16 Mei 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

16 Mei 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Gresik nggak hanya dikenal sebagai produsen semen saja, namun kota ini juga menyimpan sajian kuliner yang istimewa, lho. Nah, kali ini akan dibahas salah satu kuliner yang terkenal dari Gresik, yakni nasi krawu. Nasi krawu biasanya terdiri dari nasi dan aneka lauk pendamping.

Nggak hanya dari rasanya saja yang terkenal, namun ternyata nasi krawu ini memiliki sejarah yang menarik untuk disimak, lho. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Asal Mula Nasi Krawu Khas Gresik

Kuliner ini memang dikenal berasal dari Gresik, namun sebenarnya nasi krawu berasal dari Madura, lho. Awalnya, nasi krawu dibawa oleh pendatang dari Madura yang mencoba membuka usaha di Gresik. Karena minat masyarakat yang tinggi, nasi krawu jadi makin mudah ditemui di Gresik. Saking banyaknya penjaja kuliner ini, nasi krawu kini dikenal sebagai makanan khas Kota Gresik.

sumber : flickr

Asal mula nama nasi krawu diambil dari kata krawu atau krawuk yang berarti mengambil sesuatu dengan tangan. Itulah mengapa para penjaja nasi krawu pasti menggunakan tangan saat menyajikan kuliner ini. Hal ini yang membuat orang-orang menyebutnya sebagai nasi krawu atau sega krawu dalam bahasa lokal.

Dalam sepiring nasi krawu ini, Sahabat akan melihat beberapa lauk pelengkap seperti daging suwir, serundeng dan sambal. Daging yang disajikan ini sebelumnya dimasak bersama dengan babat, usus dan hati yang kemudian disuwir.

Ada yang unik dari nasi krawu ini nih, Sahabat. Lauk pendampingnya, serundeng, yang terbuat dari kelapa akan disajikan dalam dua warna yaitu merah dan kuning. Tampilan yang dihadirkan oleh serundeng ini benar-benar menggugah selera. Lalu, sambalnya dibuat dengan kepedasan yang tinggi sehingga kamu yang nggak suka pedas harap waspada, ya!

Cara Pengolahan Nasi Krawu

Untuk cara pengolahan kuliner ini memang cukup mudah dibuat. Hanya pada suwiran dagingnya saja yang cukup sulit. Nasi putihnya dibuat seperti nasi putih pada umumnya, Sahabat.

Daging sapi yang sudah disiapkan sebelumnya kemudian ditambah dengan jeroan, lalu dimasak dengan cara disemur dengan bumbu khusus. Setelah matang, biasanya daging langsung disuwir dan bahan jeroan akan dipotong kecil-kecil.

sumber : flickr

Serundengnya dibuat dari parutan kelapa, ada dua jenis serundeng yang dibuat yaitu serundeng gurih dengan warna kuning dan serundeng pedas dengan warna merah. Sambal pelengkap pada nasi krawu biasanya menggunakan sambal terasi yang sangat pedas. Bagaimana Sahabat, tertarik untuk membuatnya sendiri?

Penyajian dari Nasi Krawu

Ada yang khas dari penyajian kuliner ini yaitu menggunakan pincuk atau daun pisang sebagai alasnya. Nasi putih yang dicetak menggunakan mangkok akan ditambahkan dengan suwiran daging, serundeng, bawang goreng dan lauk lainnya.

Jika memesan nasi krawu ini, biasanya Sahabat juga bisa menambah lauk lain seperti tempe bacem, tahu, aneka sate dan masih banyak lagi. Nasi krawu memang paling nikmat jika disantap bersama dengan lauk yang beragam, Sahabat.

sumber : idntimes.com

Biasanya ada dua jenis nasi krawu, yaitu nasi krawu basah dan nasi krawu kering. Jika Sahabat memesan nasi krawu basah maka akan ditambahkan kuah pada nasinya. Namun, jika Sahabat memesan nasi krawu kering maka nggak akan ditambahkan kuah.

Cita rasa kuliner ini nggak gampang untuk ditolak lho Sahabat, karena bisa memadukan rasa gurih, manis dan pedas menjadi kesatuan rasa yang lezat. Harga satu porsi dari nasi krawu ini hanya berkisar Rp10.000 hingga Rp15.000 saja.

Nasi krawu memang nggak boleh dilewatkan jika Sahabat sedang berkunjung ke Kota Gresik. Rasanya yang mantap akan membuat lidah Sahabat merasakan sensasi kuliner yang nggak ada duanya. Jangan sampai melewatkan kuliner ini, ya!