Mengenal Pali Pali Yang Menjadi Makanan Kesukaan Sultan Ternate

Hai, Sahabat. Sahabat pernah dengar nggak nama makanan Pali-paliNah, makanan khas Ternate ini ternyata hidangan spesial untuk kerajaan lho. Kalau Sahabat mendengar sebuah nama kuliner yang ditujukan untuk Sultan, pasti terlintas di benak Sahabat makanan yang lezat, look yang menarik dan mewah. Apakah Sahabat penasaran seperti apa sih makanan Pali-pali yang akrab banget di lidah Sultan Ternate ini? Yuk, simak informasi lengkapnya di artikel ini!

Pali-Pali, Makanan Berkelas di Kesultanan Ternate

https://ksmtour.com/media/images/articles13/pali-pali-khas-ternate.jpg

Pali-pali adalah salah satu makanan khas dari Ternate, bahkan menjadi salah satu menu favorit para Sultan di Ternate. Tidak semua orang Ternate bisa membuat Pali-pali lho. Karena konon katanya, pemasaknya diseleksi terlebih dahulu dan dipilih sendiri oleh Sultan. Menariknya adalah jika terpilih akan ditugaskan secara turun temurun untuk menyajikan ini. Jika zaman sekarang ada yang bisa memasaknya Pali-pali, tentu cita rasanya berbeda dengan olahan turunan yang sudah ditunjuk Sultan dulu.

Orang Ternate banyak yang berbondong-bondong memadati area kerajaan pada saat acara besar kesultanan.Kenapa? Ternyata selain ingin melihat Sultan, mereka juga ingin menikmati Pali-pali yang biasanya di masak dalam acara-acara besar. Bagi rakyat Ternate, Pali-pali merupakan makanan sakral yang kemunculannya selalu di nanti ketika acara-acara khusus Kesultanan.

Selain itu, untuk membuat Pali-pali seseorang harus mendapatkan restu dari keluarga Kesultanan yang biasanya berlaku secara turun-temurun.

Pali-Pali Bentuknya Mirip Dengan Lontong, Tetapi Pembuatannya Mirip Seperti Memasak Ketupat

https://www.indonesiakaya.com/uploads/_images_gallery/Pali-Pali_yang_siap_dihidangkan_(2).JPG

 

Pali-Pali ini seperti ketupat berbentuk lonjong, dan kalau Sahabat melihat makanan ini pasti sepintas mirip lontong. Walaupun bentuknya mirip seperti lontong tetapi cara pembuatannya beda loh, lebih mirip seperti membuat ketupat.

Jika Sahabat membuat ketupat dengan memasukkan beras yang sudah ditiriskan ke dalam anyaman ketupat. Nah sama hal nya dengan membuat Pali-pali ini, bahan beras dimasukkan ke dalam anyaman daun lontar tanpa dicampur bahan yang lain, lalu Pali-pali di bentuk lonjong memanjang.

Dalam membuat Pali-pali ini memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam. Untuk cita rasa Pali-pali bisa di bilang unik karena rasa yang muncul dari beras yang sudah dikukus tercampur dengan pembungkusnya, yaitu daun lontar. Maka rasa yang dihasilkan akan berbeda dari lontong pada umumnya.

Makanan Yang Langka dan Perlu dilestarikan Kembali

Jika saat hari raya ketupat di kombinasi dengan ayam, daging atau telur agar rasanya lebih nikmat, sama hal nya dengan Pali-pali bisa ditambah dengan lauk gohu ikan atau olahan ayam berkuah santan sebagai pelengkapnya. Kebayang kan enaknya seperti apa ? Karena kehadiran nya sejak semula sudah langka.

Pali-pali juga jarang ditemukan di daerah kelahirannya sendiri, Ternate, di Maluku Utara. Makanan ini hanya hadir saat acara-acara khusus saja, karena nggak banyak yang bisa membuatnya. Nggak mau dong makananan seenak ini, tiba-tiba hilang begitu saja? Nah, makanya sudah selayaknya kita jaga bersama dan lestarikan, mengingat semakin banyaknya pengaruh kuliner instan dan modern yang mulai menggeser kuliner nusantara Indonesia.

Jika Sahabat berlibur ke Ternate, semoga Sahabat bisa berkesempatan makan Pali-pali ya!

 


Keterangan
Lokasi : ternate, maluku utara
Jelajah MALUKU UTARA

16-08-2017 6:49 AM
GOHU IKAN (SASHIMI TERNATE)

16-08-2017 6:50 AM
SAYUR GARU

16-08-2017 7:00 AM
Pantai Pasir Putih Ternate