Geopark Ciletuh, Global Geopark yang Keindahannya Diakui UNESCO

Melihat pemandangan yang serba hijau nan indah mungkin cukup sulit untuk didapatkan warga Jakarta. Kota Jakarta memang dipadati dengan gedung-gedung pencakar langit dan juga kemacetan yang seakan tak ada habisnya. Oleh karena itu, tempat wisata di sekitar Kota Jakarta pun kerap mendapatkan kunjungan dari warga ibu kota, salah satunya adalah Geopark Ciletuh.

 

Di dalam area Geopark Ciletuh Sahabat bisa menemukan berbagai tempat wisata yang sangat indah. Sahabat bisa menikmati deburan ombak di pantai, sejuknya air terjun hingga memanjakan mata dengan hamparan bentang alam yang indah dari ketinggian. Nah, mengapa tempat wisata di Geopark Ciletuh bisa sangat beragam? Yuk, cari tahu informasi lengkap mengenai salah satu Global Geopark yang diakui UNESCO ini di sini!

Diakui Sebagai Global Geopark oleh UNESCO

Berdampingan dengan Geopark Rinjani, Geopark Ciletuh akhirnya diakui oleh UNESCO sebagai situs geopark dunia. Geopark Ciletuh adalah salah satu bukti awal kemunculan Pulau Jawa ke permukaan, Sahabat. Geopark Ciletuh menjadi tempat terjadinya tumpukan antara lempeng samudera dan benua sekitar 60 juta tahun silam. Tumpukan inilah yang terus berlangsung sehingga muncul Pulau Jawa seperti sekarang ini, Sahabat.

 

Hal ini dapat dibuktikan dengan Sahabat pergi ke Teluk Ciletuh dan mengamati batuan yang ada di pantai. Batuan itu berasal dari dasar samudera, lho. Situs Geopark Ciletuh sendiri masuk dalam delapan kecamatan di Sukabumi. Bisa dibayangkan, kan, betapa luasnya bentang alam Geopark Ciletuh, Sahabat?

Bentang Alam Geopark Ciletuh

Salah satu daya tarik dari Geopark Ciletuh adalah bentang alamnya yang sangat beragam. Salah satu bentang alam yang cukup banyak ditemukan di Geopark Ciletuh adalah air terjun atau curug. Curug Cikanteh jadi salah satu yang paling populer di kalangan wisatawan Geopark Ciletuh.

Foto peserta

 

Curug Cikanteh populer berkat formasinya yang cukup unik, yakni memiliki tiga tingkatan, Sahabat. Jika Sahabat berkunjung ke Curug Cikanteh, maka Sahabat akan mendapatkan tiga air terjun sekaligus karena ketiga tingkatan ini memiliki nama masing-masing. Untuk curug yang paling tinggi bernama Curug CIkanteh, yang kedua bernama Curug Ngelai dan yang paling rendah bernama Curug Sodong. Keren, kan?

 

Tangkapan kamera milik @ranarpradiptoindonesia dalam Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance jadi bukti keindahan curug ini, Sahabat. Kamu yang mendambakan pemandangan yang indah dengan suasana yang tenang sangat cocok untuk berkunjung ke curug ini, Sahabat.

 

Sumber : reservasi.com

 

Selain curug, di Geopark Ciletuh Sahabat bisa mengunjungi tempat lain yang tak kalah indahnya, yakni Bukit Panenjoan. Bukit Panenjoan menawarkan wisata pemandangan yang tentunya akan membuat mata Sahabat terbelalak kagum. Dari tempat ini Sahabat dapat memandang bebas ke kejauhan yang tak lain adalah hamparan lanskap taman purba Geopark Ciletuh, lho.

 

Berikutnya adalah pantai. Ya, siapa yang tak suka pantai, terlebih pantai yang masih sepi seperti ini? Nama pantai yang masih cukup sepi ini adalah Pantai Pasir Putih. Di sepanjang perjalanan menuju pantai ini Sahabat dapat melihat banyak sapi milik warga yang dilepaskan bebas, lho. Unik, kan?

 

Pantai ini juga sebenarnya tak memiliki pasir berwarna putih seperti namanya. Justru pasir berwarna kecoklatan yang ada di pantai ini. Karena pantai ini tergolong masih baru dan masih sepi, maka fasilitas yang ada pun belum terlalu lengkap, Sahabat. Jadi bersiap-siaplah sebaik mungkin sebelum berkunjung ke pantai ini, ya!

 

Nah, itu tadi sekilas informasi mengenai Geopark Ciletuh yang mempesona, Sahabat. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke salah satu Global Geopark ini? Berikan jawabanmu, ya!


Keterangan
Lokasi : bandung, jawa barat
Jelajah JAWA BARAT

19-07-2017 2:16 AM
Taman Wisata Mekarsari

06-08-2017 8:27 AM
Terasi

06-08-2017 9:07 AM
Nisa Rental Mobil Sukabumi