Bingung Mau ke Mana Saat di Jogja? Ke Pantai Timang, Yuk!

Sahabat, ternyata jauh sebelum Running Man syuting di Pantai Timang, seri variety show Korea Selatan lainnya, Barefoot Friends sudah lebih dulu mengunjungi pantai tersebut. Kala itu, fasilitas tempat wisata ini belumlah seperti sekarang. Hanya ada sebuah kereta gantung sederhana buatan nelayan setempat untuk menyeberang ke Pulau Timang. Para bintang asal Negeri Ginseng itu juga diberi tantangan mencari lobster di pulau berupa batu besar tersebut.  

Memang, pantai ini menawarkan keindahan yang berbeda. Karakteristik pantai wilayah Gunung Kidul muncul pada sisi timur pantai. Hamparan pasir putih terbentang luas dan menyajikan lukisan alam yang indah. Sementara itu, pada sisi barat, tampak bukit berbatu-batu yang tegak berdiri di tepian laut biru. Dari bukit inilah pengunjung bisa menyeberang ke Pulau Timang.

 

Ada dua alternatif untuk sampai ke pulau yang juga disebut Watu Panjang ini. Pertama, kereta gantung yang ditarik secara manual oleh empat atau lima orang penduduk setempat. Awalnya kereta gantung ini digunakan nelayan untuk menangkap hasil laut, khususnya lobster. Tak disangka, justru kereta gantung tersebut malah menjadi daya tarik Pantai Timang. Pasalnya, untuk duduk dan menyeberangi lintasan sepanjang sekitar 100 meter ini, butuh nyali super tinggi.

Sumber: Flickr

Posisi lintasan itu berjarak 9 – 11 meter di atas permukaan laut. Saat berada di tengah lintasan, Sahabat harus siap-siap terkena deburan ombak yang menyembur tinggi. Ya, pantai ini memang langsung menghadap ke laut lepas, tepatnya Samudera Indonesia. Tak heran jika ombaknya pun terbilang kencang, tipikal pantai laut selatan.

Sahabat harus merogoh kocek sebesar Rp150.000,00 untuk menyeberang dengan kereta gantung. Meski lumayan menguras kocek, tetapi hal itu sepadan dengan pengalaman memacu adrenalin yang ditawarkan. Apalagi pemandangan yang disajikan sangat spektakuler. Rasa dag dig dug pun terbayar lunas setelah sampai di Pulau Timang.

Kedua, Sahabat bisa menyusuri jembatan yang menghubungkan daratan dengan pulau berbatu tersebut. Panjang jembatan ini 135 meter dan terletak bersisian dengan lintasan kereta gantung. Jika Sahabat enggan melintas dengan kereta gantung, jembatan ini bisa menjadi pilihan. Sama-sama menawarkan sensasi berada di ketinggian tepat di atas laut, tetapi lebih minim risiko.

Masih belum berani menyeberang? Tenang saja, ada gardu pandang yang terletak di sisi perbukitan. Sahabat bisa berpose di situ dengan latar lautan biru dan perbukitan hijau yang disisipi hempasan ombak menerpa bebatuan. Sama indahnya! Sempatkan diri berfoto-foto ya, sebab panorama menakjubkan ini tidak ditemukan di tempat lain.

Untuk mencapai ke sini, Sahabat harus menempuh perjalanan tiga jam dari Kota Yogyakarta. Setibanya di Wonosari, ambilah rute ke Pantai Baron. Dari pertigaan Mulo, lanjutkan ke arah Pantai Siung. Posisi pantai ini berada di antara Pantai Sundak dan Pantai Siung, Desa Purwodadi, Gunung Kidul. Jalanan menuju pantai memang masih berbatuan dan cukup curam. Namun, penatnya perjalanan terbayar lunas saat aroma laut tercium. Pastinya menginjakkan kaki di pantai ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Sahabat. Yuk, ke Pantai Timang!


Keterangan
Lokasi : gunung kidul, di yogyakarta