Konsumen dapat menyampaikan pengaduan/keluhan melalui :
Proses pelayanan pengaduan konsumen adalah sebagai berikut :
Dalam hal Konsumen tidak dapat memenuhi kekurangan dokumen pendukung, maka ADIRA FINANCE akan meminta Konsumen untuk menyampaikan pengaduan berikut dokumen pendukung yang diperlukan secara tertulis melalui email ke customercare@adira.co.id.
Pengaduan Konsumen akan diterima dan dicatat oleh ADIRA FINANCE. Apabila ada dokumen yang harus diserahkan oleh konsumen, maka konsumen dapat menyerahkan dokumen selambat-lambatnya dalam waktu 10 hari kerja sejak pengaduan diterima oleh ADIRA FINANCE.
ADIRA FINANCE akan memberikan konfirmasi penerimaan pengaduan melalui SMS dengan nama pengirim “AdiraFin” yang menginformasikan bahwa pengaduan Konsumen telah diterima.
Berikut SMSnya :
Sahabat xxxxxxxxxxxx pengaduan Anda pd dd/mm/yyyy telah kami terima dg No Tiket xxxxxxxxxxxxx Untuk Prosedur Layanan Pengaduan di adira.id/e/aduan Info 1500511
ADIRA FINANCE berkoordinasi dengan bagian terkait untuk tindak lanjut penyelesaian pengaduan.
Petugas ADIRA FINANCE akan menyampaikan tindak lanjut dan proses penyelesaian pengaduannya kepada Konsumen dengan cara:
Petugas ADIRA FINANCE akan menghubungi Konsumen melalui telepon / whatsapp / email / surat untuk menyampaikan tindak lanjut dan solusi atas pengaduan yang disampaikan.
Konsumen tidak dikenakan biaya apapun dalam menggunakan Layanan Pengaduan.
ADIRA FINANCE berhak untuk menolak menangani pengaduan dalam hal:
Dokumen untuk menyampaikan pengaduan/keluhan adalah sbb :
Pengaduan akan diselesaikan dengan jangka waktu sebagaimana berikut:
Sahabat, pengaduanmu No XXXXXXXXXXXXX masih dalam proses penanganan dgn pihak terkait. Kami mohon penambahan waktu 10 hari kerja guna penyelesaian. Info 1500511
ADIRA FINANCE akan mengirimkan SMS dengan nama pengirim SMS “AdiraFin” yang menginformasikan bahwa pengaduan Konsumen telah diselesaikan.
Sahabat, keluhan Anda No PK xxxxxxxxxxxx, No Tiket xxxxxxxxxxxxx telah diselesaikan. Apabila msh terdapat hal yg ingin disampaikan hubungi Dering Adira 1500511
Konsumen dapat menghubungi Adira Finance melalui Layanan Dering Adira sebagaimana dijelaskan pada jawaban pertanyaan nomor 1.
Konsumen dapat melanjutkan pelaporan pengaduan ke Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) untuk mendapatkan mediasi, arbitrase maupun pendapat mengikat sesuai ketentuan yang berlaku melalui link https://lapssjk.id
KLIK DI SINI
1. Syarat Pengambilan BPKB oleh Customer langsung :
2. Syarat Pengambilan BPKB yang diwakilkan / dikuasakan :
3. Syarat Pengambilan BPKB jika Customer meninggal dunia :
Yang termasuk ahli waris adalah sbb :
Surat keterangan ahli waris (khusus untuk pengambilan BPKB unit mobil)
Catatan : Materai yang berlaku saat ini adalah Rp. 10.000,- atau nilai materai tertinggi yang ditetapkan oleh pemerintah
Dokumen persyaratan pengambilan BPKB untuk Perusahaan atau Badan Usaha :
(khusus untuk seluruh KTP Elektronik (E-KTP) masa berlaku adalah seumur hidup, walaupun pada E-KTP mencantumkan masa berlaku yang sudah lewat (expired), maka masih dianggap berlaku)
Catatan :
Materai yang berlaku saat ini adalah Rp. 10.000,- atau nilai materai tertinggi yang ditetapkan oleh pemerintah
Ya ada, jika :
Catatan :Biaya Penyimpanan BPKB ini berlaku untuk Konsumen yang pembiayaannya disetujui per tanggal 01 November 2013
Biaya transaksi yang belum dibayarkan pada saat pembayaran angsuran di kantor CabangUntuk jumlah biaya tersebut akan diinformasikan oleh Petugas Cabang.Agent CC dapat membuatkan tiket eskalasi ke Cabang terkaitnya
Apakah yang dimaksud dengan biaya administrasi ? Bukti pembayaran terakhir yang menunjukan bahwa nasabah telah melunasi semua kewajiban di Adira
Berapa besar biaya administrasi per transaksinya? Motor Rp7500; Mobil Rp20000 per transaksi.
