Bolu Dengan Kearifan Lokal Yogyakarta, Bolu Tiwul Rosaline

Pernahkah Sahabat mencicipi makanan tradisional yang bernama tiwul? Makanan tradisional ini banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tiwul adalah salah satu makanan tradisional yang terbuat dari ketela pohon. Makanan ini memang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dulu, lho Sahabat.

Tiwul ini dibuat dari ketela pohon yang dikeringkan, kemudian ditumbuk dan dikukus. Dahulu tiwul memang menjadi makanan pokok warga Jawa Tengah dan Yogyakarta, namun kini posisinya sudah tergeser dengan adanya nasi karena lebih praktis. Kalau Sahabat nggak datang ke pasar tradisional memang susah untuk mencari tiwul karena memang sudah cukup langka.

Awal Mula Pembuatan Bolu Tiwul Rosaline

Nah, ada seseorang dari Yogyakarta, yakni Bu Wulan yang mengangkat kembali makanan tradisional ini. Bu Wulan mengolah tiwul menjadi penganan modern yang digemari oleh banyak orang. Walau sudah berubah bentuk, namun beliau nggak menghilangkan rasa asli dari tiwul tersebut. Visi utamanya memang untuk mengangkat kearifan lokal agar bisa bersaing di pasar nasional.

Awal mula berbisnis bolu tiwul Rosaline ini, Bu Wulan memasarkan sendiri produknya dengan berbagai cara, mulai dari media online seperti Facebook, Google Local Business sampai berkeliling dari kampung ke kampung. Meski penjualan belum menunjukkan hasil yang baik, namun Bu Wulan tetap optimis dalam menjalankan bisnisnya ini, lho.

sumber : blog.titipku.com

Singkat cerita, Bu Wulan bertemu dengan Didi Nini Thowok dan teman-temannya yang berasal dari Jakarta. Ketika dicoba dan rasanya enak, Didi Nini Thowok dan teman-temannya banyak yang membawanya sebagai oleh-oleh. Dari situlah, Bu Wulan terpikir untuk mem-branding penganan ini sebagai oleh-oleh. Kini, Bolu Tiwul Rosaline laris dibeli oleh pengunjung yang datang dari luar kota.

Tak hanya dari kalangan wisatawan saja, namun banyak juga pejabat yang memesan dalam kuantitas yang banyak. Rasa tradisional dari tiwul berpadu dengan rasa bolu modern menghasilkan paduan rasa yang nggak bisa dilupakan begitu saja.

Varian Rasa Dari Bolu Tiwul Rosaline

Ada beberapa varian rasa yang disajikan oleh Bu Wulan seperti Oreo, pandan, chocochino, keju, original dan cokelat. Walau sudah berpadu dengan berbagai rasa tersebut nggak membuat rasa dari tiwul jadi hilang. Biasanya pembeli lebih menyukai varian rasa original dari bolu tiwul Rosaline, lho..

Ada hal yang cukup menarik lho Sahabat, di tempat Bu Wulan setiap Bolu Tiwul Rosaline memiliki garansi! Jika Sahabat nggak suka dengan rasanya maka tinggal kembali saja ke outlet, lalu uang akan dikembalikan, keren kan Sahabat? Harga yang ditawarkan untuk satu kemasan dari bolu tiwul Rosaline seharga Rp40.000,-.

sumber : instagram

Kelebihan lain yang ada di Bolu Tiwul Rosaline ini juga dianggap sebagai makanan sehat, lho Sahabat. Bu Wulan nggak menggunakan bahan pengawet dalam pembuatan bolu tiwulnya. Ditambah lagi untuk pemanis yang digunakan juga nggak menggunakan gula biasa, namun gula yang dipakai adalah gula aren. Jadi, bagi beberapa orang yang pantang dengan makanan manis bisa tetap menikmatinya.

Jika Sahabat tertarik untuk membeli oleh-oleh khas Yogyakarta ini bisa datang langsung ke alamat Gang Selatan, Soragan, Ngestihargjo, Kasihan, Bantul. Untuk pemesanan luar kota tetap bisa dilakukan, hanya saja harus menggunakan ekspedisi kilat mengingat bolu tiwul Rosaline ini nggak menggunakan bahan pengawet.

Selain sebagai makanan yang sehat, tentunya bolu tiwul Rosaline ini dapat mengangkat kearifan lokal yang ada di masyarakat. Sahabat bisa membawanya sebagai oleh-oleh saat pulang dari Jogja atau bisa memesannya langsung lewat media online, ya!


Keterangan
Lokasi : yogyakarta, di yogyakarta