15 April 2018 | Penulis : Sahabat Lokal

15 April 2018 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

"

Pekanbaru menjadi destinasi liburan favorit untuk Sahabat yang gemar wisata sejarah dan budaya. Selain atraksi wisata yang beragam, Pekanbaru juga memiliki ragam kuliner yang bisa dijadikan buah tangan. Yuk, cari tahu apa saja oleh-oleh Pekanbaru yang bisa dibawa pulang.

Bolu Nanas

Oleh oleh pertama yang wajib dibawa ada bolu nanas khas Pekanbaru. Mampirlah ke toko kue Viz Cake yang terkenal karena bolu nanas dan yang lainnya seperti rainbow roll durian buatannya. Dijamin enak!

Kaos dan gantungan kunci khas Pekanbaru

Banyak tempat wisata di Indonesia yang menawarkan cendera mata kaos dan gantungan kunci. Pekanbaru juga memilikinya lho. Sahabat bisa mencari kaos khas Pekanbaru di toko Plat BM 1912, Kaos Dank!, dan Jenawi. Sahabat dapat mendapatkan gantungan kunci khas Pekanbaru di harga mulai Rp.8.000 dan untuk kaosnya, toko Plat BM 1912 mulai menjual di harga Rp 50.000.

Baca juga: Yuk Borong Oleh-Oleh di Beberapa Tempat Wisata Belanja di Pulau Jawa

Batik Corak Riau

Batik corak Riau memiliki motif yang khas yaitu pemandangan di provinsi Riau. Batik tersedia dalam bentuk bahan atau pakaian yang sudah jadi. Motifnya pun jauh dari kesan tua karena batiknya penuh warna dan modis. Oleh-oleh ini cocok untuk Sahabat yang mengkoleksi kain nusantara.

Kacang Pukul Bagansiapiapi

Kacang pukul Bagansiapiapi merupakan kacang tanah yang diolah dengan campuran garam dan gula. Pembuatan kacang pukul ini adalah dipukul-pukul sampai adonan kacang mengembang. Kacang ini termasuk kuliner legendaris karena dibuat secara turun-temurun oleh masyarakat keturunan Tionghoa Bagansiapiapi.

Bolu Kemojo

sumber: bacaterus.com

Ini dia oleh oleh khasnya Pekanbaru, Bolu Kemojo. Bolu kemojo memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk seperti kelopak bunga kamboja. Bolu kemojo memiliki rasa pandan, cokelat, durian, nangka, dan keju. Teksturnya kenyal dan padat.

Baca juga: Kisah Baju Joger Bali yang Melegenda

Keripik Nanas

Di Pekanbaru, tepatnya di Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, terdapat Desa Kuala Nenas. Desa ini menghasilkan keripik nanas yang resepnya dijaga turun-temurun. Keripik nanas diolah dengan teknik vacuum fry dengan suhu rendah. Keripik nanas memiliki tekstur yang renyah sehingga kriuk di mulut.

Lempuk Durian

Sumber: santhiserad.com

Lempuk durian adalah dodol yang terbuat dari daging durian yang dicampur dengan gula merah. Berbeda dengan dodol pada umumnya, proses pembuatan lempuk durian tidak menggunakan tepung ketan dan kelapa. Dodol ini bukan hanya digemari oleh wisatawan domestik saja lho, Sahabat, melainkan sudah diekspor ke negara-negara di Asia.

Dodol Kedondong

Sahabat Penasaran, ‘kan, bagaimana buah yang terkenal dengan rasa asam dan sepat ini jika dibuat sebagai dodol? Buah kedondong diolah bersama gula dan wijen. Rasanya pun tidak terlalu asam dan tidak terlalu manis.

Lopek Bugi

Sumber: Majalahkuliner.com

Terakhir, oleh-oleh Pekanbaru yang tidak boleh terlewatkan adalah lopek bugi atau lepat ketan. Lopek bugi terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus dan dikukus. Setelah itu, ketan dibungkus dengan daun pisang. Lopek bugi memiliki rasa manis legit.

Banyak sekali pilihan oleh-oleh Pekanbaru yang bisa Sahabat pilih. Sebelum membeli banyak oleh-oleh, pastikan Sahabat memiliki ruang kosong untuk menampung oleh-oleh tersebut. Beberapa buah tangan di atas adalah makanan basah. Pastikan makanan tersebut bertahan cukup lama selama perjalanan pulang agar oleh-oleh Pekanbaru bisa dimakan oleh keluarga dan kerabat. Selamat berbelanja!