari Rp50.000-an saja, lho! Fasilitasnya pun cukup memadai, seperti kamar mandi pribadi, shower, AC, TV, meja rias, air minum botolan, dan lain sebagainya.

4. Jangan terlalu banyak membawa pakaian untuk menghemat space dalam tas ransel Sahabat. Jika Sahabat akan berwisata laut misalnya, sebaiknya bawa alat snorkeling atau diving sendiri daripada menyewa di lokasi yang harga sewanya bisa saja mahal.

Jadi, Sahabat traveler, sudah siapkah melakukan perjalanan wisata sebagai seorang solo backpacker? Selamat berjalan-jalan!