Tuak, Minuman Khas Batak yang Mempunyai Segudang Manfaat

Apakah kamu pernah mendengar minuman bernama tuak, Sahabat? Minuman ini bisa ditemukan dengan cukup mudah di Tanah Batak. Tuak sendiri adalah hasil fermentasi dari nira, beras serta buah-buahan yang mengandung gula. Tuak sendiri adalah minuman yang mengandung alkohol dalam kadar yang sangat rendah, bahkan lebih rendah dari bir, lho.

Tuak sendiri dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan umum yang ada pada tuak, antara lain vitamin, protein, karbohidrat, mineral, fosfor hingga kalsium. Nah, dengan kandungan-kandungan baik tersebut, tuak juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit, Sahabat. Mau tahu apa saja khasiat dari tuak untuk kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini, ya

Menurunkan Kadar Gula Darah Penyandang Diabetes

Siapa yang menyangka jika minuman tradisional ini memiliki khasiat yang sangat baik, terutama bagi penyandang diabetes. Ya, kadar gula darah seorang pengidap diabetes bisa diturunkan dengan mengonsumsi tuak secara teratur, lho. Mengonsumsi tuak secara teratur dalam dosis yang rendah sangat baik untuk menjaga kadar gula darah Sahabat tetap rendah.

Membuat ASI Lebih Lancar

Tuak yang dikonsumsi oleh ibu dalam masa menyusui juga akan memberikan manfaat tersendiri. Tuak akan memberikan berbagai nutrisi yang akan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari ASI yang dihasilkan oleh ibu. Selain itu, tuak juga berfungsi untuk memberikan perlindungan pada kondisi ASI yang dihasilkan oleh ibu sehingga kualitas ASI yang didapatkan bayinya tidak akan turun.

Melancarkan Pencernaan dan Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang sering terjadi pada banyak orang. Namun, tahukah Sahabat jika sembelit dan pencernaan tidak sehat bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi tuak? Ya, tuak sendiri saat dikonsumsi akan berfungsi hampir sama dengan sayur-sayuran dalam membantu melancarkan buang air besar. Jangan khawatir saat sedang sembelit, ya!

Sumber: Indra Hermawan.Photographer.2016

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Usia yang semakin bertambah akan memberi dampak juga pada tulang dan gigi kita. Biasanya, masalah yang kerap kali muncul adalah tulang dan gigi yang makin keropos dan rapuh. Nah, salah satu cara untuk mencegah pengeroposan tulang dan gigi adalah dengan mengonsumsi tuak secara rutin dalam dosis yang rendah, Sahabat. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam tuak akan membantu Sahabat dalam menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Menurunkan Demam Tinggi

Jika biasanya demam dapat diatasi dengan mengompres bagian kening, ternyata tuak juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit ini, lho. Caranya adalah dengan memberikan tuak pada orang yang sedang menderita demam untuk diminum. Kandungan yang ada di dalam tuak akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga demam akan segera turun.

Well, di atas adalah beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh minuman yang berasal dari Batak ini. Nah, jangan meragukan kemampuan tuak dalam menjaga kesehatan tubuh, ya, Sahabat!


Keterangan
Lokasi : karo, sumatera utara
Jelajah SUMATERA UTARA

23-07-2017 12:49 PM
Taman Bermain Hillpark Sibolangit

23-07-2017 12:46 PM
Mie Pangsit Tiong Sim Medan

23-07-2017 12:50 PM
Ricky Car Rental

23-07-2017 1:00 PM
Rumah Bolon