Ini Dia 5 Makanan Khas Trenggalek Yang Tidak Boleh Sahabat Lewatkan

Trenggalek berada di pesisir sebelah selatan Jawa Timur yang berdekatan dengan Tulungagung dan Ponorogo. Selain tempat wisatanya yang menarik untuk dikunjungi, Trenggalek juga terkenal dengan kulinernya yang lezat. Kuliner-kuliner ini hanya ada di Trenggalek dan nggak bisa ditemukan di daerah lain lho, Sahabat!

Apa saja menu kuliner tersebut dan seperti apa cita rasanya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini, Sahabat!

  1. Nasi Gegog

Jika Sahabat pernah melancong ke Yogyakarta pasti akrab dengan nasi gegog ini. Sajiannya hampir mirip dengan nasi bungkus yang ada di angkringan Yogyakarta, perbedaannya untuk porsi nasi gegog ini sedikit lebih banyak.

https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2018/04/b41612d3a43729321f294246dc1ac308-2c8b5555ab33c431e953787ec8179838_600x400.jpg

Nasi gegog berisi nasi yang ditambahkan teri dan bumbu pada bagian atasnya, kemudian dibalut dengan daun pisang. Setelah itu, bungkusan tadi dikukus sampai bumbunya benar-benar menyatu meresap ke dalam nasi. Rasa bumbunya sangat kuat di lidah, Sahabat. Dijamin Sahabat nggak akan puas menyantap satu porsi saja. Oh iya, di sini Sahabat bisa menambah lauk lain seperti mendoan, tahu atau kerupuk, lho.

2. Ayam Lodho

Kuliner ini wajib dicicipi jika Sahabat mengunjungi Trenggalek. Bukan seperti ayam olahan pada umumnya karena ayam lodho ini memiliki cita rasa khas yang nggak bisa ditemukan di kuliner olahan ayam lainnya. Membuat ayam lodho memerlukan langkah yang nggak sederhana. Ayam yang sudah dibumbui kemudian direbus, lalu dibakar menggunakan bara api.

https://4.bp.blogspot.com/-m55wD8ELAtA/WUuH1xrTJHI/AAAAAAAADWg/rZZiqg3-TxkyyG_ulfgqe84hM6GH58_hQCLcBGAs/s1600/Ayam-Lodho.jpg

Nggak berhenti di situ saja, ayam yang sudah dibakar tersebut akan dibumbui lagi dengan bumbu kuning dan rempah. Nah, sudah terbayang rasanya? Membayangkan cara memasaknya saja sudah bisa bikin ngiler, kan? Dulunya sih kuliner ini hanya disajikan saat hari raya besar Sahabat, namun karena minat pembelinya yang tinggi kini ayam lodho bisa disantap kapanpun, Sahabat..

3. Nasi Goreng Anglo

Berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, pada nasi goreng anglo ditambahkan mie dan sayuran. Di daerah lain sajian ini disebut nasi goreng mawut atau nasi goreng ruwet. Di Trenggalek, kuliner ini sangat terkenal karena memiliki rasa yang lezat. Sebetulnya nggak ada resep rahasianya Sahabat, yang membuat istimewa adalah cara memasaknya yang menggunakan tungku arang.

http://raw.cdn.baca.co.id/ed73a367-b4e1-4c7e-83ec-c37c78845fdb

Aroma dan rasa yang dihasilkan benar-benar khas, berbeda dari nasi goreng yang dibuat di atas kompor biasa. Selain sayur dan mie biasanya penjaja kuliner ini juga menawarkan tambahan bahan lain seperti sosis atau bakso. Bagi Sahabat yang ingin mencicipi kelezatan dari kuliner ini bisa datang ke Stadion Kota Trenggalek. Menurut masyarakat, nasi goreng anglo di sana yang paling enak, lho!

4. Nasi Tiwul

Bagi masyarakat Jawa memang sudah terbiasa dengan kuliner ini terutama di Trenggalek. Kuliner ini terbuat dari ketela pohon yang dijemur kemudian ditumbuk dan dikukus. Rasanya khas dan sedikit memiliki tekstur yang kenyal.

https://3.bp.blogspot.com/-9oH14eNjGeE/V7bvdOPPn9I/AAAAAAAAEpA/hqk8YI4wabQSZNhqKszuedQl6Vw_NqdqACLcB/s640/_20160819_183555.JPG

Biasanya masyarakat Trenggalek menyajikan nasi tiwul ini dengan berbagai macam sayur seperti oseng kangkung, sayur daun pepaya, aneka pilihan mie dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan sekitar Rp2.000,- sampai Rp4.000,- per porsinya untuk nasi tiwul saja. Murah, kan?

5. Tahu Lontong

Liburan ke Trenggalek memang nggak bakal puas tanpa kuliner tahu lontongnya. Bayangkan saja Sahabat, irisan tahu dan lontong yang ditaburi dengan tauge kemudian disiram dengan bumbu kacang yang khas sangat cocok untuk mengisi perut.

https://ngalam.co/wp-content/uploads/2017/04/2017_04_30_Resep_Tahu_Lontong.jpg

Kuliner ini memang terkenal di Trenggalek bahkan banyak penjaja makanan yang menyediakan tahu lontong ini hampir di seluruh sudut kotanya. Jadi nggak perlu susah untuk mendapatkan kuliner ini, ya. Harga yang dipatok untuk satu porsi tahu lontong ini sekitar Rp6.000,- sampai Rp8.000,- saja, sangat murah kan Sahabat?

 

Trenggalek memang wajib dikunjungi terutama bagi Sahabat yang doyan makan. Nggak hanya puas dengan tempat wisatanya namun juga puas dengan kulinernya yang lezat dan beragam. Maka dari itu segera siapkan jadwal cuti untuk berkunjung ke Trenggalek, Sahabat!


Keterangan
Lokasi : trenggalek, jawa timur