Sejak kapan biaya administrasi tersebut berlaku? Serentak 18 September 2015 untuk pembayaran seluruh Area Kantor POS di Indonesia
Apakah biaya administrasi tersebut juga dikenakan apabila saya melakukan pembayaran di ATM, EDC, I-Banking/E-Banking? Tidak dikenakan biaya administrasi.
Apabila saya ingin membayar 2 angsuran sekaligus dengan No. PK yang sama, berapa biaya administrasi yang akan dikenakan? Biaya administrasi yang dikenakan Rp8.000,- (karena mendapatkan 2 resi/bukti pembayaran)
Apakah yang dimaksud dengan Payment Point Online Bank (PPOB) PPOB adalah suatu layanan online payment dari ADIRA FINANCE yang bekerjasama dengan Perbankan dan Mitra / Rekanan untuk melayani pembayaran angsuran Nasabah ADIRA FINANCE.
Apakah dengan melakukan pembayaran di Payment Point Online Bank (PPOB), data saya akan langsung meng-update kepada database ADIRA FINANCE? Ya, Setiap pembayaran yang dilakukan melalui Payment Point Online Bank (PPOB) ataupun online payment lainnya (ATM, EDC dan POS) akan langsung dapat meng-update database ADIRA FINANCE.
Dimanakah saya dapat menemukan loket Payment Point Online Bank (PPOB)? Loket Payment Point Online Bank (PPOB) dapat ditemukan di sekitar lokasi domisili nasabah yang memasang spanduk berlogo “ADIRA FINANCE”
Apakah akan dikenakan biaya tambahan jika nasabah membayar lewat PPOB? Ya, Pembayaran melalui PPOB akan dikenakan biaya sebesar Rp 7.500 (Motor) Pembayaran melalui PPOB tidak berlaku untuk pembayaran angsuran Mobil
Apakah saya juga akan mendapatkan bukti pembayaran jika melakukan pembayaran melalui PPOB ? Ya, Setiap pembayaran yang dilakukan Nasabah akan mendapat struk atau bukti pembayaran yang sah yang berisi informasi berupa angsuran, nomor pengesahan dan berlogo “ADIRA FINANCE”
Apakah saya dapat membayar denda di loket PPOB?
Adalah pemungutan bea meterai untuk setiap transaksi pembayaran (yaitu : angsuran, denda, premi asuransi, pelunasan dipercepat, dan sebagainya) yang dilakukan secara langsung kepada petugas Adira Finance dimana akan diterbitkan bukti pembayaran, bea meterai dikenakan untuk pembayaran dengan nominal lebih dari Rp5.000.000, (Lima Juta Rupiah)
Hal ini sesuai dengan adanya UU RI No. 10 tahun 2020 tentang Bea Materai, dimana setiap transaksi pembayaran lebih dari Rp5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) akan dipungut biaya meterai sebesar Rp10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah) dan Adira Finance telah ditunjuk oleh Direktorat jenderal pajak untuk memungut biaya meterai tersebut.
