16 Mei 2019 | Penulis : Sahabat Lokal

16 Mei 2019 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Indonesia memiliki beragam tradisi dan budaya yang diwariskan secara turun temurun. Bahkan, setiap daerah di Indonesia memiliki ciri budaya yang berbeda-beda, salah satunya adalah pada kesenian tari.

Tarian tradisional di Indonesia biasanya diiringi dengan alunan musik tradisional. Tarian-tarian yang ada memiliki latar belakang yang berbeda-beda, sesuai dengan kondisi alam, sosial dan budaya tempat tarian itu berkembang.

Nah, di bawah ini ada 7 tarian tradisional Indonesia yang sudah sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Yuk, simak daftarnya di bawah ini Sahabat!

  1. Tari Saman dari Aceh

sumber : flickr

Tari Saman berasal dari bumi Aceh. Tarian ini sudah memiliki popularitas hingga ke mancanegara, lho. Bahkan, pada tahun 2017 Tari Saman ini berhasil memecahkan rekor MURI sebagai tarian dengan jumlah penari terbanyak. Dalam pementasannya, Tari Saman selalu dibawakan oleh sekelompok penari dengan jumlah ganjil.

2. Tari Tortor dari Sumatera Utara

sumber : wacana

Tari Tortor biasanya dipentaskan untuk menyambut tamu atau saat hajatan tertentu yang diadakan oleh masyarakat Sumatera Utara. Dalam pementasannya, Tari Tortor selalu diiringi dengan alunan alat musik gondang. Dengan iringan dari gondang tersebut, penari akan melakukan gerakan khusus seperti melambai, menyatukan tangan dan memberi hormat.

Tari Tortor ini juga sangat terkenal, terlebih pada acara kenegaraan. Biasanya tarian ini dibawakan sebagai sambutan kepada tamu luar negeri yang datang. Keren, kan?

3. Tari Piring dari Minangkabau

sumber : flickr

Pasti Sahabat sudah nggak asing dengan tarian yang satu ini, kan? Yups, tarian yang berasal dari Minangkabau ini dibawakan dengan menggunakan piring sebagai pelengkap tariannya. Gerakan dari Tari Piring ini sangat cepat namun teratur dan serasi. Tentu Sahabat sudah terbayang gimana susahnya menari dengan gerakan yang cepat dan ditambah dengan piring di tangan, bukan?

4. Tari Jaipong dari Jawa Barat

sumber : flickr

Tari Jaipong berasal dari Jawa Barat dengan gerakan tari yang dinamis dan atraktif. Uniknya, tarian ini menggabungkan unsur tari dan unsur pencak silat, Sahabat. Jadi, ketika Sahabat menyaksikan pementasan tari ini jangan heran kalau beberapa gerakannya tegas seperti gerakan pencak silat. Tari Jaipong juga terkenal karena biasa dipentaskan untuk menyambut tamu besar negara, Sahabat.

5. Tari Serimpi dari Yogyakarta

sumber : romadecade

Tari yang dikenal memiliki gerakan yang luwes dan lemah lembut ini berasal dari Yogyakarta. Tari Serimpi merupakan tarian yang bersifat sakral. Dahulu, Tari Serimpi hanya dipentaskan di lingkungan Keraton Yogyakarta dalam peringatan acara tertentu saja. Namun, kini Tari Serimpi sudah bisa dinikmati secara bebas dalam berbagai acara kebudayaan, Sahabat.

6. Tari Kecak dari Bali

sumber : flickr

Tarian satu ini memang sudah nggak asing lagi, namanya telah bergaung di mancanegara, lho. Tari Kecak dipentaskan dalam kelompok yang membentuk lingkaran. Tari ini biasa dipentaskan bersama dengan drama tari lainnya dalam cerita Ramayana. Gerakannya cukup sederhana, para penari berdecak dan mengeluarkan suara “cak...cak” sambil menggerakan kedua tangannya di udara.

7. Tari Yapong dari Betawi

sumber : flickr

Tari ini berjenis tari kontemporer yang melambangkan pergaulan masyarakat Betawi. Dalam tarian ini para penari berekspresi gembira dan memainkan tangan serta kakinya secara bergantian. Dalam perkembangannya hingga sekarang ini, Tari Yapong mengalami sedikit perubahan dengan menambah gerakan tertentu.

Itulah 7 tarian tradisional di Indonesia yang paling terkenal. Apakah Sahabat tertarik melihat pertunjukan dari tarian di atas? Yuk, bantu lestarikan tarian tradisional Indonesia agar bisa dinikmati oleh generasi penerus, ya!