Cobain Yuk Teman Nongkrong Manis Saat ke Makassar, Pisang Epe

Pisang adalah buah yang sering ditemui sehari-hari. Buah ini tidak terpengaruh oleh musim sehingga bisa dikonsumsi kapan saja. Olahan pisang pun bervariasi seperti dijadikan kolak, kue, pisang goreng, bahkan pisang yang sedang kekinian yaitu nugget pisang. Di Makassar, terdapat olahan pisang yang terkenal. Cari tahu apa itu, yuk!

 

Memandang laut di Pantai Losari, Makassar, paling enak jika ditemani dengan camilan. Camilan yang wajib dimakan adalah pisang epe, jajanan tradisional khas Makassar sejak tahun 1970-an. Saking terkenalnya, pisang epe dikutip dalam sebuah lagu yang dinyanyikan Anci Laricci dengan judul Pantai Losari. Begini bunyinya, “Jalang-jalangki di Pantai Losari. Jangki lupa singgah makang pisang epe. Gulana manis pake duriang enakna mamo biking lupa utanga…”Lantas, apa sih istimewanya jajanan pisang epe sampai bisa membuat lupa pada utang-piutang?

 

Baca juga: Bikin Nostalgia, Berikut Adalah Beberapa Jajanan Jaman Dulu Yang Melegenda

 

Cara Memasak yang Unik

Dalam bahasa Makassar, epe berarti jepit. Jadi, pisang epe adalah pisang raja yang dijepit dengan alat bernama pangngepena untia hingga pipih. Pisang raja dipilih karena memiliki karakter rasa yang manis dan aroma yang khas. Pisang raja yang digunakan adalah pisang raja yang belum terlalu matang dan tidak lembek.

 

Sumber: Kuliner Indonesia

 

Mulanya, pisang dipanggang di atas api sambil dikipasi oleh daeng (panggilan kakak laki-laki dalam Bahasa Makassar) hingga matang. Selesai dipanggang, pisang dijepit dengan pangngepena untia hingga gepeng. Setelahnya, pisang pun dipanggang lagi. Hal ini bertujuan agar pisang terasa renyah. Jika sudah selesai, pisang disajikan dengan saus gula merah.

 

Pilihan Saus dan Topping Pisang Epe

Sahabat juga bisa mencoba pisang epe dengan berbagai rasa seperti saus cokelat, susu, nangka, dan stroberi. Bahkan bisa ditambahkan keju, cokelat meises, kacang panggang, kelapa sangrai, hingga durian sebagai topping-nya. Topping tersebut bisa dikombinasikan.

 

 

Durian adalah salah satu topping primadona dari pisang epe. Topping durian ini sering dicari pengunjung karena durian yang digunakan adalah durian asli, bukan perasa makanan. Pisang epe disajikan dengan satu buah durian yang lengkap dengan daging dan bijinya. Saus gula merah diguyur diatasnya pisang dan durian. Penasaran dengan rasanya, ‘kan?

 

Waktu Terbaik Makan Pisang Epe

Pisang epe paling enak dimakan dalam keadaan masih hangat. Kopi dan teh tanpa gula bisa jadi minuman pendamping yang pas untuk menetralkan rasa manisnya. Kalau cuaca sedang dingin, Sahabat bisa memesan Sarabba hangat. Sarabba merupakan minuman khas Makassar yang berisi campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan, dan merica bubuk.

 

Mencari pisang epe tidaklah sulit karena pisang ini mudah ditemukan di setiap sudut Pantai Losari. Di sini banyak deretan kios yang menyediakan kursi-kursi plastik untuk menikmati pisang epe. Harganya juga ramah di kantong untuk menikmati satu porsi pisang epe , Sahabat hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 sesuai dengan topping yang dipilih. Murah meriah dan kenyang bukan, Sahabat ?

 

Jangan lewatkan makan pisang epe saat berlibur ke Makassar. Apalagi kalau makannya sambil nongkrong melihat matahari terbenam seraya menikmati angin mammiri atau angin sepoi-sepoi. Liburan pasti akan terasa lebih afdol.