Berfoto Cantik di Batu Jamur, Tempat Wisata Kekinian di Gresik Jawa Timur

Gresik bukan hanya terkenal sebagai penghasil semen terbaik namun ternyata juga memiliki daya tarik dari sektor pariwisata. Salah satu tempat wisata yang kini naik daun adalah Batu Jamur atau Bukit Jamur. Letaknya ada di Area Sawah Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, bebatuan di sini berbentuk mirip sekali dengan jamur, Sahabat.

Pada bagian atasnya terdiri dari batuan yang lebih keras sedangkan pada bagian bawahnya (batang) merupakan batuan yang lebih lunak. Hasil dari kikisan angin dan air hujan secara terus menerus membuat bentuknya menjadi mirip seperti jamur. Sekedar informasi ya Sahabat, Batu Jamur ini ternyata hanya ada dua di dunia, lho! Salah satunya terdapat di Bengkayang, Kalimantan Barat yang memiliki bentuk sama dengan Batu Jamur di Gresik.

Waktu yang Tepat Untuk Ke Batu Jamur

Tentunya berfoto bisa menjadi pilihan aktivitas terbaik karena objek wisata ini hanya ada di Indonesia, Sahabat. Ketika sampai di lokasi, Sahabat akan disuguhkan pemandangan luas dan agak gersang. Jadi jika Sahabat ingin ke sini sebaiknya saat pagi hari atau sore hari untuk menghindari sengatan teriknya matahari.

Waktu akhir pekan, tempat ini memang ramai dipadati pengunjung karena sedang naik daun. Namun, Sahabat tak perlu ragu untuk mengunjunginya karena tempat wisata ini tergolong luas. Jika berkunjung ke tempat ini, Sahabat perlu menjaga kebersihan lingkungan agar tetap terjaga keindahannya. Acap kali ditemukan pengunjung yang membuang sampah sembarangan di sini. Sikap yang nggak patut ditiru!

sumber : instagram

Sebenarnya, di balik keindahan dari Batu Jamur ini tersimpan cerita pilu, Sahabat. Pasalnya, area seluas 250 hektare tersebut merupakan lahan milik PT Pondok Bungah Indah yang berencana untuk membangun hunian baru. Namun dari kabar-kabar terkini mengatakan bahwa pemerintah sedang berusaha mencari jalan tengah untuk tetap bisa membuat Batu Jamur ini sebagai destinasi wisata.  

Terlepas dari itu, Sahabat masih bisa mengunjungi tempat wisata unik ini. Mau berfoto dengan gaya apapun di Batu Jamur ini memang sangat mengesankan hasilnya. Bagaikan sedang berada di negeri dongeng, ya?

Harga Tiket Masuk di Batu Jamur

Untuk mengunjungi tempat wisata Batu Jamur ini, Sahabat bisa datang kapan pun karena tidak ada loket resminya. Jadi untuk masuk ke tempat ini gratis dan hanya dikenakan biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Itulah mengapa banyak pengunjung yang datang ke tempat ini karena tidak terlalu terbeban biaya yang mahal.

Rute menuju lokasi sangat mudah, Sahabat hanya perlu menggunakan Google Maps untuk petunjuk paling cepat atau bisa mengarahkan kendaraan melewati Jalur Pantura. Setelah melewati jembatan Sungai Bengawan Solo Sembayat bisa berbelok ke kiri pada pertigaan Bungah. Dari situ sudah ada banyak petunjuk yang mengarah ke Batu Jamur ini.

Oh iya Sahabat, jangan datang sewaktu musim hujan, ya! Akses jalur menuju lokasinya menjadi berlumpur dan tak banyak shelter untuk bernaung jika hujan tiba. Dari pendapat wisatawan yang sudah datang ke tempat ini banyak yang mengatakan bahwa waktu terbaik untuk berfoto adalah saat sunrise dan sunset. Cahayanya yang bagus ditambah latar yang mengesankan menjadi perpaduan yang pas untuk berfoto.

Jangan sampai terlewat dan nggak mengunjungi tempat wisata Batu Jamur ini, ya Sahabat! Yuk, bagikan informasi ini agar makin banyak orang yang tahu tentang indahnya  Batu Jamur Gresik!




Keterangan
Lokasi : gresik, jawa timur
Jelajah JAWA TIMUR

01-02-2018 4:14 PM
Ijen Summer Jazz