Ketahui Lebih Jauh Yuk Tentang Jember Fashion Carnaval!

Sahabat pernah mendengar Jember Fashion Carnaval? Ya, acara rutin yang menampilkan aneka ragam busana unik ini sukses menarik animo masyarakat setiap tahunnya. Tak cuma masyarakat Jember dan Jawa Timur saja, tapi juga masyarakat Indonesia, bahkan internasional.

Jember: Kota Karnaval Dunia

 

 

Seiring dengan penyelenggaraan Jember Fashion Carnaval selama 16 tahun, Menteri Pariwisata, Arief Yahya akhirnya menobatkan Kabupaten Jember sebagai kota karnaval bertaraf nasional dan internasional. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengangkat Jember Go International.

Menurut Presiden Joko Widodo, Jember Fashion Carnaval bukan hanya ikon Kabupaten Jember, namun juga menjadi ikon kebanggaan Indonesia. Saking heboh dan kreatifnya, acara ini bahkan disejajarkan dengan karnaval yang ada di Rio de Janeiro Brazil, lho, Sahabat.

Membawa Jember ke Mata Internasional

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Wizata_budaya_JEMBER_FASHION_CARNAVAL.jpg

 

Pada tahun 2016, Jember Fashion Carnaval berhasil menjadi second runner-up (juara ke tiga) di ajang Carnaval International de Victoria yang diselenggarakan di Victoria, Seychelles. Carnaval International de Victoria sendiri merupakan festival busana dunia yang penilaiannya menggabungkan antara ekshibisi selama tiga hari dan street dance presentation di jalanan Boise de Rose Avenue.
Selaku presiden Jember Fashion Carnaval, Dynan Faris merasa bangga dengan prestasi internasional yang diperoleh kontingen Indonesia. Pasalnya, Indonesia mampu mengalahkan 23 tim internasional lainnya seperti Brazil, Kamboja, Jerman, Tiongkok, Inggris, Italia, dan Spanyol.

Bagi Dynan, yang terpenting ialah karnaval tersebut diliput oleh lebih dari 100 jurnalis internasional. Terlebih, nama Indonesia dan Jember Fashion Carnaval semakin menjadi sorotan ketika ada di podium juara.

Selama gelaran Carnaval International de Victoria, Dynan mengangkat tema busana etnik khas Indonesia. Kreasi kostum menggunakan kain-kain tradisional seperti lurik, batik, dan ulos dengan sentuhan glamor. Melalui tema busana ini, diharapkan Indonesia lebih dikenal dengan ciri khas dan potensi luar biasanya.

Sejumlah Penghargaan yang Diraih oleh Jember Fashion Carnaval

Nah, selain menjadi juara ke tiga di ajang Carnaval International de Victoria, sejumlah penghargaan internasional bergengsi berikut ini pernah diraih oleh Jember Fashion Carnaval, lho, Sahabat.

- Bali: Best National Costume, Mister International 2010

- Mystical Toraja: Best National Costume, Manhunt International 2011

- King of Papua: Best National Costume, Mister Universe Model 2011

- Tale of Singer Crown: Best National Costume, Miss International 2014

- Princess of Borneo: Best National Costume, Miss Supranational 2014

- The Chronicle of Borobudur: Best National Costume, Miss Universe 2014

- Mytical Toraja: Best National Costume, Miss Supranational 2016

- Wonderful of Betawi: Best National Costume, Miss Tourism International 2016

- Unity in Diversity: Top Five Nasional Costume, Miss Universe 2016

Jember Fashion Carnaval 2018 Usung Budaya Asia

 

Sahabat, sudah tak sabar menantikan gelaran Jember Fashion Carnaval 2018? Rangkaian acara karnaval ini rencananya akan digelar selama enam hari, 7-12 Agustus 2018. Berbeda dengan konsep sebelumnya, acara tahun ini akan mengangkat tema Asia Light yang menandakan Jember Fashion Carnaval sudah bertaraf Internasional.

Dengan adanya pagelaran karnaval fashion bergengsi di tanah air, Sahabat tentunya semakin bangga dengan Indonesia, bukan? Nah, kalau mengaku sebagai pencinta mode sejati, Jangan lupa untuk mengagendakan Jember Fashion Carnaval tahun ini ya.


Keterangan
Lokasi : jember, jawa timur
Jelajah JAWA TIMUR

18-09-2017 11:02 AM
Rosa’s Ecolodge

08-08-2017 7:51 AM
Air Terjun Selendang Arum

08-08-2017 12:52 AM
Trans Surabaya

18-09-2017 11:02 AM
dermaga mangrove Bama

06-08-2017 8:55 AM
Lapis Surabaya