26 Februari 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

26 Februari 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Siapa sih yang tak kenal dengan mie tarempa? Sajian khas Kota Batam ini memang sangat diminati banyak orang. Bagi Sahabat yang gemar berburu makanan, tak ada salahnya untuk mencicipi sajian satu ini saat singgah di Batam. Bentuknya hampir mirip dengan mie Aceh, namun dari segi bumbu dan toppingnya tentu berbeda!

Mie tarempa berasal dari Kepulauan Riau tepatnya di daerah Tarempa, Kabupaten Anambas. Mie tarempa semakin dikenal luas karena rasanya yang memang berbeda dari sajian mie lain dan kaya akan rempah-rempah. Sekali merasakannya pasti akan langsung jatuh cinta dengan makanan tersebut.

Banyak penjaja makanan yang menjual mie tarempa ini, jadi untuk mencarinya tak perlu bersusah payah, Sahabat. Sebagai rekomendasi, Sahabat bisa datang ke Jalan Laksamana Bintan, Kompleks Ruko Graha Mas. Di sana terdapat mie tarempa yang rasanya sangat lezat, ya.

Penyajian Mie Tarempa yang Lezat

Mie tarempa dibuat dari mie yang berukuran lebih tebal dan pipih dari mie kebanyakan. Kemudian dibumbui dengan aneka rempah hingga warnanya menjadi kemerahan. Setelah mie tarempa matang, biasanya akan ditambah dengan berbagai toping seperti potongan ikan atau daging dan bawang goreng.

Sumber : goodindonesianfood.com

Jangan heran jika Sahabat nanti akan berdesak-desakan dengan pelanggan lain karena saking enaknya makanan ini membuat siapa saja tak tahan dengan godaannya. Ada dua variasi yang biasa disediakan oleh penjual mie tarempa, pertama adalah mie goreng tarempa dan kedua adalah mie lembap tarempa.

Sesuai namanya, mie lembap tarempa dibuat dengan menambahkan kuah pada sajiannya. Keduanya sih sama-sama enaknya karena racikan bumbu yang sangat kaya rempah. Jangan sungkan, ya Sahabat untuk memesan tingkat kepedasannya. Mie tarempa memang lebih enak jika dinikmati dengan rasa pedas yang pastinya makin menggugah selera makanmu.

Rasa dari rempah-rempahnya akan lebih terasa jika mengunyahnya pelan-pelan. Maka dari itu masyarakat Batam sangat bangga dengan sajian khasnya satu ini. Oh iya Sahabat, makan mie tarempa ini kurang pas apabila Sahabat tak memesan teh tarik juga. Kombinasi kedua sajian nikmat ini akan terbayang terus sampai Sahabat pulang ke rumah!

Kisaran Harga Mie Tarempa

Harga per porsi dari mie tarempa ini hanya Rp12.000 sampai Rp14.000 saja, loh! Untuk teh tariknya sendiri biasanya dihargai hanya Rp6.000 saja. Puas akan kenikmatan dari mie tarempa masih ditambah dengan kepuasan akan harganya yang terjangkau juga. Jika masih kurang, jangan malu untuk pesan lagi ya, Sahabat!

Sumber : Tripadvisor.com

Selain di Jalan Laksamana Bintan, masih ada cabangnya yang berada di Batam Center. Namun di tempat tersebut sering sekali berdesakan karena sangat ramai. Bahkan, kadang untuk mencari tempat duduk pun sulit! Sahabat juga bisa mencari kuliner ini sedikit ke pinggiran Kota Batam karena rasa yang disajikan pun juga tak jauh beda.

Beberapa penjaja makanan ini membuat variasi topping sendiri menggunakan daging sapi atau daging ayam. Rasanya pun juga sangat nikmat ketika masuk ke dalam mulut. Biasanya warung-warung penjaja mie tarempa ini sudah buka mulai pagi hari, jadi bisa sekalian sarapan sebelum lanjut berwisata di Batam, ya, Sahabat!

Jadi, jangan sampai ketinggalan ikut mencicipi rasa lezat dari sajian mie ini, ya, Sahabat. Ajak juga keluarga atau kerabat ikut merasakan kenikmatan rasa rempah dari mie tarempa ini!