Ingin Menjelajahi Kota Bukittinggi dalam Sehari? Yuk, Ikuti Langkah Ini agar Puas!

Kota Bukittinggi selalu menarik untuk dijelajahi. Berbagai tempat yang terkenal dan indah menunggu untuk dikunjungi. Bagaimana jika Sahabat hanya memiliki waktu sehari untuk menjelajahi Bukittinggi? Jangan khawatir. Sahabat bisa menyimak langkah-langkah ini agar bisa puas menikmati keindahan kota yang terkenal dengan jam gadangnya ini.

  1. Melihat Ngarai Sianok dari Taman Panorama

Sumber : sonydude/flickr

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi Taman Panorama. Taman Panorama merupakan salah satu ikon wisata yang sangat terkenal di Kota Bukittinggi. Datanglah saat pagi hari, Sahabat.

Dari taman ini, kamu bisa melihat tebing yang berbentuk menyerupai tembok raksasa yang tinggi menjulang atau yang dikenal dengan Ngarai Sianok. Dari taman ini juga kamu akan terkagum-kagum memandangi keindahan tebing yang dikelilingi pepohonan hijau dan diselimuti awan.

  1. Melewati Jembatan Limpapeh

Sumber : artalentallealle

 

Destinasi selanjutnya adalah berjalan melewati Jembatan Limpapeh. Jembatan ini merupakan jembatan gantung yang memiliki panjang sekitar 90 meter. Jembatan ini berlokasi melintang di atas Jl. Ahmad Yani, Kota Bukittinggi. Jembatan Limpapeh menghubungkan Benteng Fort de Kock dan Taman Margasatwa.

Taman Margasatwa merupakan kebun binatang yang memiliki koleksi hewan yang paling lengkap di Sumatera. Sedangkan Benteng Fort de Kock merupakan benteng bersejarah yang menjadi markas Belanda saat Perang Paderi yang terjadi pada tahun 1821 sampai 1837.

  1. Berfoto di Great Wall Koto Gadang

Sumber : merdeka.com

 

Destinasi selanjutnya yang bisa kamu datangi adalah Great Wall Koto Gadang. Untuk bisa mencapai puncak great wall, kamu harus mendaki. Sesampai di great wall jangan lupa mengabadikan kegiatan kamu dengan berfoto.

Great Wall Koto Gadang awalnya merupakan jalan yang dilewati oleh penduduk setempat. Kemudian, ide membangun miniatur tembok besar yang menyerupai Tembok Besar Cina muncul. Great Wall Koto Gadang ini memiliki panjang mencapai 1 km dan menghubungkan Kota Bukittinggi dan Agam.

  1. Mengunjungi Istana Bung Hatta

Sumber : wikimedia

 

Masih berhubungan dengan tempat wisata sejarah, Kota Bukittinggi memiliki Istana Bung Hatta. Istana ini sangat cocok untuk dikunjungi terutama buat kamu yang menyukai tentang sejarah. Di sini kamu bisa melihat langsung koleksi barang-barang peninggalan milik salah satu bapak proklamator Indonesia, Bung Hatta.

  1.    Makan Siang Nasi Kapau

Sumber : Indonesiakaya.com

 

Setelah puas mengunjungi Istana Bung Hatta, waktunya istirahat makan siang. Jika kamu berkunjung ke Kota Bukittinggi, kamu harus mencicipi makanan khas Minang, nasi Kapau.

Nasi Kapau biasanya dimakan dengan satu pilihan lauk. Kamu tinggal memilih ingin makan nasi kapau dengan olahan ayam, ikan, daging, atau hidangan khas Kapau, rendang ayam. Nasi kapau ini bisa kamu temukan di sekitar Jam Gadang atau di pusat kota. Harganya pun terjangkau.

  1. Berbelanja Oleh-Oleh Khas Bukittinggi di Pasar Ateh

 

Setelah makan siang, kamu bisa berbelanja oleh-oleh khas Kota Bukittinggi di Pasar Ateh. Pasar Ateh ini juga dikenal dengan Pasar Atas. Pasar ini sangat ramai karena merupakan pusat niaga yang paling ramai di kota ini.

Kamu bisa memilih berbagai macam oleh-oleh untuk dibawa kepada keluarga dan sahabat. Kamu bisa membeli keripik balado sanjai, kaos bergambar jam gadang dan rumah khas Minangkabau, jilbab sulaman buatan tangan perajin lokal, dan lain-lain. Tentu saja kamu harus menawar harganya agar dapat memborong banyak oleh-oleh.

  1. Nikmati Senja di Jam Gadang Bukittinggi

 

Tutup perjalanan Anda dengan mengunjungi ikon terkenal Kota Bukittinggi, Jam Gadang. Menjelang sore, jam gadang ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan dan juga penduduk lokal. Kamu bisa berfoto di latar Jam Gadang sambil menikmati senja. Jam Gadang juga terlihat indah, loh, saat malam hari. Lampu-lampu hias menghiasi Jam Gadang dan sekitarnya.

 

Nah, Sahabat, ternyata kamu bisa menjelajah Kota Bukittinggi dalam satu hari. Segera rencanakan perjalanan kamu ke kota ini. Jangan lupa ajak teman atau keluargamu, ya!


Keterangan
Lokasi : bukittinggi, sumatera barat