Dodol Garut Picnic, Produsen Dodol yang Melegenda dari Masa ke Masa

Siapa yang tak kenal dengan dodol Garut? Panganan khas satu ini sering menjadi buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Garut. Bahkan, camilan legit ini berhasil menempatkan Garut sebagai kota penghasil dodol berkualitas tinggi, lho. Tak hanya dijual di kota asalnya, kini dodol Garut sudah banyak dijajakan di sebagian kota besar di Indonesia.

Nah, salah satu merek dodol Garut yang paling terkenal adalah Dodol Garut Picnic buatan PT. Herlinah Cipta Pratama. Hingga saat ini, PT. Herlinah Cipta Pratama sudah memproduksi dodol Garut dengan berbagai macam rasa seperti susu, cokelat, hingga durian, yang dikemas dalam kotak kardus berukuran ekonomis. Puas menjual produknya di pasar lokal, Dodol Garut Picnic juga berhasil menembus pasar luar negeri seperti Singapura dan Malaysia.

Berawal dari Nama Dodol Garut Halimah Hingga Menjadi Dodol Garut Picnic

 

 

Awal mulanya, produk ini dicetuskan oleh H. Iton Damiri pada tahun 1949. Dengan dibantu 5 orang pegawai, H. Iton berhasil membuat perusahan berskala rumah tangga dan memasarkan produknya secara terbatas di sekitar kota Garut.

Pertama kali diluncurkan, dodol garut milik H. Iton ini diberi nama dodol Garut Halimah. Kemudian, pada tahun 1950, dibuatlah merk dodol baru bernama “Fatimah”. Dari tahun ke tahun, usaha rumahan ini mengalami perkembangan pesat dan akhirnya pada tahun 1957, H. Iton mengajak sang adik, Aam Mawardi, untuk bergabung.

Setelah itu, merk dodol Fatimah mulai berganti nama menjadi “Herlina”, “Purnama”, dan atas usulan Bapak Aam Mawardi, merk tersebut pun diganti menjadi “Picnic” yang kemudian tercatat sebagai merk dagang resmi pada tanggal 14 Juli 1959.

Prestasi Dodol Garut Picnic

Sumber : Flickr

 

Pada tahun 1979, perusahaan mengalami kemajuan pesat dan mendorong untuk mendirikan pabrik yang lebih besar guna meningkatkan jumlah produksi serta kemajuan perusahaan. Hingga akhirnya, pada tahun 1986, usaha rumahan tersebut diubah menjadi perusahaan berbadan hukum perseroan terbatas yang diberi nama PT. Herlinah Cipta Pratama.

Kini, PT. Herlinah Cipta Pratama memiliki 230 tenaga kerja dengan kapasitas produksi 4-6 ton per hari yang kemudian dipasarkan ke seluruh kota besar di Indonesia. Nah, setelah bergerak di industri makanan selama 57, Dodol Garut Picnic sudah banyak meraih penghargaan, lho, Sahabat, diantaranya adalah:

  1. Asian Best Economic Executive Award tahun 2004

  2. Penghargaan Indonesia Development Citra Award 1998-1999

  3. Penghargaan PARAMAKARYA di bidang produktivitas tahun 1996

  4. Penghargaan SIDDHAKARYA di bidang produktivitas tahun 1995

  5. Penghargaan UPAKARTI tahun 1990

Produk Picnic yang Beredar di Pasaran

sumber : wordpress

 

Dodol Picnic menawarkan 5 varian produk yaitu Dodol Picnic Classic, Dodol Picnic spesial aneka buah, di antaranya ada rasa nanas, strawberry, hingga durian. Kemudian ada Dodol Picnic spesial aneka rasa, Choco Dol, dan dodol brownies yang tersedia dalam beragam rasa seperti wijen, susu, cokelat, moka, dan kurma.

 

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Garut untuk menikmati Dodol Picnic. Kini, Sahabat bisa membelinya secara online, lho. Cukup buka website resmi Dodol Garut Picnic di www.dodolpicnicgarut.com, kemudian pilih menu cara pesan. Setelah itu, Sahabat tinggal mengikuti panduan pemesanan yang tertera di halaman tersebut.

 


Keterangan
Lokasi : garut, jawa barat
Jelajah JAWA BARAT

28-08-2017 8:48 AM
Kebun Strawberry Ciwidey

03-12-2017 10:49 PM
Bandeng Lelaki

28-08-2017 8:48 AM
Rental Mobil JossCar Bandung