16 April 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

16 April 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Indonesia memang sangat kaya akan tradisi budaya dan kulinernya. Dari masing-masing daerahnya tersebut memiliki makanan khas yang unik dan berbeda, salah satunya ada di Ternate yang dikenal dengan nama masakan kobong. Jika di Jawa arti dari kata “kobong” identik dengan sesuatu yang dibakar, namun menurut masyarakat Ternate memiliki arti “kebun”, jadi dapat diartikan bahwa kobong adalah makanan yang disajikan dari kebun.

Kuliner ini sangat unik karena dalam penyajiannya terdiri dari banyak menu yang beragam. Rasanya tentu sangat enak karena diambil langsung dari kebun, lho Sahabat. Yuk simak apa saja yang ada di dalam makanan kobong ini, Sahabat!

Isi Dari Makanan Kobong

Makanan kobong biasanya disajikan pada acara besar saja, namun kini kobong bisa dijumpai kapan pun karena sudah menjadi makanan pokok dari masyarakat Ternate. Dalam satu kesatuan makanan kobong ini, terdapat berbagai bahan makanan yang memiliki nilai gizi tersendiri dan masing-masing berbeda dalam cara pengolahannya.

sumber : blogspot

  1. Makanan Pokok

Ada makanan pokoknya yang terdiri dari pisang, kasbi (singkong), batata (ubi jalar) dan bete (keladi). Bahan makanan tersebut direbus bersama dengan santan kental agar rasanya semakin enak menurut masyarakat setempat. Sama seperti makanan pokok lainnya karena kandungan utama dari bahan pertama ini adalah karbohidrat.

2. Popeda

Bahan kedua ada yang namanya popeda, kalau wilayah timur mengenalnya dengan papeda. Ada dua jenis popeda yang digunakan, yaitu dari sagu dan kasbi (singkong). Kasbi yang sudah dibuat menjadi tepung kemudian disiram dengan air panas sampai bentuknya seperti lem. Jadi, dalam pembuatannya nggak membutuhkan api ya, Sahabat!

3. Ikan

Bagi orang wilayah timur Indonesia sering mengatakan, kalau nggak ada lauk ikannya berarti dianggap belum makan. Jadi, memang sudah keseharian masyarakatnya mengonsumsi ikan. Untuk penyajian dalam makanan kobong ini, ikan tak harus diolah secara khusus. Bisa digoreng, ditumis atau diolah menjadi masakan lain.

Namun biasanya, masyarakat ternate menggunakan ikan asap atau yang dikenal dengan nama ikan fufu. Untuk pendamping popeda, biasanya ikan diolah menjadi hidangan berkuah seperti kuah kuning, balado atau asam pedas.

4. Sambal

Menjadi tradisi tersendiri bagi orang Indonesia, setiap makanan harus disajikan bersama dengan sambal. Porsi dari makanan kobong ini juga menyertakan sambal, biasanya menggunakan sambal tomat atau sambal dabu-dabu. Sambal dabu-dabu adalah sambal yang diolah dari cabai, tomat, minyak panas dan air lemon dan daun kemangi. Rasanya sangat khas di mulut dan begitu menyantapnya tak akan bisa berhenti untuk terus makan.

5. Lalapan

Bagi orang Sunda, pasti sudah umum jika dalam hidangannya selalu ada lalapan. Begitu juga di Ternate karena juga menyediakan lalapan sebagai menu utama. Pada lalapan ini terdiri dari terong ungu, kacang panjang dan berbagai jenis tanaman lain.

6. Sayur Garu

Nah, yang paling khas dari makanan kobong adalah sayur garu yang terbuat dari daun singkong atau daun pepaya yang ditumis bersama jantung pisang. Rasanya sangat lezat di mulut. Rasa dari jantung pisang ini menyerupai tekstur jamur kuping, rasanya renyah dan sangat enak.

sumber : uangseribuanedit

Filosofi Makanan Kobong

Nah Sahabat, terlepas dari rasa enak makanan kobong tersebut ternyata memiliki nilai filosofi tersendiri, lho! Masyarakat Ternate sering menjelaskan bahwa dari makanan kobong pun orang-orang bisa belajar banyak tentang arti kesederhanaan. Masyarakat mengambil dari kebun sendiri, diolah menjadi makanan pokok yang sederhana namun sangat bergizi bagi tubuh.

Komposisi dari makanan kobong tersebut juga sangat menyehatkan, lho Sahabat! Banyak kandungan yang terdiri dari karbohidrat, serat, vitamin dan berbagai kandungan lain yang sangat baik bagi tubuh. Tak perlu makanan mewah untuk menjadi sehat karena dengan makanan Kobong ini sudah terpenuhi.

Oh iya Sahabat, dalam menyantap makanan kobong ini jangan pernah menggunakan sendok atau garpu, ya! Sahabat harus menggunakan tangan langsung karena adat dari Ternate sendiri yang mengajarkan untuk hidup sederhana.

Makanan kobong ini banyak tersedia di berbagai tempat di Ternate, mulai dari warung pinggiran sampai hotel pun ada. Jadi untuk mencarinya juga nggak susah, ya. Jadi, kapan Sahabat mau mampir ke Ternate dan menyantap langsung makanan kobong ini?