Pemungutan bea meterai efektif berlaku per 1 Maret 2022
Bea meterai yang dipungut adalah bea meterai elektronik dengan nominal Rp10.000,-
Konsumen dibebankan bea meterai sebesar Rp10.000,- pada saat :
Membayar angsuran, denda, premi asuransi, pelunasan dipercepat, dan sebagainya melalui Kasir/Teller dikantor Cabang Adira Finance dengan nominal transaksi lebih dari Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah) dalam satu kuitansi
Tidak, bea meterai hanya dibebankan kepada konsumen saat melakukan pembayaran di Kasir/Teller dikantor Cabang Adira Finance jika nominal yang dibayarkan lebih dari Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah)
Tidak, Channel Pembayaran yang dikenakan bea meterai elektronik melalui Kasir/Teller di kantor Cabang Adira Finance
Untuk bukti bayar meterainya sudah tertera di kuitansi “Bea Materai Lunas” Capture :
Biaya admin berbeda dengan biaya meterai, biaya admin merupakan biaya layanan. Sedangkan biaya meterai ini adalah biaya yang dipungut Adira Finance atas perintah Dirjen Pajak, sesuai dengan ketentuan UU RI No. 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai, dimana setiap transaksi pembayaran lebih dari Rp5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) akan dipungut biaya meterai sebesar Rp10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah), biaya yg disetor konsumen kemudian disetorkan kepada Negara.
Pemungut Bea Meterai adalah pihak yang wajib memungut Bea Meterai yang terutang atas Dokumen tertentu dari Pihak Yang Terutang, menyetorkan Bea Meterai ke kas negara, dan melaporkan pemungutan dan penyetoran Bea Meterai ke Direktorat Jenderal Pajak.
Ya, pada Bulan Februari 2022, Direktorat jenderal pajak menunjuk Adira Finance sebagai salah satu pemungut bea meterai kepada pihak yang terutang (Pihak Yang Terutang adalah pihak yang dikenai Bea Meterai dan wajib membayar Bea Meterai yang terutang yang mana dalam kondisi ini adalah konsumen Adira Finance)
A. Informasi Nilai Sisa Outstanding (OS) Denda pada Pembayaran Angsuran Menggunakan Channel Pembayaran BCA
Apa itu Informasi Nilai Sisa Outstanding (OS) Denda pada Pembayaran Angsuran Menggunakan Channel Pembayaran BCA ?
Adalah informasi sisa nilai denda yang belum dibayarkan oleh konsumen yang akan muncul ketika konsumen melakukan pembayaran angsuran menggunakan channel pembayaran BCA seperti : aplikasi BCA Mobile dan Klik BCA Individu (www.klikbca.com).
Kapan informasi outstanding denda pada channel pembayaran via BCA ini akan muncul?
Informasi tentang outstanding denda (sisa nilai denda yang belum dibayar konsumen) pada channel pembayaran BCA Mobile & Klik BCA Individu, mulai berlaku sejak 19 Juli 2024
Apa perbedaan tampilan sebelum dan sesudah ada Informasi Sisa Outstanding Denda pada channel pembayaran BCA ?
Berikut perbedaan tampilan sebelum dan sesudah ada informasi outstanding nilai denda pada channel BCA Mobile dan Klik BCA :
Apa itu “Sisa OS Denda” yang muncul saat melakukan pembayaran angsuran via Channel BCA ?
Sisa OS Denda adalah besarnya denda yang belum dibayarkan oleh konsumen atau disebut juga dengan denda terhutang.
Jika saya sudah berhasil melakukan pembayaran angsuran dan denda melalui channel BCA, apakah nilai sisa outstanding denda yang muncul akan berkurang sesuai denda yang saya bayarkan?
Benar. Nilai sisa outstanding (OS) denda yang muncul pada bukti pembayaran adalah sebesar nilai sisa denda dikurangi dengan jumlah denda yang dibayarkan saat itu.
