Bonting, Pelopor Abon Kepiting yang Menjadi Oleh-Oleh Wajib dari Kalimantan

Jika umumnya abon terbuat dari daging sapi atau ayam, di Balikpapan terdapat abon yang terbuat dari daging kepiting. Namanya adalah bonting atau abon kepiting. Balikpapan memang sangat terkenal dengan hasil kekayaan lautnya, salah satunya adalah hasil kepiting yang melimpah.

Sejarah Bonting Balikpapan

Sejak tahun 2005, mulai banyak tempat yang memproduksi penganan yang terbuat dari bahan dasar daging kepiting. Namun, pada tahun 2006 baru muncul produk abon kepiting tersebut. Awalnya sih dari bisnis rumahan, namun karena minat pasar yang tinggi membuat nama bonting semakin dikenal luas.

Bahkan, bonting ini menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa jika Sahabat berkunjung ke Balikpapan. Jadi, jangan heran jika tiap pusat oleh-oleh di Balikpapan menyediakan bonting ini sebagai produk andalan mereka. Rasanya yang manis dan gurih sangat pas jika disajikan dengan nasi putih yang masih hangat. Tekstur dari bonting ini lebih halus dari tekstur abon kebanyakan. Ditambah dengan warna kecoklatan membuatnya semakin menggairahkan untuk segera dimakan.

Nah Sahabat, bonting ini biasanya dijual dalam bentuk kemasan transparan dengan berat antara 50 gram sampai 200 gram. Lalu, masih dibungkus lagi dengan kardus kecil, jadi kemasannya sangat aman, ya. Walau tidak menggunakan bahan pengawet, bonting ini bisa bertahan sampai 4 bulanan, lho! Cukup lama, kan? Harga yang ditawarkan sendiri berkisar antara Rp25.000 sampai Rp70.000 tergantung dari berat dan ukurannya.

Biasanya ada dua pilihan rasa yang tersedia, yaitu original dan rempah. Keduanya memiliki rasa dan aroma yang sangat enak. Bahkan anak-anak pun sangat suka dengan makanan khas Balikpapan satu ini. Banyak orang yang malas dengan olahan dari kepiting karena harus mengupas cangkangnya dahulu baru menikmatinya. Namun dengan hadirnya bonting ini bisa lebih memudahkan Sahabat untuk menikmati olahan daging kepiting.

Resep Sederhana Bonting

Sebetulnya, bonting ini mudah dibuat karena bahan dasarnya juga sangat mudah ditemukan. Daging kepiting yang sudah dipisahkan dari cangkangnya kemudian ditambahkan bawang merah, bawang putih, santan dan bumbu rempah yang sudah dihaluskan sebelumnya. Baru digoreng hingga kering dan warnanya berubah kecoklatan.

Sumber : omiyago.com

 

Pemilik asli dari bonting ini memiliki bumbu-bumbu rahasia di dalamnya. Tak heran rasanya sangat khas dan berbeda dengan olahan abon yang lain. Saking nikmatnya rasa dari abon ini bisa membuat orang ketagihan, tak heran jika wisatawan yang membeli bonting ini, kebanyakan membeli lebih dari 2 bungkus. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Balikpapan satu ini, Sahabat bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh di sana.

 

Itulah mengapa tak lengkap rasanya jika pulang dari Balikpapan tak membawa bonting sebagai salah satu oleh-olehnya. Selain bonting, masih ada beberapa pilihan oleh-oleh lain yang bisa dibawa juga, seperti mantau, amplang, bakpia dan masih banyak lagi. Rasanya juga tak kalah menariknya dari bonting.

 

Jadi, setelah puas berkunjung ke berbagai tempat di Balikpapan, kemudian bisa melanjutkan perjalanan untuk mendapatkan sebungkus bonting ini di tempat oleh-oleh. Sahabat bisa bertanya pada warga lokal untuk mendapatkan tempat rekomendasi membeli bonting yang murah dan enak di Balikpapan. Selamat mencoba!

 


Keterangan
Lokasi : balikpapan, kalimantan timur
Jelajah KALIMANTAN TIMUR

09-03-2018 3:53 AM
Tabligh Akbar HUT Balikpapan

10-08-2017 10:05 AM
Pakaian Adat Tradisional Kustin

10-08-2017 9:45 AM
RM Torani