Menilik Uniknya Kopi Jos, Kopi Campur Arang Asal Yogyakarta

Yogyakarta memiliki minuman kopi khas yang nggak ada di daerah lain, kopi jos namanya. Jika Sahabat pernah berkunjung ke Yogyakarta kemungkinan Sahabat sudah pernah mendengar tentang kopi jos ini. Sebetulnya apa itu kopi jos dan bagaimana cara membuatnya?

Banyak warung angkringan yang menyediakan kopi jos ini sehingga keberadaannya mudah untuk didapatkan di Yogyakarta. Kopi yang digunakan biasanya dari kopi hitam bubuk. Setelah dicampur dengan gula dan air panas, kemudian arang yang membara pun dimasukkan ke dalam gelas. Seketika air menjadi mendidih dan mengeluarkan banyak asap, Sahabat!

Asal Nama Kopi Jos

Mungkin Sahabat banyak yang bertanya mengapa disebut sebagai kopi jos? Nggak ada asal usul pasti dan siapa pencetus pertamanya. Nama kopi jos ini kemungkinan berasal dari suara “jossss” yang keluar saat arang membara dimasukkan ke dalam kopi. Meski menggunakan arang, para penjual kopi jos ini juga nggak sembarangan menggunakan arang. Mereka hanya menggunakan arang khusus untuk kopi jos sehingga aroma khasnya lebih terasa.

Jika ingin mencoba kopi jos ini, ada rekomendasi kopi jos yang terkenal di Yogyakarta, Sahabat. Tempatnya ada di dekat Jalan Malioboro, yaitu angkringan Lik Man. Angkringan ini sangat terkenal dengan berbagai sajian makanan dan kopi josnya. Ada berbagai makanan pendamping yang bisa Sahabat pesan, seperti jadah/gemblong bakar, aneka sate, aneka gorengan, aneka nasi dan masih banyak lagi.

sumber : goodnewsfromindonesia.com

Jadah atau gemblong bakar menjadi santapan wajib untuk menemani kopi jos. Selain rasanya yang gurih, aroma bakar yang khas sangat pas untuk dinikmati sambil ngopi. Rasakan juga sate keong yang lezat karena bahan utamanya langsung diambil dari persawahan sekitar Yogyakarta.

Setelah puas berbelanja di Malioboro bisa langsung menuju angkringan Lik Man untuk beristirahat sejenak sebelum kembali ke tempat penginapan. Suasana malam yang dingin ditambah dengan hangatnya kopi jos bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan malam di Yogyakarta.

Suasana Malam Kota Yogyakarta yang Bersahabat

Saat nongkrong di angkringan tersebut jangan heran jika banyak pengamen yang datang silih berganti. Namun, berbeda dengan pengamen-pengamen di tempat lain, pengamen di sini akan menyanyikan lagu sampai selesai dan tidak memaksa dalam meminta uang, lho. Selain itu, mereka biasanya mengamen dalam satu grup dengan membawa berbagai instrumen musik, seperti gitar, kendang bahkan biola. Mau request lagu ke para musisi jalanan ini juga bisa, lho, Sahabat!

Sumber : jadiberita.com

Dari beberapa informasi, kopi jos ternyata memiliki filosofinya tersendiri, lho Sahabat! Dari seduhan yang sederhana menghasilkan kenikmatan khas yang tak bisa ditemukan di tempat lain. Arang panas yang merah menyala sebagai perlambang tamu yang datang membawa beban pikiran.

Kemudian dicampurkan dengan kopi lokal sebagai makna dari Yogyakarta sendiri. Nah, filosofi ini yang membuat banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta pasti akan kembali ke daerah asal dengan pikiran yang sudah damai. Itulah filosofi dari kopi jos tersebut, Sahabat.

 

Nah, itu tadi informasi tentang kopi jos Yogyakarta. Tentunya jika sedang berlibur di Yogyakarta wajib mampir ke sini ya Sahabat! Yuk, telusuri setiap sudut Yogyakarta dan temukan berbagai keseruan lainnya!


Keterangan
Lokasi : yogyakarta, di yogyakarta
Jelajah DI YOGYAKARTA

10-08-2017 9:22 AM
Sate Klathak Pak Pong

15-11-2017 11:09 PM
Trip to Jogja

10-08-2017 10:40 AM
Bakpia