Festival Teluk Ambon, Festival Bahari Meriah Bertabur Hadiah

Siapa yang tidak tahu dengan keindahan pantai-pantai di Ambon? Ibu kota Maluku ini, layaknya kota pesisir lain di Pulau Maluku, memang terkenal akan keindahan pantai-pantai dan lautnya. 

Di Teluk Ambon, misalnya. Udara di sana sangat hangat, cuacanya cerah, dan air pantainya sangat jernih. Pasirnya juga bersih dan juga putih. Sebuah hal yang sangat membahagiakan, bermain di Teluk Ambon di pagi atau sore hari.

Nah, Sahabat pencinta wisata bahari pastinya akan sangat senang dengan Festival Teluk Ambon. Festival ini diadakan setiap tahun oleh pemerintah Kota Ambon. Tahun 2019 ini merupakan penyelenggaraan ke-14 kalinya festival tersebut dan festival akan diadakan pada tanggal 18-20 Agustus 2019

Lomba-Lomba Seru di Teluk

Triptrus.com

 

Apa saja sih, yang bisa kamu temukan di Festival Teluk Ambon? Pertunjukkan utamanya tentu adalah perlombaan-perlombaan olahraga air. Contohnya seperti Lomba Perahu Semang Laki-Laki, Lomba Perahu Semang Perempuan, Hawaiian Band, Lomba Arumbae Manggurebe (adu cepat perahu), sampai dengan lomba memancing.

Ada yang menarik dari Arumbae Manggurebe. Hal tersebut tak lain adalah karena nilai sejarah di dalamnya. Ya, para pejuang di masa lalu menggunakan perahu yang didayung cepat-cepat buat mengusir penjajah. 

Perlombaan-perlombaan ini mampu membangkitkan adrenalin dan semakin menampakkan keindahan Teluk Ambon. Hadiah-hadiahnya juga sangat seru. Kamu nggak akan menyesal deh, ikut lomba di sini.

Tidak Melupakan Sisi Sejarah

Bukan hanya olahraga air, di Festival Teluk Ambon, kamu juga bisa melihat sisi sejarah Provinsi Maluku. Apalagi di tahun 2019, kamu bisa melihat pameran foto 100 tahun Provinsi Maluku. 

Instalasi pameran foto ini adalah kerjasama antara pemerintah provinsi Maluku dan fotografer Belanda Wim Millenar. Pameran ini diadakan bertepatan dengan ulang tahun Provinsi Maluku pada tanggal 19 Agustus. Tentunya kesempatan ini merupakan sebuah hal yang layak ditengok dan diabadikan.

Foto-foto tersebut ada pula yang merupakan dokumentasi yang diambil oleh sang ayah di masa lalu. Bahkan, sebagian foto-foto tersebut belum pernah dipublikasikan. Jadi, sudah bisa dibayangkan betapa eksklusifnya pameran itu.

Menampilkan Pertunjukkan Khas Daerah

CNNindonesia.com

Apa lagi yang membuat Festival Teluk Ambon layak buat dikunjungi? Bukan sekadar lomba dan pameran foto, kamu juga bisa melihat berbagai macam pertunjukkan seni. Ya, tanggal 19 Agustus merupakan ulang tahun provinsi. Di momen tersebut kerap diselenggarakan atraksi seni budaya, seperti pertunjukkan tari dan musik daerah, dekorasi perahu-perahu, dan karnaval yang sangat unik.

Kamu nggak akan menyesal pergi ke Ambon pada saat Festival Teluk Ambon berlangsung. Soalnya, di sana kamu bisa menyambangi berbagai jenis wisata. Suka dengan wisata sarat sejarah? Ada banyak museum dan benteng yang masih terjaga. Contohnya seperti Benteng Amsterdam.

Atau, kamu menyukai wisata pantai? Maluku memang rajanya pantai-pantai indah. Lihat saja pantai seperti Pantai Latulahat, Pantai Liang, Pantai Natsepa, dan sebagainya. 

Festival-indonesia.id

Pada saat Festival Teluk Ambon, ada ratusan turis mancanegara dan ribuan turis nusantara. Makanya, pasti ramai dan seru sekali deh, mengunjungi Ambon di saat itu. 

Kalau berencana untuk pergi ke sana, kamu bisa menyewa hotel dan membeli tiket pesawat jauh-jauh hari. Soalnya, akan ada banyak sekali orang yang menyewa akomodasi di waktu-waktu tersebut. Kalau kamu menyewa dalam waktu yang terlalu mepet, maka besar kemungkinan kamu nggak akan mendapatkan penginapan.

Oh ya, keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari pergi ke Ambon adalah akses mudah. Di Ambon, ada Bandara Pattimura yang sudah berskala internasional dan bisa diakses hanya dengan sekali penerbangan dari berbagai kota di Indonesia.

 

Gimana, seru sekali kan? Ayo pesan tiket ke Ambon sekarang juga. Nikmati festival megah yang akan membuat kamu makin cinta sama Nusantara ini, Sahabat!

 


Keterangan
Lokasi : ambon, maluku
Jelajah MALUKU

19-07-2017 2:27 AM
Batu Angus Maluku

03-12-2017 9:57 PM
Kayu Putih

19-07-2017 2:50 AM
tari Cakalele