30 Mei 2018 | Penulis : Sahabat Lokal

30 Mei 2018 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Berwisata ke Kota Solo terasa belum lengkap jika Sahabat belum mampir dan membawa oleh-oleh legendaris asal Solo yakni Roti Orion Solo. Toko roti Orion sudah berdiri sejak tahun 1932, didirikan oleh pasangan suami istri, Tjan Giok Nio dan Njoo Hong Yauw.

Toko roti yang melegenda ini menyajikan roti Mandarijn Orion sebagai menu khas utamanya. Roti Mandarijn Orion berasal dari dua kata yaitu Mandarijn dan Orion. Mandarijn memiliki arti priyayi Cina atau bangsawan Cina, sedangkan Orion berarti bintang di langit yang paling terkenal dan mudah dikenali.

Roti Mandarijn Orion merupakan roti yang terdiri dari dua sisi, berwarna cokelat dan kuning. Antara dua bagian tersebut terdapat lapisan selai nanas yang membuat roti ini makin terasa legit dan memiliki cita rasa yang menggigit.

Roti Mandarijn Orion terdiri dari 3 pilihan rasa, Mandarijn Original, Mandarijn Kismis, dan Mandarijn Spesial. Mandarijn Original merupakan roti Mandarijn tanpa tambahan apa pun yang menyajikan cita rasa asli. Roti Mandarijn Kismis merupakan roti Mandarijn yang ditaburi kismis hingga ke bagian dalam roti yang menghadirkan cita rasa baru. Sedangkan Roti Mandarijn Spesial merupakan roti Mandarijn yang dibuat dengan tambahan rum butter yang membuat cita rasa roti ini makin istimewa.

Sumber : Bukalapak.com

Roti Mandarijn memiliki tekstur yang lembut, dengan sensasi legit dan manis saat digigit di bagian tengahnya. Roti ini juga sangat cantik saat dijadikan hidangan karena kombinasi warnanya yang elegan.

Sebagai salah satu roti andalan toko roti Orion Solo, roti Mandarijn tidak hanya memiliki rasa yang nikmat namun juga memiliki ketahanan yang cukup lama. Meskipun tanpa bahan pengawet, roti ini mampu bertahan hingga tujuh hari.

Selain roti Mandarijn yang terkenal dengan kelezatannya, toko roti Orion Solo juga memiliki aneka roti lezat lainnya seperti roti Semir Orion dan roti Roll O. Kedua jenis roti tersebut memiliki ketahanan hingga 5 hari.

Sumber : Instagram

Tertarik untuk menyicipi salah satunya? Sahabat bisa datang ke toko roti Orion Mandarijn yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo 80, Solo. Lokasi ini cukup dekat dengan Pasar Gede. Untuk menemukan toko roti legendaris ini bukanlah hal yang sulit karena bentuk bangunannya yang khas serta adanya papan nama besar bertuliskan “Orion Mandarijn” yang terlihat jelas dari jalan raya.

Sumber : Instagram

Desain bangunan Toko Roti Orion Solo juga sangat mudah dikenali karena menampilkan ciri khas bangunan Belanda. Hal ini terlihat jelas dari keramik dan kanopi yang masih menggunakan desain jadoel sejak dahulu kala. Kanopi berbentuk setengah lingkaran dengan warna kuning merupakan salah satu ciri khas bangunan toko roti ini yang memudahkan para wisatawan untuk menemukannya.

 

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi toko roti legendaris ini saat berkunjung ke Kota Solo?