Pulau Dua Balantak Balantak, Surga Tersembunyi yang Menyajikan Keindahan Alam di Sulawesi

Apakah Sahabat pernah mendengar nama Pulau Dua Balantak? Jika belum, terutama Sahabat yang mempunyai hobi travelling perlu membaca artikel ini karena Pulau Dua Balantak merupakan tempat dimana terbentang keindahan alam Indonesia yang luar biasa. Gambaran kecil tentang indahnya Pulau Dua Balantak dapat dilihat dalam foto yang berhasil diabadikan oleh akun @andrez_lasampa yang masuk dalam 50 foto terbaik di Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Pulau Dua Balantak, yuk simak penjelasannya.

Letak dan akses ke Pulau Dua Balantak

Pulau Dua Balantak adalah sebuah pulau yang termasuk dalam provinsi Sulawesi Tengah. Lebih tepatnya daerah Luwuk, Banggai. Pulau Dua Balantak terbilang cukup jauh dari perkotaan sehingga memerlukan waktu ekstra untuk sampai di Pulau Dua Balantak. Namun jangan khawatir Sahabat karena jalan menuju Pulau Dua Balantak sudah bagus.

 

Untuk menuju ke Pulau Dua Balantak Sahabat bisa berangkat dari bandara Luwuk atau Kota Palu dengan mobil. Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk menuju ke kawasan Belantak sebelum Sahabat harus menyebrang dari pelabuhan terdekat. Dibutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk menyebrang ke Pulau Dua Balantak. Meskipun perjalanan terasa melelahkan, semua akan terbayar lunas saat Sahabat tiba di Pulau Dua Balantak.

Pulau Dua Balantak menyajikan perpaduan alam yang sempurna

Sumber : travelingyuk.com

 

Setelah melewati perjalanan panjang, sekarang saatnya Sahabat menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Pulau Dua Balantak. Sahabat akan dibuat terpesona dengan indahnya bukit yang ditutupi oleh rerumputan hijau yang asri. Selain itu, Sahabat bisa menyusuri bukit karena sudah tersedia jalan setapak yang membelah bukit menjadi dua bagian. Lebih spesialnya lagi, dari kejauhan akan terlihat laut biru yang tenang dengan hembusan angin yang sejuk. Sepertinya segala kepenatan di perkotaan bisa terlupakan sejenak saat Sahabat berada di Pulau Dua Balantak.

Spot snorkeling dengan kekayaan alam bawah laut yang eksotis

Sumber : beritagar.com

 

Tidak hanya keindahan alam daratan saja, Pulau Dua Balantak juga mempunyai kekayaan alam bawah laut yang luar biasa. Bagi Sahabat yang mempunyai hobi snorkeling, jangan sampai untuk melewatkan spot snorkeling yang satu ini. Sahabat akan dibuat terkejut dengan keindahan dari terumbu karang yang masih alami dan eksotis. Tidak hanya itu, jenis hewan laut yang ada juga sangat beraneka ragam.

Spot sunrise yang tidak boleh dilewatkan

Nah, ini dia hal yang wajib Sahabat lakukan saat berada di Pulau Dua Balantak. Melihat sunrise. Ada satu bukit bernama Bukit Lukapan yang menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise. Jadi, Sahabat perlu bersiap di pagi hari karena waktu yang paling pas untuk melihat sunrise di Bukit Lukapan sekitar jam 5 pagi. Namun, dijamin Sahabat akan dibuat tercengang dengan indahnya sunrise di atas Bukit Lukapan.

 

Jadi, Apakah sudah terbayang betapa bagusnya Pulau Dua Balantak? Oleh karena itu, jangan lupa masukan Pulau Dua Balantak sebagai destinasi wajib saat sedang berkunjung ke Pulau Sulawesi ya Sahabat!


Keterangan
Lokasi : banggai, sulawesi tengah