Jika saya sudah berhasil melakukan pembayaran angsuran dengan menggunakan channel BCA Mobile atau Klik BCA tetapi nilai sisa denda saya belum berubah, kemana saya bisa menghubungi?
Konsumen dapat menghubungi Layanan Dering Adira Finance melalui :
B. Informasi Nilai Sisa Denda Pada Pembayaran Angsuran di Channel Indomaret
Adalah informasi besarnya nilai denda yang belum dibayarkan oleh konsumen (denda terhutang) yang tertera pada struk pembayaran angsuran Adira melalui Indomaret. Tujuan adanya informasi nilai denda terhutang ini agar Konsumen terinfokan bahwa Konsumen masih memiliki denda terhutang yang belum dibayarkan ke Adira
Informasi tentang sisa denda (besarnya nilai denda yang belum dibayar konsumen) akan muncul pada struk pembayaran angsuran melalui Indomaret mulai 18 Oktober 2024
Benar. Nilai sisa denda yang muncul pada struk adalah jumlah denda yang masih terhutang setelah Konsumen melakukan pembayaran angsuran pada waktu tersebut.
Berikut perbedaan tampilan sebelum dan sesudah ada informasi nilai sisa denda pada struk pembayaran angsuran melalui Indomaret: Data yang muncul pada Struk Pembayaran Angsuran via Indomaret mulai 18 Oktober 2024, terdiri dari sbb: - Merchant/Biller (Nama perusahaan pembiayaan) - No Kontrak - Nama nasabah - Angsuran Ke- - Periode jatuh tempo angsuran - Jumlah angsuran yang dibayarkan - Jumlah denda yang dibayarkan - Jumlah biaya admin yang dibayarkan - Total amount / tagihan yang dibayarkan - Sisa nilai denda - Jam & tanggal transaksi
Konsumen dapat melakukan pembayaran seluruh sisa denda terhutang melalui Kantor Cabang Adira Finance terdekat
Konsumen dapat menghubungi Layanan Dering Adira Finance melalui :- Call Center 1500511- Email : customercare@adira.co.id - Aplikasi Adiraku di menu “Pusat Bantuan”- Whatsapp Chat: 08118115811, dengan ketik: HCS
C. Informasi Nilai Sisa Denda pada Struk Pembayaran Angsuran Melalui ALFAMART
Adalah informasi besarnya nilai denda yang belum dibayarkan oleh konsumen (denda terhutang) yang tertera pada struk pembayaran angsuran Adira di Alfamart. Tujuan adanya informasi nilai denda terhutang ini agar customer terinfokan bahwa customer masih memiliki denda terhutang yang belum dibayarkan ke Adira
Informasi tentang sisa denda (besarnya nilai denda yang belum dibayar konsumen) akan muncul pada struk pembayaran angsuran via Alfamart mulai 7 November 2024
Benar. Nilai sisa denda yang muncul pada struk adalah jumlah denda yang masih terhutang setelah customer melakukan pembayaran di payment channel pada waktu tersebut.
Berikut perbedaan tampilan sebelum dan sesudah ada informasi nilai sisa denda pada struk pembayaran angsuran via Alfamart: Data yang muncul pada Struk Pembayaran Angsuran via Alfamart, terdiri dari sbb: - Tanggal & jam transaksi - No. Kontrak - Nama nasabah - Angsuran Ke- - Tanggal jatuh tempo angsuran - Merchant/Biller (Nama perusahaan pembiayaan) - Jumlah angsuran yang dibayarkan - Jumlah denda yang dibayarkan - Jumlah biaya admin yang dibayarkan - Total amount / tagihan yang dibayarkan - Sisa nilai denda (Terdapat pada footer)
Anda dapat melakukan pembayaran denda terhutang di Cabang Adira Finance terdekat
Konsumen dapat menghubungi Layanan Dering Adira Finance melalui:- Call Center 1500511- Email: customercare@adira.co.id - Aplikasi Adiraku di menu “Pusat Bantuan”- Whatsapp Chat: 08118115811, dengan ketik: HCS
Note : Pembayaran yang dilakukan melalui Payment Channel hanya dapat dilakukan jika pembayaran angsuran tidak ada keterlambatan ≥ 90 hari.
