19 Agustus 2021 | Penulis : Awaludin Nasyehah

19 Agustus 2021 |
Penulis : Awaludin Nasyehah

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Kota Kuningan yang terletak di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menjadi salah satu daerah destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal karena kawasannya yang masih asri, dan juga memiliki suguhan kuliner khas dengan cita rasa unik yang mampu menggoyang lidah. Yuk, Sahabat intip rekomendasi kuliner khas yang enggak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Kota Kuningan!

Hucap

Sumber foto: Kompas.com

Nama kuliner satu ini diambil dari akronim dua bahan utamanya, yaitu tahu dan kecap sehingga menjadi Hucap. Secara penyajian, makanan ini tampak mirip dengan ketoprak dan kupat tahu. Penggunaan kecap yang banyak menghasilkan rasa manis yang lebih dominan dan justru memberikan keunikan.

Nasi Kasreng

Sumber foto: masukpakeko.id

Hidangan satu ini berasal dari daerah Luragung, kawasan di sebelah tenggara Kabupaten Kuningan. Pada kuliner ini terdapat paduan nasi putih dengan aneka lauk pauk, lalu dibungkus dalam sajian porsi mirip nasi kucing. Terdapat lauk pauk pilihan di antaranya ikan paray goreng, pepes ikan paray, sambal, lalapan tauge, udang rebon, dan masih banyak lagi variasi lauk yang bisa disesuaikan. Dengan banyaknya ragam pilihan lauk dan kelezatan rasa, ternyata harga per porsi Nasi Kasreng cukup terjangkau.

Sop Buntut Bakar

Sumber foto: Putratravel.net

Kuliner Sop Buntut Bakar asal Kuningan memiliki cara pengolahan yang berbeda. Buntut sapi yang telah diolah sebelumnya dengan kuah kaldu harus dibakar terlebih dulu. Sebelum dibakar, buntut sapi ini pun harus diolesi mentega agar menghasilkan aroma asap yang sangat khas. Setelah dibakar, hidangan disajikan dengan nasi hangat dan kuah kaldu agar memiliki cita rasa gurih. Makanan khas Kota Kuningan ini harus dinikmati saat hangat, agar Sahabat dapat menikmati sensasi rasa yang maksimal.

Ketempling

Sumber foto: seputarkuningan.blogspot

Camilan khas dari Kota Kuningan ini mirip dengan jajanan gemblong yang berbahan dasar singkong. Bedanya, Ketempling berbentuk bulat kembung dan kopong pada bagian tengahnya. Cita rasa kuliner ini gurih dengan tekstur yang sangat renyah, sehingga cocok dipadukan saat Sahabat menikmati mi, bakso, atau soto. Varian rasa pada Ketempling yang bisa Sahabat coba yaitu ketempling polos dan ketempling oncom.

Tahu Lamping

Sumber foto: okezone.com

Tahu Lamping dikenal sebagai tahu khas dari Kabupaten Kuningan. Tekstur pada bagian dalamnya lembut dan padat, dengan rasa gurih yang cocok dimakan bersamaan dengan cabai rawit. Penamaan lamping ini merujuk pada tempat asal pembuatan tahu, yaitu daerah Lamping.

Peuyeum Ketan

Sumber foto: masakandapurku.com

Peyeum Ketan berbeda dari peyeum di daerah lainnya, karena dibuat dengan bahan dasar beras ketan putih atau merah. Setelah mengalami proses fermentasi, ketan ini dibungkus dengan daun jambu, dan juga tambahan daun katuk. Makanan ini dapat dibeli di pusat oleh-oleh khas Kuningan dengan harga yang terjangkau.

Kopi Luwak Linggarjati

Sumber foto: akwnulis.com

Bagi para pecinta kopi, sudah menjadi kewajiban mencoba Kopi Luwak hasil budidaya masyarakat sekitar gunung Ciremai, Lingggarjati. Memiliki cita rasa yang khas, Kopi Luwak Linggarjati dapat Sahabat nikmati dengan harga yang terjangkau.

Bagaimana Sahabat? Pastinya sudah penasaran untuk mencicipi berbagai kuliner khas Kota Kuningan yang memanjakan lidah. Selamat mencoba!

Sumber foto banner: masukpakeko.id