17 Mei 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

17 Mei 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Sahabat, siapa yang nggak kenal dengan Bung Hatta? Sebagai salah satu tokoh yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sekaligus wakil presiden pertama negara ini, nama Bung Hatta kerap disebut dalam buku sejarah. Bahkan, atas jasa-jasanya tersebut, nama Bung Hatta juga diabadikan menjadi nama taman di Bukittinggi, yaitu Taman Monumen Bung Hatta.

 

Taman yang berada di samping gedung Istana Bung Hatta ini, didirikan pada tahun 2003. Pembuatan taman ini bertujuan untuk mengenang 100 tahun lahirnya Muhammad Hatta atau Bung Hatta. Pahlawan yang dikenal sebagai salah satu Tokoh Proklamator Indonesia ini lahir di Fort de Kock (sekarang Bukittinggi) pada 12 Agustus 1902. Sahabat ingin tahu di mana tepatnya letak taman tersebut? Yuk, cari tahu di artikel ini!

Menjelajah Taman Monumen Bung Hatta

http://2.bp.blogspot.com/-nZx9YaPVS_o/T9dX8w-BUgI/AAAAAAAAAK0/XAcsJ6M90Vw/s1600/16060821.jpg

 

Taman Monumen Bung Hatta Bukittinggi beralamat di Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Area taman ini cukup luas. Yaitu, membentang di sepanjang Jl. Jam Gadang dan melebar ke arah bawah, sampai pertigaan Jl. H. Agus Salim.

 

Di taman ini terdapat bukit kecil dengan patung Bung Hatta pada bagian puncaknya. Patung perunggu dengan peci dan kacamata khas Bung Hatta ini, tampak berdiri tegap dengan kepala sedikit merunduk dan tangan terangkat ke atas. Seulas senyum terukir di wajahnya, seakan hendak menyapa ramah para pengunjung yang berlalu-lalang.

 

Selain peci dan kacamata, model baju dan celana pada patung tersebut juga sama persis seperti aslinya, lho, Sahabat. Pada bagian bawah patung, kamu dapat menemukan plat logam di atas keramik hitam yang bertuliskan “Taman Monumen Bung Hatta Bukittinggi”. Logam pada keramik hitam ini merupakan gambaran kegigihan tekad Bung Hatta dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Tapak Tilas Bung Hatta di Bukittinggi

 

Tahukah, Sahabat? Jejak sejarah Bung Hatta nggak hanya diabadikan dalam bentuk monumen di taman kota saja. Namun, masih banyak tempat di Bukittinggi yang juga diabadikan dengan nama Bapak Koperasi Indonesia ini. Beberapa tempat tersebut, antara lain:

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

https://jalanwisata.id/wp-content/uploads/2018/10/wpid-bung-hatta-jpg.jpeg

 

Berlokasi di Jl. Soekarno-Hatta No. 37, Bukittinggi, rumah kayu berlantai dua ini merupakan replika dari rumah Bung Hatta. Bangunan aslinya sendiri telah runtuh. Oleh Pemerintah Kota Bukittinggi, reruntuhan rumah Bung Hatta tersebut dibangun kembali dan diresmikan pada tahun 1995. Saat berkunjung ke rumah ini, Sahabat dapat melihat-lihat berbagai koleksi benda bersejarah milik keluarga Bung Hatta.

Istana Bung Hatta

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d9/Istana_Bung_Hatta_plang.jpg

 

Istana Bung Hatta atau Gedung Negara Tri Arga, dulunya merupakan kediaman Bung Hatta. Namun, kini rumah tersebut difungsikan sebagai tempat menginap bagi tamu dan pejabat negara yang berkunjung ke Sumatera Barat. Terletak di samping Taman Monumen Bung Hatta, Istana Bung Hatta hadapan langsung dengan ikon Kota Bukittinggi, Jam Gadang dan Pasar Atas.

Balai Sidang Bung Hatta

https://raun2nomaden.files.wordpress.com/2015/09/bukittinggi-18-september-2015-49a-balai-sidang-bung-hatta.jpg?w=1400

 

Merupakan gedung serba guna yang letaknya masih satu lokasi dengan Istana Bung Hatta. Gedung berarsitektur klasik ini sering digunakan untuk acara seminar, pertemuan para pejabat, hingga pernikahan. Melalui Yayasan Proklamator Bung Hatta, Balai Sidang Bung Hatta akan dikembangkan sebagai wisata Warisan Perjuangan Bung Hatta (Hatta Memorial Heritage). Wisata ini juga meliputi Istana Bung Hatta, Taman Monumen Bung Hatta, dan Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta.

Perpustakaan Proklamator Bung Hatta

https://s.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/perpustakaan-proklamator-bung-hatta-di-bukittinggi-sumatra-barat-_170802072051-944.jpg

 

Terletak di Jalan Kesuma Sakti, Gulai Bancah, Bukittinggi. Bangunan gedung perpustakaan ini bersebelahan dengan Kantor Walikota Bukittinggi. Perpustakaan yang diresmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (mantan Presiden RI ke-6) ini memiliki ribuan koleksi buku, termasuk buku-buku yang ditulis oleh Bung Hatta semasa hidupnya.

 

Nah, Sahabat, ketika berada di Bukittinggi, jangan lupa mengunjungi Taman Monumen Bung Hatta dan berbagai tempat wisata sejarah di atas, ya. Agar kamu ketularan kegigihan dan semangat juang proklamator kita.