Note :
Note:
Untuk meringankan pembayaran denda di akhir masa kredit atau tenor, maka per tanggal 01 Oktober 2023 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran online (Indomaret, Alfamart, PT POS, Aplikasi Adiraku (Adirapay), Gojek, Tokopedia, Link Aja, VA BCA, Keday Adira, ATM BDI, ATM BNI), adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor : Rp35.000,-- Untuk angsuran Mobil : Rp150.000,-
Namun per tanggal 01 juni 2024 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran online (Indomaret, Alfamart, PT POS, Aplikasi Adiraku(Adirapay), Gojek, Tokopedia, Link Aja, VA BCA, Keday Adira, ATM BDI, ATM BNI), adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor & Durable : Rp50.000,-- Untuk angsuran Mobil & Property: Rp200.000,-
Periksa kembali data yang muncul pada layar konfirmasi pembayaran tersebut, pastikan sudah benar, dan konsumen diminta untuk masukan “ mPIN Internet Banking Danamon konsumen” dan klik “ Kirim “
Muncul tampilan bukti transaksi berhasil dan konsumen dapat Simpan/capture bukti pembayaran tersebut sebagai bukti pembayaran yang sah
9. Bagaimana Cara Pembayaran angsuran menggunakan nomor VA BCA Konsumen?Pembayaran angsuran menggunakan Nomor VA BCA dapat dilakukan melalui :
Mobile Banking BCA yaitu melalui m-BCA (BCA Mobile)
Untuk meringankan pembayaran denda di akhir masa kredit atau tenor, maka per tanggal 01 Oktober 2023 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui VA BCA adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor : Rp35.000,-- Untuk angsuran Mobil : Rp150.000,-
10. Bagaimana cara pembayaran angsuran menggunakan nomor VA BCA pada channel perbankan ?Pembayaran angsuran menggunakan Nomor VA BCA dapat dilakukan melalui :
Nilai yang harus dibayar Periksa kembali data yang muncul pada layar konfirmasi pembayaran tersebut, pastikan sudah benar
Contoh: 2077701234567xxxx atau pilih dari Daftar transfer jika No. Virtual Account sudah disimpan sebelumnya, klik “lanjutkan” untuk melanjutkan transaksi pembayaran.
11. Bagaimana cara melakukan pembayaran angsuran melalui Aplikasi adiraku ?
>> Dana yang Konsumen tambahkan / transfer akan muncul pada “Saldo adirapay” di menu utama adiraku
Untuk meringankan pembayaran denda di akhir masa kredit atau tenor, maka per tanggal 01 Oktober 2023 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui channel adiraku adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor : Rp35.000,-- Untuk angsuran Mobil : Rp150.000,-
12. Bagaimana cara melakukan pembayaran angsuran kredit melalui Payment Channel ( Kantor Pos / Keday / Alfamart / DAN+DAN / Alfamidi / Indomaret ) ?
