Berlibur Ke Dumai? Jangan Sampai Melewatkan Untuk Membeli Dodol Nenas Khas Dumai

Dumai merupakan sebuah daerah di Indonesia yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkali, Provinsi Riau. Daerah yang memiliki topografi dataran rendah berupa rawa dan sungai ini mempunyai sajian kuliner yang sangat unik dan tentunya sangat lezat, Sahabat.

Yuk, simak di sini apa sih kuliner yang sedang dibahas ini, Sahabat?

Apa itu Dodol Nenas Khas Dumai

Sahabat sering dengar dodol, kan? Makanan ini memiliki banyak varian dan biasanya ditemukan di kota-kota di Pulau Jawa. Namun, ternyata di Kota Dumai juga terdapat dodol yang terbuat dari buah nanas, lho. Nanas tidak hanya dijual dalam bentuk buah yang utuh, akan tetapi bisa diolah juga menjadi sebuah makanan ringan yakni dodol.

Inilah yang menginspirasi masyarakat Dumai menciptakan dodol nenas khas Dumai yang menjadi oleh-oleh wajib ketika berkunjung ke sini. Dodol nenas khas Dumai termasuk cemilan ringan yang kaya akan nutrisi karena terbuat dari buah nanas asli di dalamnya.

sumber : ohayo.co.id

Pengolahan dan Pembuatan Dodol Nenas

Cara pembuatan dodol nenas ini bisa dikatakan nggak begitu sulit. Begitu juga dengan pengolahannya nggak jauh berbeda dengan pembuatan dodol lain pada umumnya. Bahan-bahan dalam pembuatan dodol nenas khas Dumai ini, antara lain nanas, tepung ketan, gula merah, gula pasir, santan kelapa dan beberapa bahan pendukung lainnya.

Menurut penuturan dari salah satu pengusaha dodol nenas khas Dumai, dalam pembuatan dodol memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 8 jam. Proses pengolahan yang lama akan menjadikan dodol nenas yang dibuat memiliki kualitas yang baik.

Ketika dodol tersebut sudah jadi, barulah masuk menuju ke proses pembungkusan dengan kemasan makanan khas yang menarik. Dalam membungkus dodol nenas ini juga bukan pekerjaan yang mudah, lho. Perlu ketelitian dalam melakukan pekerjaan ini agar hasilnya baik dan rapi.

sumber : blogspot

 

Di daerah Dumai sendiri makanan dodol ini ada yang dibungkus dengan menggunakan daun upih. Daun upih ini diambil dari upih pinang yang sudah dikeringkan, tujuannya agar dapat menambah rasa yang khas pada dodol. Perjuangan inilah yang mendasari sejumlah pengusaha dodol nenas khas Dumai untuk dapat memberikan citra rasa yang berbeda dari jenis dodol-dodol daerah lainnya.

Cita rasa yang manis berpadu dengan kesegaran rasa asam dari buah nanas membuat penganan ini jadi buruan wisatawan. Tak jarang banyak wisatawan berburu makanan ringan ini dengan jumlah yang banyak untuk oleh-oleh mereka.

Dukungan Pemerintah Dalam Peningkatan Potensi Daerah

Pengembangan potensi ekonomi lokal adalah satu bagian dari isu sentral, tak hanya di tataran nasional saja namun juga di lokal. Pemerintah pusat pun ikut mendukung dalam pengembangan potensi dodol nenas ini menjadi sebuah makanan yang layak dijadikan makanan khas. Tujuannya agar dapat meningkatkan wisata daerah yang ada di Dumai agar lebih dikenal oleh masyarakat luas melalui penganan ini.

Itulah sedikit penjelasan mengenai dodol nenas khas Dumai yang menjadi oleh-oleh wajib ketika berkunjung ke sana. Apakah Sahabat tertarik untuk mencicipinya? Yuk, berburu dodol nenas, Sahabat!