Ketahui Yuk Keunikan Dari Tradisi Gentong Haji Asal Cirebon

Indonesia memiliki beragam tradisi di setiap daerah dan masih banyak yang bertahan hingga saat ini. Contohnya di Cirebon, ada tradisi unik yang dilaksanakan saat memasuki bulan haji. Tradisi ini sudah berlangsung sejak zaman dahulu dan masih tetap dilaksanakan hingga saat ini, tradisi ini dikenal dengan nama Gentong Haji.

Lalu, apa yang menjadikan tradisi masyarakat Cirebon ini unik? Yuk, Sahabat simak informasi menariknya di bawah ini!

Minuman Gratis di Depan Rumah

Gentong haji dilakukan saat ada salah seorang anggota keluarga yang menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci. Pihak keluarga yang ditinggalkan oleh orang yang melaksanakan ibadah haji tersebut kemudian menyediakan sebuah gentong di depan rumahnya. Yang menjadikan tradisi ini unik karena gentong tadi diisi dengan air minum dan boleh diminum bagi siapapun yang ingin meminumnya.

Gentong Haji dihadirkan dengan cara yang sederhana, gentong ditutup dengan tudung saji dari anyaman bambu dan ditaruh alat pengambil air menyerupai gayung yang terbuat dari batok kelapa. Gentong Haji biasanya ditemani dengan beberapa buah gelas untuk minum air bagi orang yang melintas di depan rumahnya. Bahkan, airnya diperbolehkan juga untuk mencuci muka, Sahabat.

http://hajiumrahnews.com/wp-content/uploads/2018/08/gentong-haji.jpg

Gentong yang disediakan terbuat dari tanah liat dan merupakan penanda bahwa pemilik rumah sedang menjalankan ibadah haji. Setiap harinya gentong tersebut diisi dengan air minum oleh pihak keluarga. Hal ini memiliki arti untuk sedekah dan diharapkan anggota keluarga yang sedang menjalankan ibadah haji senantiasa diberikan ketenangan dan rasa adem selama berada di Tanah Suci.

Nggak hanya bagi pemilik rumah yang sedang menunaikan ibadah haji, Gentong Haji juga memiliki tujuan yang baik bagi peminumnya. Menurut keyakinan masyarakat, bagi yang meminum air di gentong tersebut diharapkan mendapatkan keberkahan dan bisa mengikuti jejak pemilik rumah yang sedang berangkat ke Tanah Suci.

Gentong Diganti Dengan Air Galon

Meskipun tradisi gentong haji ini masih bertahan hingga kini, banyak masyarakat Cirebon yang mulai menggantikan gentong tanah liat dengan air galon atau air mineral kemasan. Hal ini dilakukan karena air kemasan dianggap lebih praktis untuk diminum dan mudah dibawa kemana-mana.

Menurut masyarakat setempat, tradisi ini merupakan hasil dari asimilasi beberapa budaya yang berbeda. Kemudian melahirkan tradisi gentong haji yang menjadi kearifan lokal di daerah Cirebon.

https://cdn.sindonews.net/jabar/images_article/original/gentong-haji2.jpg

Nggak Hanya Dilakukan Pada Musim Haji

Meskipun memiliki nama Gentong Haji, ternyata tradisi ini nggak hanya dilakukan pada musim haji saja, lho. Terkadang ada juga pemilik rumah yang ingin bersedekah dengan cara gentong haji dengan menyediakan minuman gratis di depan rumahnya. Namun, tradisi ini tetap jamak dilakukan saat musim haji, ya.

 

Nggak heran jika Sahabat datang ke Cirebon saat bulan haji, pasti bisa melihat secara langsung tradisi Gentong Haji ini. Jadi, mau berkunjung ke Cirebon kan, Sahabat?


Keterangan
Lokasi : cirebon, jawa barat
Jelajah JAWA BARAT

06-08-2017 9:23 AM
Mochi Sukabumi

22-07-2017 12:46 PM
Pantai Santolo

16-11-2017 4:14 AM
Bordir Kawalu

06-08-2017 9:01 AM
BUBUR AYAM ODEON