15 April 2018 | Penulis : Sahabat Lokal

15 April 2018 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Menjamu tamu yang datang ke rumah enaknya pakai sirup nih, Sahabat. Salah satu sirup yang enak untuk diminum bersama keluarga atau teman-teman adalah sirup markisa yang memiliki karakter rasa asam manis. Apalagi saat cuaca panas, sirup markisa yang disajikan dengan air dan es batu bisa jadi penawar dahaga.

Buah markisa memiliki dua jenis. Pertama, markisa dengan cangkang ungu kecokelatan. Mencium aromanya saja akan membuat air liur mengalir karena rasanya yang asam. Kedua, markisa dengan cangkang kuning. Markisa jenis ini rasanya manis dan bisa langsung dimakan. Sahabat bisa mendapatkan markisa di Brastagi, Medan. Makanya tidak heran jika Sahabat berkunjung ke Medan, sirup buah markisa menjadi salah satu oleh-oleh wajib yang harus dibawa.

Baca juga: Sirup Tjampolay, sirup legendaris asal kota cirebon

Awal Mula Markisa Pohon Pinang

Salah satu merek sirup buah markisa yang ternama adalah Markisa Pohon Pinang. Bisa dibilang, sirup Markisa Pohon Pinang ini sirup yang legendaris. Tidak hanya di Sumatera, merek ini juga terkenal di Jawa, Bali, sebagian wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Bahkan sirup Markisa Pohon Pinang sudah diekspor ke luar negeri seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Taiwan.

sumber: efoodepot.com

Siapa sangka bahwa bisnis sirup Markisa Pohon Pinang yang besar ini mulanya dibangun secara sederhana. Ayah dari Razali Chuwardi, pemilik usaha Markisa Pohon Pinang, memasok sirup markisa ke para penjual cendol yang berjualan di pinggir jalan. Kemudian Razali mengembangkan bisnis ini menjadi industri modern. Berbagai jus markisa yang dibuat oleh ayahnya disatukan menjadi satu merek oleh Razali yaitu Pohon Pinang pada tahun 1982.

Pohon pinang adalah tumbuhan yang sudah dikenal oleh orang-orang sejak dulu kala. Selain itu, pohon pinang juga dapat tumbuh di mana saja di Indonesia. Oleh karena itu, Razali berharap sirup markisa ini dapat diingat oleh masyarakat jika mendengar kalimat ‘pohon pinang’.

Mulai Merambah ke Industri Modern

Di bawah bendera PT Majujaya Pohon Pinang, Razali menggandeng sebuah perusahaan pengolahan di Brastagi untuk mengolah sari buah markisa. PT Majujaya Pohon Pisang juga menggandeng para petani binaan untuk mengembangkan bibit yang seragam dengan modal perusahaan itu sendiri.

Pengemasan sirup Markisa Pohon Pinang ini pernah dilakukan secara manual pada tahun 1980-an hingga 1990-an. Namun, ketika perusahaan ini berpindah tangan ke generasi kedua, usaha mereka kini berkembang jauh lebih pesat. Pengemasan seperti penutupan botol, pemberian label, dan penyegelan dilakukan secara otomatis oleh mesin. Bahkan produksi botolnya bisa mencapai 150 botol per menit.

Satu Buah, Banyak Manfaat

Sirup Markisa Pohon Pinang wajib dicoba untuk Sahabat yang belum pernah meminumnya. Selain menyegarkan untuk tubuh, markisa juga bermanfaat bagi kesehatan lho. Markisa mengandung vitamin A, B, C, dan antioksidan yang tinggi. Buah ini juga dianggap mampu melawan sel kanker, stroke, dan menurunkan kolesterol. Tidak heran jika banyak orang menggemari buah markisa ya Sahabat.

Baca juga: Tuak, Minuman Khas Batak yang Mempunyai Segudang Manfaat