Sensasi Menginap di Bong Hostel, Hostel Ramah Lingkungan di Pulau Dewata Bali

Jika pernah berkunjung ke Pulau Dewata, Sahabat pasti tahu bahwa tarif kamar hotel di sana tidaklah murah. Sebagai solusi, sebagian besar wisatawan dengan bujet yang terbatas kerap memilih hostel atau homestay sebagai alternatif akomodasi yang lebih terjangkau.

Salah satu hostel terunik yang ada di Bali adalah Bong Hostel Lembongan. Berbeda dengan sebagian besar hostel lain, akomodasi ini menawarkan konsep penginapan ramah lingkungan yang nyaman dan modern.

 

Penasaran dengan konsep ramah lingkungan yang diusung oleh hostel ini? Yuk, simak beberapa fakta menarik tentang Bong Hostel.

1.   Memiliki Kolam Renang Bebas Zat Kimia

 

Kolam renang yang ada di hotel atau penginapan biasanya menggunakan bahan kimia seperti kaporit untuk menjaga kejernihan air. Hal ini tentu tidak ramah lingkungan karena bahan kimia yang ada tidak bisa hilang begitu saja. Bong Hostel tidak menggunakan zat tersebut untuk menjernihkan kolam renang, mereka menggunakan ikan hias untuk memastikan bahwa air di dalam kolam bersih dan tidak tercemar.

2.   Menerapkan Kebijakan Hemat Energi

sumber : mongabay.co

 

Hostel yang berada di daerah Lembongan ini menggunakan sejumlah peralatan elektronik sebagaimana penginapan lainnya, seperti pendingin ruangan, pemanas air, dan lampu. Bedanya, sebagian besar peralatan elektronik di sana ditenagai oleh 36 panel surya yang dipasang di sekitar area hostel.

 

Sistem pengelolaan yang hemat energi ini sesuai dengan tema eco-friendly yang diusung oleh Bong Hostel. Dengan kata lain, pengelola akomodasi ini nggak main-main untuk menjaga  konsep ramah lingkungan di sekitar area hostel.

3.   Menggunakan Furnitur dan Perabotan Hasil Daur Ulang

sumber : sugarandcream.co

 

Kegiatan daur ulang adalah salah satu aktivitas ramah lingkungan yang paling penting. Untuk itu, Bong Hostel juga memiliki kebijakan untuk menggunakan furnitur dan perabotan hasil daur ulang. Sebagai contoh, ranjang dan rangka kayu di hostel ini dibuat dari limbah serpihan kayu dan serbuk gergaji dari industri kayu. Selain itu, atap kamar juga dibuat dari koran-koran lama yang diproses secara modern sehingga memiliki ketahanan yang baik.

4.   Dibangun dengan Rancangan Arsitektur Alami

 

Sahabat, saat ini hampir semua penginapan menggunakan mesin dan zat kimia untuk menjaga propertinya tetap berfungsi secara baik. Hal ini tidak dilakukan oleh Bong Hostel karena mereka lebih mengedepankan kenyamanan akomodasi berbasis alam.

 

Pencahayaan di hostel ini tidak mengandalkan lampu di siang hari, tapi menggunakan jendela-jendela besar di sudut-sudut proporsional untuk membiarkan sinar matahari masuk ke setiap sudut hostel. Selain itu, sistem ventilasi yang digunakan pun dirancang secara bersilangan untuk menciptakan sistem penyejuk udara alami.

5.   Harga Tetap Bersahabat

sumber : mongabay.co.id

 

Dengan berbagai fasilitas yang menarik dan ramah lingkungan, Bong Hostel tetap memberikan harga yang bersahabat. Untuk kamar tipe bed box dan dormitory hanya perlu merogoh kocek sekitar 200 ribuan per malam. Sementara jika ingin bermalam di kamar privat, Sahabat harus mengeluarkan dana sekitar 600 ribu rupiah per malam.

 

Demikianlah beberapa fakta tentang Bong Hostel yang perlu Sahabat semua ketahui. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa hostel yang satu ini memang serius dalam menerapkan konsep eco-friendly.

 

Jika tertarik untuk menginap di sini, datang saja ke kawasan Mushroom Bay di Nusa Lembongan, Bali. Akan tetapi, karena popularitasnya yang cukup tinggi, Sahabat harus memesan tempat dari jauh-jauh hari untuk memastikan ketersediaan tempat.


Keterangan
Lokasi : gianyar, bali
Jelajah BALI

03-12-2017 10:04 PM
Bali Spirit Festival

22-09-2017 8:24 AM
Kopi Kintamani