15 April 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

15 April 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Jika Sahabat adalah penggemar minuman soda, pasti cukup familiar dengan berbagai merek yang dijual di pasaran. Namun, tahukah Sahabat jika di Indonesia terdapat minuman soda merek lokal yang melegenda? Mereknya adalah Saparella, yang hanya bisa ditemukan di Yogyakarta. Konon ceritanya, minuman ini juga digemari oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX, lho.

Rasanya yang manis dan segar sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca panas. Sampai sekarang pun minuman ini masih digemari oleh banyak orang, bahkan nggak hanya warga Yogyakarta saja, lho. Daripada semakin penasaran tentang Saparella, yuk simak informasi menariknya di bawah ini, Sahabat!

Sajian Minuman untuk Acara-Acara Khusus

Sebelumnya, minuman ini memang dikenal sebagai sajian khas saat hajatan besar. Namun kini sedikit berbeda, jika Sahabat ingin menikmati minuman ini Sahabat bisa datang ke toko minuman di Yogyakarta karena kini minuman ini sudah bisa ditemukan dengan mudah.

Saparella dikemas dalam botol kecil dengan warna coklat kehitaman pada bagian dalamnya. Banyak orang mengatakan rasa Saparella mirip seperti obat atau jamu. Rasanya yang manis diiringi dengan sensasi semriwing akan membuat Sahabat menjadi ketagihan.

Rasa khas dari Saparella ini ternyata terbuat dari bahan alami, lho. Minuman ini terbuat dari akar dan batang tanaman Sarsaparilla yang membuat rasa dan aromanya menjadi khas. Nama latin tanaman ini adalah Smilax aristolochiifolia, sejenis tumbuhan perdu berbunga yang banyak tumbuh di Pulau Jawa.

sumber : flickr

Minuman Populer Pada Zamannya

Minuman ini cukup populer pada tahun 1960 sebagai minuman khusus yang disajikan saat acara besar seperti pernikahan, sunatan dan berbagai acara hajatan lain. Namun, seiring banyaknya minuman soda saat ini, nama Saparella mulai turun.

Merek Saparella sendiri dibuat oleh produsen Indo Saparella yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta. Sebetulnya dahulu ada tiga produsen yang menjual minuman rasa Sarsaparilla ini. Ketiga merek tersebut adalah Hercules, Manna dan Jangkar yang dulunya sempat berjaya. Namun, kini ketiganya sudah berhenti memproduksi, Sahabat.

Saparella Di Kalangan Masyarakat Yogyakarta

Bagi masyarakat Yogyakarta, terutama kaum mudanya banyak yang menggemari rasa unik dari Saparella ini. Masyarakat Yogyakarta sendiri pasti juga akrab jika seseorang mengatakan “nyaparella wae mas” yang artinya “pesan Saparella aja mas”. Itulah mengapa banyak warung makan dan cafe yang menyediakan minuman ini.

sumber : flickr

Dulunya memang terbuat dari bahan asli yaitu tanaman Sarsaparilla, namun sayangnya sekarang ini minuman Saparella dibuat menggunakan essence atau konsentratnya saja. Jadi nggak lagi diolah menggunakan bahan alami langsung ya Sahabat. Walau begitu rasanya tetap seperti dahulu kala.

Biasanya, Saparella dijadikan sebagai pendamping saat makan maupun bersantai menikmati hari. Satu botol Saparella yang dicampur dengan es batu akan membuat paduan rasa yang menyegarkan ketika diteguk. Inilah mengapa banyak tempat makan di Yogyakarta yang masih menyediakan minuman ini.

Rasa yang unik dari Sarsaparilla ditambah dengan sensasi semriwing dari soda memang nggak boleh dilewatkan. Jadi, kapan Sahabat mampir ke Yogyakarta dan mencicipi minuman legendaris ini?