Pantai Ora, Maladewa-nya Indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, tak heran bila Indonesia memiliki banyak pantai cantik nan memesona. Deretan nama pantai seperti Pantai Kuta, Pantai Bunaken, dan Pantai Senggigi pasti sudah tak asing di telinga Sahabat, bukan?

Tapi, ada satu lagi nih, pantai berpasir putih dengan pesona luar biasa yang wajib Sahabat tahu. Ya, dia adalah Pantai Ora. Terkenal dengan keindahan bawah laut dan alamnya membuat Pantai Ora layak disebut sebagai Maladewa-nya Indonesia.

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Ora

Pantai Ora berlokasi di Desa Saleman, Seram Utara, Maluku Tengah. Untuk menuju lokasi, ada dua alternatif yang bisa Sahabat pilih, yaitu melalui jalur laut atau jalur darat.

Jika memilih jalur laut, Sahabat bisa menggunakan angkutan umum dari Bandara Patimura menuju Pelabuhan Tulehu. Lalu, lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Amahai (Masohi) menggunakan kapal cepat seharga Rp150.000,00 untuk VIP dan Rp92.000,00 untuk ekonomi. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai Pelabuhan Amahai yaitu sekitar 2 jam.

Sesampainya di Pelabuhan Amahai, Sahabat harus melanjutkan perjalanan menuju Desa Sawai menggunakan angkutan umum dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Kemudian, dari Desa Sawai ke Pantai Ora menyeberang dengan kapal motor selama 10 menit. Nah, tibalah Sahabat di Pantai Ora.

Berbeda dengan jalur laut, waktu perjalanan melalui jalur darat terbilang cukup lama yaitu sekitar satu hari satu malam, sehingga jalur ini jarang digunakan oleh wisatawan. Keuntungan menggunakan opsi ini ialah Sahabat tak perlu berganti-ganti alat transportasi. Cukup dengan menyewa mobil seharga Rp800.000,00 hingga Rp1.000.000,00 tergantung negosiasinya.   

Akomodasi di Pantai Ora

http://www.island-escapes.com/resorts/kia-ora-resort/

Pantai Ora hanya memiliki satu resor, yaitu Ora Beach Eco Resort dengan enam buah cottage di dalamnya. Biaya sewa resor tidak dihitung per kamar melainkan per orang, lho. Kisaran harganya antara Rp 1.000.000,00 - Rp 1.500.000,00 per hari dan bisa berubah sesuai musim. Karena tingginya jumlah pengunjung, sebaiknya hubungi pengelola terlebih dahulu untuk pemesanan cottage.

Ora Beach Eco Resort

Jalan Raya Waitatiri Ambon, Maluku

Telepon: 0922-362717

Alvin Latuconsina: 08170833554 / 08111909404

Email: orabeachresort@yahoo.com

Kegiatan Seru yang Bisa dilakukan di Pantai Ora

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Sahabat coba selama berada di Pantai Ora. Ini dia ulasannya:

Snorkling dan diving

http://lidibiru67.com/jejak-wisata/taman-nasional-manusela-terindah-di-indonesia/

 

Dua kegiatan ini menjadi agenda wajib ketika Sahabat berlibur ke sini. Tak perlu menyelam terlalu dalam, hanya 2-3 meter, Sahabat sudah bisa menjumpai berbagai macam terumbu karang dan warna-warni ikan.

Menikmati pemandangan Taman Nasional Manusela

http://lidibiru67.com/jejak-wisata/taman-nasional-manusela-terindah-di-indonesia/

 

Berada di kawasan yang sama, ada perbukitan hijau dari Taman Nasional Manusela yang dapat Sahabat nikmati dengan berkeliling menggunakan kapal bermotor.

       Menyusuri Sungai Salawai

https://kurniawaniskandar.wordpress.com/2015/02/16/ora-beach-sepotong-surga-dunia-yang-tersembunyi-di-maluku/

 

Sembari menikmati keindahan Sungai Salawai, proses pengolahan sagu adalah hal menarik lainnya yang bisa dijumpai selama perjalanan. Terlebih, semua pemandangan tersebut dipercantik dengan banyaknya kupu-kupu yang beterbangan.

Trekking

http://wisatawanalam.blogspot.co.id/2014/08/keindahan-alam-yang-memukau-di-taman.html

 

Selain pantai, Sahabat dapat mencoba trekking menyusuri keasrian hutan di Sawai. Ada penangkaran burung kakatua dan nuri, goa, dan air terjun yang dapat dikunjungi selama berada di dalam hutan.

 

Bagaimana Sahabat? Sudahkah Pantai Ora masuk ke dalam daftar liburan Sahabat tahun ini?

 


Keterangan
Lokasi : maluku tengah, maluku
Jelajah MALUKU

19-07-2017 2:51 AM
Roti Kering Kenari

19-07-2017 2:29 AM
Rumah Pohon Waai

19-07-2017 2:26 AM
Air Panas Negeri Tulehu