Untuk meringankan pembayaran denda di akhir masa kredit (tenor), maka per tanggal 01 Oktober 2023 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui Kantor Pos / Keday Adira / Alfamart / DAN+DAN / Alfamidi / Indomaret, adalah sebagai berikut : - Untuk angsuran Motor : Rp35.000,-- Untuk angsuran Mobil : Rp150.000,-
Namun per tanggal 01 juni 2024 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran online melalui Kantor Pos / Keday Adira / Alfamart / DAN+DAN / Alfamidi / Indomaret, adalah sebagai berikut : - Untuk angsuran Motor & Durable : Rp50.000,-- Untuk angsuran Mobil & Property: Rp200.000,-
13. Bagaimana Cara melakukan Pembayaran Angsuran Adira Finance melalui LinkAja ?Cara melakukan pembayaran angsuran ADIRA FINANCE melalui LinkAja adalah sbb :
Untuk meringankan pembayaran denda di akhir masa kredit (tenor), maka per tanggal 01 Oktober 2023 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui LinkAja adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor : Rp35.000,-- Untuk angsuran Mobil : Rp150.000,-
Namun per tanggal 01 juni 2024 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran online melalui Link Aja, adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor & Durable: Rp50.000,-- Untuk angsuran Mobil & Property: Rp200.000,-
14. Bagaimana Cara melakukan Pembayaran Angsuran Adira Finance melalui Tokopedia ?Cara melakukan pembayaran angsuran ADIRA FINANCE melalui LinkAja adalah sbb :
Untuk meringankan pembayaran denda di akhir masa kredit (tenor), maka per tanggal 01 Oktober 2023 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui Tokopedia adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor : Rp35.000,-- Untuk angsuran Mobil : Rp150.000,-
Namun per tanggal 01 juni 2024 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran online melalui Tokopedia, adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor & Durable: Rp50.000,-- Untuk angsuran Mobil & Property: Rp200.000,-
15. Bagaimana cara melakukan pembayaran angsuran ADIRA FINANCE melalui Aplikasi GOJEK?Cara melakukan pembayaran angsuran ADIRA FINANCE melalui Aplikasi GOJEK adalah sbb :
Untuk meringankan pembayaran denda di akhir masa kredit (tenor), maka per tanggal 01 Oktober 2023 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui Aplikasi Gojek adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor : Rp35.000,-- Untuk angsuran Mobil : Rp150.000,-
Namun per tanggal 01 juni 2024 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran online melalui Aplikasi Gojek, adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor & Durable: Rp50.000,-- Untuk angsuran Mobil & Property: Rp200.000,-
16. Bagaimana cara bayar angsuran di aplikasi Adiraku dengan berbagai pilihan Virtual Account (VA)?
Cara melakukan pembayaran angsuran menggunakan VA yang terdapat di aplikasi adiraku sbb :
Berikut cara pembayaran menggunakan BRI
Untuk meringankan pembayaran denda di akhir masa kredit (tenor), maka per tanggal 01 Oktober 2023 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui VA Bank (VA Maybank, VA Permata, VA Mandiri, VA BRI adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor : Rp35.000,-- Untuk angsuran Mobil : Rp150.000,-
Namun per tanggal 01 juni 2024 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran online melalui VA Bank (VA Maybank, VA Permata, VA Mandiri, VA BRI, adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor & Durable: Rp50.000,-- Untuk angsuran Mobil & Property: Rp200.000,-
17. Apa saja syarat dan ketentuan bayar angsuran di Aplikasi Adiraku dengan berbagai pilihan Virtual Account (VA)?Syarat dan ketentuan bayar angsuran di Aplikasi Adiraku dengan berbagai pilihan Virtual Account (VA) :
18. Apakah saya bisa membayar angsuran + denda keterlambatan di payment channel yang bekerja sama dengan Adira Finance ?
Ya bisa, Konsumen dapat melakukan pembayaran denda di Payment Channel Adira Finance, dengan maksimal pembayaran sbb :
Untuk meringankan pembayaran denda di akhir masa kredit (tenor), maka per tanggal 01 Oktober 2023 nilai denda yang dapat dibayarkan melalui channel pembayaran online (Indomaret, Alfamart/Alfamidi/DAN+DAN, Kantor POS, Aplikasi adiraku(Adirapay), Gojek, Tokopedia, LinkAja, VA BCA, Keday Adira, ATM BDI, ATM BNI) adalah sebagai berikut: - Untuk angsuran Motor: Rp35.000,-- Untuk angsuran Mobil: Rp150.000,-
19. Berapakah nomor Virtual Account masing-masing Konsumen tersebut ?
Contoh : nomor PK Konsumen : 012345678912, maka nomor VA Konsumen adalah 7755012345678912
Contoh : Nomor PK Konsumen : 012345678912, maka nomor VA BCA nya adalah 20777012345678912
20. Apakah ada biaya untuk pembayaran menggunakan VA Konsumen ini ?
Tidak Ada, Konsumen hanya dikenakan biaya oleh masing-masing Bank untuk penggunaan fasilitas Bank tersebut.
