Berencana Pergi Liburan ke Bunaken? Baca Beberapa Tips Berikut Ini

Sahabat ingin refreshing setelah aktivitas sehari-hari yang padat? Liburan ke Bunaken bisa menjadi salah satu cara tepat melepas segala penat. Keindahan taman laut yang telah resmi diakui oleh UNESCO sebagai salah satu objek wisata terbaik di dunia ini, akan menghipnotis kamu dengan berbagai biota laut indah yang dimilikinya.

Taman Nasional Bunaken merupakan taman laut yang menjadi habitat sekitar 390 spesies terumbu karang, berbagai jenis ikan, mamalia laut, reptil, moluska, dan mangrove. Untuk mengunjungi tempat wisata yang terletak di Sulawesi Utara ini, ada beberapa tips yang perlu Sahabat ketahui. Penasaran dengan tipsnya? Yuk, langsung simak informasinya di bawah ini!

1. Tahu Waktu Terbaik untuk Liburan ke Bunaken

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Bunaken? Jawabannya adalah antara bulan Mei hingga Agustus. Lho, kenapa nggak bisa sewaktu-waktu liburan ke Bunaken?

Sebenarnya Sahabat bisa datang kapanpun ke Bunaken. Namun, jika berkunjung di antara bulan Mei-Agustus, saat itu air laut sangat jernih dan suhunya lebih hangat. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan jarak pandang yang maksimal ketika menyelam dan mendapatkan pemandangan bawah air yang terbaik.

https://i2.wp.com/2.bp.blogspot.com/-TwECpv-d9Lg/V_erZj5SV3I/AAAAAAAAJNk/GaytRwrdNPsz1gD76DvAubjcFEZ4Fk0EgCLcB/s1600/Bunaken-Lekuan.jpg?ssl=1

Selain itu, bulan Mei-Agustus merupakan waktu bagi flora dan fauna di Bunaken untuk berkembang biak. Kamu bisa menyaksikan beberapa kembang koral yang bermekaran dengan apik. Bahkan, jika beruntung, kamu dapat berjumpa dengan penyu sisik hijau yang naik ke pantai untuk bertelur. Keren, kan?

Karena Mei-Agustus merupakan waktu terbaik untuk liburan ke Bunaken, bisa dipastikan tempat wisata ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Oleh sebab itu, rencanakan liburanmu sejak jauh-jauh hari. Pesan hotel dan akomodasi yang kamu butuhkan sebelum bulan Mei-Agustus, jika kamu tidak ingin kehabisan tempat menginap. Selain itu, harga penginapan dan tiket pesawat jadi lebih mahal saat mendekati bulan Mei.

2. Memperhitungkan Budget untuk Liburan ke Bunaken

Jika Sahabat hendak mengunjungi Taman Nasional Bunaken, jangan lupa mencari tahu biaya-biaya yang dibutuhkan selama berada di sana, ya. Di antaranya, biaya untuk menaiki kapal penyeberangan, biaya untuk snorkeling dan diving, serta biaya untuk menyewa kamera underwater. Bujet untuk semua keperluan itu sebaiknya disiapkan dalam bentuk uang tunai.

Ketika menyewa kapal penyeberangan, Sahabat akan menjumpai berbagai jenis perahu yang ditawarkan dengan harga berbeda-beda. Adapun kisaran harga sewa perahu-perahu tersebut antara Rp700.000 hingga Rp2.000.000, dengan daya tampung hingga 15 orang.

Kebanyakan wisatawan akan memilih Kapal Katamaran karena pada bagian tengah kapal, terdapat kaca besar yang tembus pandang. Para penumpang dapat menikmati indahnya biota laut selama perjalanan menuju Bunaken melalui kaca tersebut.

https://static.limakaki.com/2017/07/menyelam-di-bunaken.jpg

Saat sudah sampai di Bunaken, kamu bisa menjajal snorkeling dan diving. Namun, sebelum menyelam, ada baiknya Sahabat mencari tahu biaya sewa kapal dan alat selam terlebih dahulu. Jika berniat menyewa masker dan kaki katak yang digunakan untuk snorkeling, maka biaya yang dibutuhkan sekitar Rp100.000 hingga Rp150.000. Sedangkan untuk diving, kamu membutuhkan biaya tambahan sekitar Rp1.000.000.

Ketika menyelam, jangan lupa mengabadikan foto Sahabat saat di dalam air, ya. Jika tidak memiliki kamera underwater, kamu bisa menyewa dengan harga mulai Rp200.000-an. Ingin lebih hemat? Bawa kamera sendiri saja, Sahabat. Selain hemat, membawa kamera sendiri juga membuat privasimu lebih terjaga. Kamu nggak perlu takut koleksi foto pribadimu tersebar di jejaring sosial tanpa izin.

3. Menjaga Kebersihan Alam Bunaken

https://static.limakaki.com/2017/10/bunaken-dive.jpg

 

“Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”. Mungkin itu peribahasa yang dapat kamu jadikan pedoman ketika berkunjung ke mana pun. Meski kamu bukan penduduk asli di sekitar Taman Nasional Bunaken, namun kamu tetap memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan tempat wisata tersebut. Jangan sampai taman laut ini mengalami degradasi seperti beberapa waktu silam, ya.

 

Apakah Sahabat sudah tidak sabar menikmati indahnya taman koral di Bunaken? Yuk, segera susun rencana liburan ke Bunaken sekarang juga!


Keterangan
Lokasi : manado, sulawesi utara
Jelajah SULAWESI UTARA

19-07-2017 3:19 AM
Klappertaart

19-07-2017 3:11 AM
Janji Laut Resort

19-07-2017 2:59 AM
Bubur Tinutuan (Bubur Manado)