30 Mei 2018 | Penulis : Sahabat Lokal

30 Mei 2018 |
Penulis : Sahabat Lokal

Bagikan Artikel

Bagikan Artikel

Berkemah untuk mengisi liburan mungkin menurut ekspektasi Sahabat adalah kegiatan menginap di pantai, gunung, atau bumi perkemahan yang penuh canda tawa dan keceriaan. Eits tunggu! Tidak semua kegiatan berkemah berjalan sesuai harapan, terutama untuk pemula. Sahabat harus tahu dulu, apa yang mesti dibawa, sampai di sana ngapain aja, dan perintilan persiapan lain, agar kemahnya nanti lancar dan meninggalkan kesan indah. Langsung saja, yuk baca tips berkemah di bawah ini.

Cari teman berkemah

Untuk pemula tentunya tidak lucu jika Sahabat pergi berkemah sendirian. Selain mati gaya, yang pasti Sahabat bakal bingung untuk urusan jalan ke lokasi, makan, dan tidur. Usahakan mencari teman setidaknya bertiga. Jumlah ini sudah memenuhi standar keselamatan camping jika terjadi kecelakaan.

Tentukan lokasi kemah

Camping umumnya dilakukan di tempat yang jauh dari keramaian kota sehingga bisa mendekatkan diri dengan alam. Sahabat bisa memilih puncak bukit, tepi pantai, atau bumi perkemahan. Tempat ideal untuk berkemah antara lain, permukaan tanah rata dan ada pohon pelindung, pemandangannya indah, tak terlalu jauh atau dekat dari perkampungan, ada sumber air, dan keamanan terjamin.

Tentukan lamanya berkemah

Tips berkemah selanjutnya yaitu, tentukan sampai kapan Sahabat ingin berkemah. Penentuan waktu ini berkaitan dengan jumlah logistik yang kudu dibawa.

Sediakan peralatan camping

Sumber: 3hacks.net

Peralatan camping wajib yang harus Sahabat siapkan antara lain tenda, matras, dan kantong tidur. Siapkan tenda yang praktis, nyaman, dan kuat seperti tenda dome dengan ukuran sesuai kebutuhan. Bawa kantong tidur yang standar, asalkan cukup nyaman untuk tidur di malam hari, serta matras yang dapat digulung dari bahan spons karet.

Siapkan logistik atau perbekalan

Siapkan perbekalan sesuai lamanya berkemah. Sahabat harus membawa makanan berat seperti mi instan, nasi atau roti, camilan, air minum. Bawa juga perlengkapan pendukung seperti korek api, lampu senter, pakaian ganti, alat masak, sepatu trekking, kaus kaki, sarung tangan, P3K dan obat pribadi.

Membuat jadwal kegiatan

Tips berkemah yang menyenangkan adalah mengisi dengan kegiatan yang seru dan bermanfaat. Buatlah acara kemah menjadi kegiatan yang teratur dan berkesan. Susun jadwal mulai dari waktu berangkat, estimasi waktu sampai ke lokasi hingga pulang kembali. Contoh urutan kegiatan camping yang bisa Sahabat lakukan mulai dari briefing, jelajah alam, games, memasak, makan-makan, hunting foto, api unggun, barbeque, dan ditutup dengan tidur.

Perkirakan keadaan cuaca

Sebelum menentukan hari keberangkatan, perkirakan cuaca supaya Sahabat bisa mengantisipasi sejak awal. Jika sedang musim hujan, siapkan jas hujan, rain cover untuk ransel, payung, pakaian hangat, dan makanan serta minuman yang sesuai. Meski sambil diguyur hujan, berkemah tetap menyenangkan kok.

Tinggalkan item yang tidak penting

Bawa perbekalan dan peralatan seperlunya. Sahabat hanya mau berkemah bukannya pindah kan? Agar kedekatan dengan alam semakin terasa, usahakan tidak membawa smartphone. Untuk berkomunikasi bisa gunakan handy talky. Alat ini lebih tahan terhadap benturan dan air ketika beraktivitas di alam terbuka.

Nah, setelah Sahabat mengetahui apa saja tips berkemah yang perlu dilakukan, mulailah merencanakannya, jangan hanya membayangkan. Selamat berkemah.