Es Pisang Ijo, Santapan Manis Asal Makassar

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia kaya dengan berbagai macam budaya, etnis, hingga penganan. Kali ini, para pencinta kuliner nusantara pasti mengenal suatu makanan khas dari Sulawesi Selatan bernama es pisang ijo. Kudapan ini merupakan makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan.

Es pisang ijo terbuat dari pisang kukus yang kemudian dibalut kulit dadar hijau, disajikan bersama dengan kuah kental yang berasal dari olahan santan. Untuk melengkapinya, es pisang ijo diberi topping berupa sirop berwarna untuk menambah kenikmatannya.

Baca juga: Ini Dia Bakpia Legendaris dari Yogyakarta, Bakpia Pathok 25

Makanan ini diolah dari buah pisang, ada tiga pilihan pisang yang dapat dijadikan es pisang ijo, yaitu pisang ambon, pisang raja, atau pisang kepok yang sudah matang. Pisang kemudian dibalut dengan adonan tepung beras yang dicampur santan dan air daun pandan sehingga memiliki aroma khas pandan dan berwarna hijau. Kemudian pembuatan es pisang ijo dilanjutkan dengan memberi tambahan tepung terigu rebus yang kenyal, pilihan lainnya ialah diberi bubur sum-sum, lalu disiram dengan sirop merah khas Makassar serta diberi lelehan susu kental manis.

Es pisang ijo menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka puasa, tumpukan es serut dan bongkahan es kecilnya memberikan kesegaran yang tepat untuk membatalkan puasa di sore hari. Harga es pisang ijo berkisar antara Rp 13.000 hingga Rp 13.500 per porsinya.

Nah, berhubung di sini Sahabat sedang membaca mengenai es pisang ijo, mungkin akan menguntungkan apabila Sahabat mencoba resep es pisang ijo untuk dicoba sendiri, berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya :

Bahan Es Pisang Ijo

· pewarna hijau (1/2 tetes)

· tepung sagu (50gr)

·  tepung beras, ayak (175gr)

· garam (1/2 sdt)

· air daun suji (100ml)

· pisang raja matang (6 buah)

· air (300ml)

 

Bahan Bubur dalam Es Pisang Ijo

· santan dari 1 butir kelapa parut (800 ml)

· tepung beras (50gr)

· gula pasir (75gr)

· daun pandan (1 lembar, simpulkan)

· garam (1/4 sdt)

Bahan Pelengkap Es Pisang Ijo

· es serut

· sirop cocopandan (100ml, siap pakai)

· susu kental manis (100 ml)

 

Cara Pembuatan Es Pisang Ijo

1. Campur tepung beras, air daun suji, air, garam, dan pewarna berwarna hijau menjadi satu. Aduk rata. Jerang dengan api kecil, tunggu hingga mendidih, aduk-aduk dan pastikan adonan tidak berbutir. Selesai, angkat.

2. Sedikit demi sedikit, masukkan tepung sagu. Aduh-aduk hingga kalis. Setelah itu, bagikan adonan menjadi enam bagian, bentuk hingga membulat lalu tipiskan ½ cm.

3. Siapkan pisang raja, kemudian lapis atau balut masing-masing pisang menggunakan adonan tepung beras tadi. Pastikan semua bagian tertutup rata.

4. Terakhir, rebus pisang yang sudah dibalut di dalam air yang mendidih. Tunggu hingga pisang mengapung dan pastikan adonan matang. Setelah selesai, angkat lalu tiriskan dan sisihkan.

Cara Pembuatan Bubur Pelengkap Es Pisang Ijo

Campur gula pasir, santan tepung terigu, garam, dan daun pandan. Kemudian campur hingga merata. Lalu, jerang di atas api yang tidak terlalu besar, aduk-aduk hingga kental, angkat.

Penyajian Es Pisang Ijo

Sumber: Instagram

Potong-potong pisang ijo (tanpa dipisahkan). Lalu letakkan di atas piring saji. Setelah itu tuangkan bubur, tambahkan sirop, susu kental, dan es serut untuk melengkapi kenikmatan es pisang ijo buatan Sahabat.

 Baca juga: Menilik Kuliner Asli dari Indonesia Timur, Papeda

Setelah mengikuti semua tahapan dan proses di atas, jadilah es pisang ijo seperti di foto. Bagaimana? Segar dan terlihat sangat enak bukan Sahabat? Jangan lupa untuk mencobanya saat sedang berkunjung ke Makassar!


Keterangan
Lokasi : makassar, sulawesi selatan