Sering Dikira Merek Luar, Ternyata 6 Merek Ini Asli Indonesia Loh

Produk dalam negeri sebetulnya memiliki kualitas yang bisa bersaing dengan produk luar negeri. Bahkan, beberapa merek asli Indonesia bisa menembus pasar kelas dunia. Banyak orang salah mengira jika merek yang mereka gunakan selama ini merupakan produk asli dari Indonesia. Hal ini memang lumrah karena merek-merek tersebut mengambil tema luar negeri sehingga masyarakat kerap menganggapnya sebagai produk dari luar negeri.

Yuk, intip apa saja sih merek lokal yang sering dikira sebagai merek luar negeri oleh masyarakat Indonesia. Simak daftar lengkapnya di bawah ini, Sahabat!

  1. J.CO Donuts & Coffee

https://66.media.tumblr.com/004ffe9bfc70aeaff8f255af92f1ded2/tumblr_inline_p06brpvyzn1v3b6p4_640.jpg

Salah satu kedai donat paling terkenal di Indonesia, bahkan pembelinya rela antri berjam-jam di kala mereka mengadakan promo. Pasti Sahabat nggak menyangka jika J.CO Donuts & Coffee asli dari Indonesia?

Berdiri pertama kali pada tahun 2005 silam oleh seorang penata rambut profesional, Johnny Andrean. Sampai sekarang ini, J.CO Donuts & Coffee memiliki puluhan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri.

2. CFC

http://www.cfcindonesia.com/media/kcfinder/images/product/family/cfc-boks-1.jpg

Banyak yang mengira jika CFC berasal dari negeri Paman Sam. Faktanya adalah restoran cepat saji ini asli dari Indonesia. Pertama kali didirikan pada tahun 1983 di Jakarta dengan naungan PT Pioneerindo Gourmet International Tbk. Dari tahun itulah CFC ini sukses menyebarluaskan bisnisnya ke seluruh penjuru Indonesia. Restoran cepat saji dengan menu andalan berupa ayam goreng yang lezat ini tentu mudah mendapatkan hati masyarakat Indonesia

3. Excelso Coffee

https://upload.crazfood.com/profile_photos/1/170330083225

Bagi Sahabat yang sering nongkrong di Mall pasti tahu Excelso Coffee, kan? Harganya memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan cafe biasa, namun kualitas yang dihadirkan berkelas premium. Bahkan Excelso Coffee sekarang ini sudah membuat produk kopi sendiri yang dijual di banyak supermarket. Nah, ternyata Excelso Coffee ini asli dari Indonesia, lho! Pertama kali Excelso Coffee ini berdiri pada tahun 1991 di Plaza Indonesia, Jakarta sebelum Starbucks mulai masuk ke Indonesia.

4. Sophie Paris

https://uploads-ssl.webflow.com/5abcd7bde4f32a4c04a646ad/5abdd48eed72f8c5174b0532_logo-sophieparisV2.png

Nah merk ini tentu nggak asing lagi di telinga Sahabat, kan? Sophie Paris dikenal sebagai merek fashion terutama bagi kaum hawa. Siapa yang mengira jika pembuatnya adalah orang Indonesia walau sebelumnya berkebangsaan Perancis.

Bruno Hasson dan Sophie Martin keduanya mulai tinggal di Indonesia pada tahun 1995, sebelumnya Sophie merupakan desainer tas tangan dari Christian Dior. Dari pengalaman inilah merk Shopie Paris mulai dirintis. Berawal dari promosi mulut ke mulut kemudian berkembang menjadi jaringan usaha yang sangat luas bahkan sampai ke luar negeri, lho Sahabat!

5. Hokben

https://www.hokben.co.id/assets/uploads/menu/d7f81-bs4.jpg

Restoran cepat saji ala Jepang ini tentu membuat masyarakat Indonesia sendiri nggak percaya kalau ternyata asli dari Indonesia. Hokben pertama kali berdiri pada tahun 1985 oleh Hendra Arifin.

Restoran ini berada di bawah naungan PT Eka Bogainti yang sampai sekarang ini masih beroperasi di banyak kota besar di Indonesia. Hendra sendiri belajar dan riset tentang kuliner khas Jepang sehingga memutuskan untuk membuat restoran ala Jepang ini di Indonesia.

6. Nexian

https://media.pricebook.co.id/images/product/L/20506_L_1.jpg

Banyak orang di Indonesia yang menganggap kalau handphone dengan harga yang murah pasti buatan Tiongkok. Namun, nggak berlaku buat handphone merek Nexian ini, Sahabat. Nexian ternyata buatan dalam negeri dan asli produk Indonesia. Bahkan pada tahun 2010 lalu Nexian mendapat penghargaan, yaitu The Best Local Brand versi Golden Ring Award. Mengejutkan, kan?

 

Jika melihat dari daftar merek tersebut tentu Sahabat makin bangga dengan Indonesia, bukan? Masih banyak merek asli Indonesia lainnya yang terkenal hingga ke mancanegara. Maka dari itu tetap gunakan produk-produk asli Indonesia, ya!


Keterangan
Lokasi : jakarta pusat, dki jakarta