Yuk Kenali Lebih Jauh Mengenai Budaya Suku Toraja

Sahabat tentu mengetahui suku Toraja bukan? Salah satu suku yang paling terkenal di Indonesia ini memiliki pesona alam dan wisata yang luar biasa. Tidak hanya dengan panorama yang indah, budaya dari suku Toraja yang masih kental masih terus dijaga hingga sekarang membuatnya menjadi semakin spesial. Untuk lebih mengetahui apa saja yang menjadi kebudayaan dari suku Toraja, yuk cek artikel di bawah ini.

Asal usul nama Toraja

Suku Toraja merupakan suku lokal yang tinggal di daerah pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan. Nama Toraja dipercaya pertama kali disebutkan oleh suku Bugis Sindereng dan suku Luwu sebagai “To Riaja” dengan arti orang yang mendiami wilayah barat. Namun ada sumber lain yang mengatakan bahwa nama Toraja berasal dari kata “To” Tau yang berarti orang dan “Raya” yang berarti besar dengan makna orang besar atau para bangsawan. Seiring berjalan waktu, dikenal sebagai Toraja dan ditambahkan kata “Tana” yang berarti negeri menjadi Tana Toraja.  

Kebudayaan suku Toraja

Layaknya suku lain, suku Toraja juga memiliki kebudayaan lokal yang beragam dalam beberapa upacara penting seperti pernikahan, kematian dan upacara adat lainnya. Namun upacara yang terbesar bagi suku Toraja adalah upacara kematian. Menurut adat istiadat orang toraja, upacara kematian hanya bisa dilakukan oleh keluarga golongan atas. Semakin kaya orang yang meninggal, upacara kematian akan berlangsung semakin lama. Namun, upacara tidak diadakan sesaat setelah seseorang meninggal, upacara bisa berlangsung berbulan-bulan hingga bertahun-tahun sepeninggalnya seseorang. Hal ini bermaksud untuk memberikan waktu bagi keluarga yang ditinggalkan untuk mengumpulkan uang.

Sumber : Foto kontestan

 

Selain upacara kematian, ada beberapa upacara adat lain yang menjadi bagian dari budaya suku Toraja. Salah satunya adalah budaya seni seperti tarian, kain, pakaian adat atau rumah. Seperti yang berhasil diabadikan oleh akun @Jappapoto saat mengikuti Kompetisi Foto dan Video Sahabat Lokal Adira Finance beberapa waktu lalu. Foto yang memperlihatkan tarian Maganda asal suku Toraja ini berhasil masuk dalam 50 foto terbaik. Tari Maganda merupakan satu dari beberapa tarian khas suku Toraja.

Festival Budaya Toraja

Pemerintah setempat juga tidak main-main dalam mempromosikan budaya Toraja. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan mengadakan festival kebudayaan Toraja bertajuk Toraja International Festival yang digelar setiap tahunnya dan tahun ini festival tersebut akan diadakan pada tanggal 5-8 Juli 2019 mendatang.

 

Festival ini menampilkan beberapa kesenian tradisional Toraja seperti seni tari. Selain tari Magamba yang digambarkan di atas, ada beberapa contoh tari yang lainnya seperti tari Pompang, Manimbong, Madandan, Pagelu yang ditampilkan. Lebih hebatnya lagi, diperkirakan sekitar ribuan wisatawan datang ke tana Toraja untuk menyaksikan langsung acara budaya ini.


Betapa kayanya budaya Indonesia ya Sahabat. Ayo menjadi saksi dari indahnya kebudayaan lokal Indonesia dan bantu lestarikan budayanya!