Berburu Krasikan, Oleh Oleh Manis Asal Purworejo

Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan kulinernya. Ada beraneka ragam jenis makanan yang tersebar dari Sabang hingga Merauke dan setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Purworejo merupakan salah satu daerah yang mempunyai beberapa macam kuliner yang menjadi ciri khas. Salah satu kuliner yang wajib dicoba bila Sahabat berkunjung ke Purworejo adalah Krasikan. Yuk simak lebih lanjut untuk mengetahui kudapan lokal ini.

Apa itu Krasikan Khas Purworejo?

http://2.bp.blogspot.com/-v9xHtuDIT5M/ViBX49XnPbI/AAAAAAAABys/BMAMaNOJg4E/s1600/Resep%2BKrasikan%2BKhas%2BJogja.jpg

Krasikan merupakan salah satu makanan khas dari Kota Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Selain sebagai makanan khas yang sering disajikan pada acara Kenduri, Krasikan juga merupakan jajanan lokal khas dari Kota Muntilan.

Kue ini merupakan jajanan pasar yang cukup terkenal dikalangan masyarakat dari zaman dulu, karena Krasikan merupakan kue turun temurun yang legendaris. Rasanya hampir sama dengan jenang atau kue dodol, akan tetapi kue krasikan ini memiliki tekstur agak kasar. Sehingga saat dimakan rasanya renyah.

Krasikan atau biasa disebut juga dengan jenang krasikan ini berbeda dengan jenis jenang kebanyakan. Sebab, bila jenang memiliki tekstur yang lembut, tekstur yang dimiliki oleh jenang krasikan ini lebih kasar.  Tekstur renyah tersebut berasal dari kacang yang disangrai lalu ditumbuk sehingga membuat rasanya menjadi unik. 

Biasanya, jenang krasikan ini dijual dalam potongan-potongan kecil yang dibungkus sederhana, yakni hanya dibungkus dengan plastik bening saja. Potongan-potongan kecil ini kemudian dikemas ke dalam sebuah wadah. Harga kudapan ini juga relatif terjangkau, biasanya orang Purworejo menjual jenang krasikan dengan harga Rp20.000 hingga Rp40.000 tergantung dari besar kecilnya serta tingkat ketebalannya.

Ketika memasuki lebaran, Jenang Krasikan banyak dijajakan oleh pedagang-pedagang makanan kecil. Kudapan khas ini menjadi salah satu makanan yang sering disajikan saat berkumpul bersama keluarga di rumah. Jika Sahabat ingin mendapatkan Jenang Krasikan tidaklah begitu sulit. Kudapan ini dapat ditemukan di pusat oleh-oleh maupun pasar-pasar tradisional di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

http://oleholehjogja.biz/wp-content/uploads/2017/04/krasikan-1.jpg

Bahan Pembuatan Krasikan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Krasikan cukup mudah untuk ditemukan. Begitu pula dengan cara memasaknya yang terbilang sangat sederhana. Sahabat dapat mencoba resep kue krasikan ini di rumah. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

  1. 300 gram beras ketan

  2. ½ liter santan

  3. 250 gram gula jawa

  4. 1 butir kelapa parut

  5. 1 sendok teh air kapur sirih

Cara pembuatan Krasikan

  1. Rendam beras ketan dengan air kapur sirih selama kurang lebih selama 1 jam, angkat lalu tiriskan.

  2. Lalu sangrai beras ketan hingga kecokelatan..

  3. Tumbuk sampai halus dan sisihkan beras ketan tersebut.

  4. Sangrai kelapa parut hingga kecokelatan, angkat dan tumbuk lagi hingga halus dan berminyak lalu sisihkan.

  5. Rebus gula jawa dan santan hingga mendidih. Saring kemudian masak lagi

  6. Setelah mendidih masukkan kelapa sangrai halus dan ketan tumbuk, aduk hingga kering dan mengental

  7. Taruh dalam Loyang yang telah dialasi dengan daun pisang dan dapatkan adonan kue tersebut, setelah dingin kue krasikan siap dipotong potong dan disajikan

Jenang krasikan berbahan dasar beras ketan yang dicampur dengan gula merah, santan, dan sedikit garam. Tambahan santan dan sedikit garam itulah yang membuat krasikan terasa begitu nikmat, dan nggak eneg bila dimakan walaupun kuliner ini memiliki rasa yang manis. Menarik bukan Sahabat? Yuk, coba membuat dan menikmati kudapan satu ini.

 


Keterangan
Lokasi : purworejo, jawa tengah