Yuk Borong Oleh-Oleh di Beberapa Tempat Wisata Belanja di Pulau Jawa

Belanja selalu menjadi agenda wajib yang harus ada ketika Sahabat sedang berlibur bukan?  Oleh karena itu, setiap kota wisata pasti memiliki ikon tempat wisata belanja yang selalu sukses membangkitkan gairah siapa saja untuk berburu oleh-oleh khas daerah tersebut. Ini dia 5 tempat wisata belanja terkenal di pulau Jawa yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dan bisa Sahabat jadikan destinasi.

1. Malioboro, Yogyakarta

Surga belanja di Yogyakarta sudah pasti Malioboro. Bagaimana tidak, ratusan pedagang siap menyambut saat Sahabat berkunjung ke ruas jalan yang legendaris ini. Sahabat akan menemui pedagang yang menjajakan barangnya di toko-toko dan ada juga yang berjualan di emperan kaki lima.

Barang yang dijual pun beragam bentuknya. Di sepanjang jalan Malioboro misalnya, Sahabat bisa dengan mudah menjumpai oleh-oleh seperti batik, kaos, aksesoris, hingga kuliner khas Yogyakarta, yaitu gudeg dan bakpia.

2. Pasar Klewer, Solo

Sama seperti Yogyakarta, Solo juga tak bisa lepas dari oleh-oleh bernama batik. Bila Sahabat merupakan pencinta batik, coba berkunjung ke Pasar Klewer. Pasar yang terkenal sebagai pusat tekstil dan batik terbesar di Indonesia ini menawarkan beraneka barang berhias batik seperti kemeja, sprei, pakaian anak-anak, dan mukena batik.

Harga barang yang dijual pun cukup terjangkau. Mulai dari puluhan hingga ratusan ribu yang bisa dipilih sesuai minat Sahabat. Sembari berburu batik, Sahabat juga bisa mencicipi kue dan olahan makanan khas Jawa yang juga dijual di Pasar Klewer.

3. Dago, Bandung

 

Sumber: Indonesia Tourizm

Selain wisata alamnya yang banyak, Bandung juga punya tempat wisata belanja yang terkenal. Ya, kawasan itu bernama Dago. Jejeran factory outlet yang ada di Dago ini menawarkan berbagai jenis produk mulai dari jaket, baju, hingga kemeja. Kalau Sahabat hobi mengoleksi kaos distro, di jalan Dago juga ada banyak distro yang menjual produknya dengan harga terjangkau. Yang tak kalah penting, jajanan khas Bandung juga bisa dibeli di sini, lho.

4. Lawang, Malang

Sumber: panturatrack

Berada di area pintu masuk kota Malang, pasar Lawang seolah tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Produk utama yang dijual di pasar ini adalah sayur dan buah-buahan segar yang dipatok dengan harga murah. Menariknya, ada beberapa jenis buah yang sulit dicari di pasaran, namun Sahabat bisa menjumpainya di sini, lho.

Jika Sahabat ingin membawa oleh-oleh berupa camilan khas Kota Malang seperti keripik buah, keripik tempe, dan sari buah apel, Sahabat bisa membelinya di toko-toko sekitar pasar Lawang yang khusus menjual makanan dan minuman ringan khas Malang.

5. Simpang Lima, Semarang

Sumber: Infowacilia.com

Tak hanya berfungsi sebagai ruang publik, Simpang Lima Semarang juga tumbuh menjadi tempat wisata belanja. Setidaknya, ada 3 tempat perbelanjaan besar yang beroperasi mulai pagi hingga sore. Selain pusat perbelanjaan, Sahabat juga akan menjumpai toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Semarang seperti lumpia, ikan bandeng, kue moci, dan tahu bakso.

Puas berbelanja oleh-oleh, Sahabat bisa mengisi perut di sentra kuliner yang tersebar di pinggiran Simpang Lima. Makanan yang dijual pun beragam. Ada makanan berat, camilan, dan minuman hangat. Semua tersedia di sini.

 

Belanja seringkali membuat seseorang lupa waktu, apalagi bila barang dagangan di tempat wisata belanja tersebut dijual dengan harga terjangkau. Meski begitu, jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan, ya. Hindari membeli barang-barang yang tidak perlu agar anggaran liburan Sahabat tidak meroket nantinya. Selamat berbelanja!

 


Keterangan
Lokasi : yogyakarta, di yogyakarta
Jelajah DI YOGYAKARTA

10-08-2017 9:17 AM
Puri Artha Hotel

10-08-2017 9:33 AM
Narada Tour

10-08-2017 9:26 AM
Jogja Empat Roda