22 Mei 2018 | Penulis : Sahabat Lokal

22 Mei 2018 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Kota Palembang, Sumatera Selatan tak lama lagi akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar Asian Games 2018. Sahabat yang sudah memesan tiket pasti sudah tidak sabar menginjakkan kaki ke Bumi Sriwijaya. Setelah menonton pesta olahraga ini nantinya, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Palembang untuk keluarga dan teman-teman di rumah.

Oleh-oleh Khas Palembang yang Nggak Boleh Ketinggalan

Palembang memang identik dengan pempek. Tetapi bukan berarti Sahabat cuma boleh bawa oleh-oleh pempek doang kan? Ini dia oleh-oleh khas Palembang yang jangan sampai kelewatan.

Pempek

Belum ke Palembang kalau belum mencicipi dan membawa pulang makanan ikonik ini. Pempek punya beberapa variasi yang bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari pempek panggang atau pempek yang dibakar di atas bara api, pempek dengan campuran telur mentah lalu dibakar alias pempek lenggang sampai model pempek tahu dengan kuah udang yang disebut tekwan.

Ada juga celimpungan yaitu pempek kecil dengan kuah santan kuning dan tekwan atau pempek bulatan kecil yang dimakan bareng kuah udang. Harga pempek biasanya dibanderol Rp3.000 per buah. Sementara tekwan bisa dinikmati dengan membayar Rp12.000 semangkok.

Kue Khas Palembang

Palembang juga punya banyak ragam kue khas yang cocok untuk oleh-oleh. Biasanya kue dikemas dalam kotak yang dihias dengan tampilan menarik. Sahabat bisa pilih sendiri kue yang diinginkan seperti kue engkak ketan, bluder, bolu kojo, manan sahmin, engkak kecut, kue matsuba, engkak medok, dan kue delapan jam. Kue bisa dibeli per loyang dengan harga Rp115.000 untuk loyang kecil dan Rp250.000 untuk loyang besar.

Bawang Goreng Pedas

Lain dengan bawang goreng biasa, bawang goreng pedas Palembang rasanya berbeda dan bikin ketagihan. Bawang goreng pedas diolah dengan takaran 7kg cabai untuk 25kg bawang merah. Sahabat bisa membeli satu toples bawang goreng pedas dengan harga Rp20.000.

Lempok Durian

Sumber : Tokopedia.com

Lempok durian dibuat dari campuran durian dengan gula. Rasanya mirip seperti dodol, manis, legit, dan lembut. Lempok bisa didapatkan di toko-toko oleh-oleh khas Palembang dengan harga mulai Rp30.000 untuk kemasan 200 gram.

Kerupuk Kemplang

Kemplang adalah kerupuk ikan atau kerupuk sagu yang diolah dengan membakarnya di atas bara api. Selain dibakar, kemplang juga ada yang dipanggang. Makanan ini enak disantap dengan sambal terasi yang sudah ada dalam kemasannya, ditambah nasi hangat. Harganya cukup murah, mulai Rp30.000 per bungkus.

Ikan Salai

Kalau Sahabat mencari oleh-oleh khas Palembang yang awet, ini saja. Ikan yang diasapkan dari jenis ikan lais, patin, dan gabus. Untuk mengolahnya juga gampang, bisa dimasak pindang, sambal goreng, atau goreng begitu saja. Sahabat bisa mendapatkannya di jembatan poros Musi II Palembang atau di pasar dan supermarket.

Sambal Lingkung

Sumber : Tokopedia.com

Namanya sambal, tetapi sambal satu ini tidak pedas. Terbuat dari ikan yang ditumbuk, rasanya gurih dengan tekstur seperti abon. Cocok banget buat Sahabat yang anak kos, karena bisa dijadikan lauk makan yang enak dan tahan lama.

Nah, sudah tahu akan membeli oleh-oleh khas Palembang apa saja setelah nonton Asian Games 2018? Sahabat bisa dapatkan di toko oleh-oleh, Pasar Cinde, Pasar 16 Ilir, dan Pempek Candy. Selamat berburu oleh-oleh!