Jawada, Kue 'Rambut' Oleh-Oleh Wajib Pulau Flores

Indonesia memiliki ragam kuliner yang khas, salah satunya adalah di Flores. Ada satu kuliner tradisional yang unik bernama jawada. Bentuknya hampir mirip seperti bihun yang digoreng namun teksturnya agak bergelombang seperti rambut. Tak jarang masyarakat sekitar menyebutnya sebagai kue rambut karena sangat mirip dengan rambut.

Jawada sering dijadikan sebagai camilan saat hari-hari besar, seperti upacara adat atau hari keagamaan. Namun, seiring perkembangan zaman, jawada ini sudah dijual secara bebas bahkan kini menjadi oleh-oleh yang wajib diborong jika Sahabat berkunjung ke Flores. Yuk, simak ulasan dari jawada di bawah ini, Sahabat!

Kue ‘Rambut’ yang Jadi Favorit Banyak Orang

Jawada adalah makanan tradisional yang sudah dikenal turun temurun di Pulau Flores dan Pulau Alor. Dahulu memang disajikan pada acara penting seperti pernikahan dan upacara adat. Namun, kini berkembang menjadi makanan yang bisa dikonsumsi kapan saja, Sahabat.

Banyak wisatawan yang datang berlibur ke pulau Flores dan suka dengan camilan ini, maka dari itu jawada mulai dikenal oleh masyarakat luas. Rasanya yang gurih, renyah dan manis memang nggak akan ada yang bisa menahan godaannya. Biasanya masyarakat sekitar menikmati jawada ini dengan ditemani teh atau kopi sebagai teman bersantai.

sumber : merahputih.com

Pembuatan Jawada yang Masih Menggunakan Metode Tradisional

Nah, pasti Sahabat bertanya-tanya, gimana sih cara membuat kue rambut ini? Pembuatan kue jawada memang nggak menggunakan alat modern dan hanya membutuhkan batok kelapa saja, lho. Batok kelapa akan dilubangi kecil-kecil lalu adonan akan dimasukkan sembari dipukul-pukul agar adonan dapat keluar dari lubang-lubang tersebut.

Jawada terbuat dari bahan dasar tepung terigu, gula merah, air nira dan santan. Untuk mulai membuat jawada ini, semua adonan tersebut dicampur sampai rata kemudian dimasukkan ke dalam cetakan batok kelapa tadi. Adonan ini nggak boleh terlalu kental atau terlalu encer agar tekstur yang didapatkan sempurna.

sumber : baca.co.id

Menggoreng jawada harus menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak (deep fry) dan harus benar-benar panas. Ketika digoreng, batok tadi harus sambil dipukul-pukul agar adonan dapat keluar dari lubang. Setelah itu jawada dibentuk menjadi setengah lingkaran dan kemudian dibuat segitiga. Saat digoreng pun aroma manis dari gula arennya sudah tercium. Tentu sangat menggoda untuk segera menyantapnya, kan Sahabat?

Oleh-Oleh Khas Flores yang Wajib Dibawa

Jika Sahabat berlibur ke Flores jangan lupa untuk membawa jawada ini sebagai buah tangan. Selain karena rasanya yang sangat enak, jawada ini susah ditemukan di daerah lain, lho. Banyak pusat oleh-oleh di sekitar Flores yang menjual jawada ini, jadi untuk mencarinya akan cukup mudah, ya.

Biasanya sih wisatawan membeli jawada ini sebagai bekal untuk perjalanan berlibur ke Flores. Pasalnya, rasa lezat dari jawada ini sangat cocok untuk menemani saat bersantai kala berlibur. Jadi, nggak ada salahnya jika Sahabat membeli jawada dalam jumlah banyak untuk bekal berlibur, ya!


Keterangan
Lokasi : alor, nusa tenggara timur
Jelajah NUSA TENGGARA TIMUR

03-12-2017 10:40 PM
Rameeza