21. Apa kebijakan dari Adira Finance untuk pembayaran angsuran kredit ini ?
Kebijakan Adira Finance untuk pembayaran angsuran :
22. Bagaimana cara nya jika saya ingin menghubungi Adira Finance untuk menanyakan mengenai status pembayaran saya ?
Konsumen dapat menghubungi Adira Finance melalui :
Merupakan fasilitas yang diberikan Bank Danamon untuk Konsumen Adira Finance dimana Konsumen dapat membayar angsuran dengan cara mengisi saldo pada rekening Tabungan DanamonAdira sebelum tanggal jatuh tempo yang selanjutnya sistem Bank Danamon akan mendebet senilai angsuran konsumen secara otomatis setiap tanggal jatuh tempo angsurannya, tanpa dikenakan biaya transaksi.
Terdapat 2 cara untuk mengajukan Autodebet Tabungan DanamonAdira ,sbb:
Untuk Konsumen baru (Konsumen perorangan):
Note: Untuk Konsumen perusahan belum bisa dibukakan Rekening Tabungan DanamonAdira dan fasilitas Autodebet.
Tidak dikenakan biaya aktivasi Autodebet Danamon.
Untuk Konsumen Adira Finance yang akan dibukakan secara otomatis rekening Tabungan DanamonAdira tidak dikenakan setoran awal.
Berikut dokumen yang dibutuhkan saat mengajukan aktivasi Autodebet Danamon, sbb:
Ya ada, Konsumen akan menerima notifikasi pendaftaran fasilitas Autodebetnya yang akan dikirim langsung oleh Bank Danamon.
Berikut yang harus Konsumen lakukan saat pembayaran angsurannya belum berhasil terAutodebet, sbb:
Jika Konsumen tidak memiliki rekening Bank, cara mengirimkan dana ke rekening Tabungan DanamonAdira adalah:
Konsumen dapat menghubungi Kantor Cabang Adira Finance atau Kantor Cabang Bank Danamon sesuai dengan tempat Konsumen melakukan pendaftaran untuk aktivasi Autodebetnya.
Konsumen dapat melakukan pengecekan saldo rekening melalui aplikasi D-Bank Pro, jika Konsumen belum melakukan aktivasi aplikasi D-Bank Pro dapat datang langsung ke Kantor Cabang Bank Danamon terdekat untuk melakukan aktivasi aplikasi D-Bank Pro.
Konsumen dapat menghubungi Dering Adira Finance:
1. Apakah yang dimaksud dengan pembayaran angsuran menggunakan nomor Virtual Account (VA) BANK DANAMON ?
Pembayaran angsuran menggunakan nomor Virtual Account (VA) BANK DANAMON adalah pembayaran angsuran ADIRA FINANCE yang dilakukan dengan cara memasukkan nomor VA BANK DANAMON Konsumen melalui Channel Bank (ATM, Internet Banking dan Mobile Banking).
2. Berapakah nomor Virtual Account (VA) BANK DANAMON saya ?
Nomor Virtual Account (VA) BANK DANAMON adalah 16 digit yang terdiri dari 4 digit kode perusahaan ADIRA FINANCE, yaitu “7755” dan di ikuti dengan 12 digit nomor PK Konsumen. Contoh :Nomor PK Konsumen : 123456789012, maka nomor VA BANK DANAMON nya adalah 7755123456789012
3. Pembayaran angsuran menggunakan nomor VA BANK DANAMON dapat di lakukan melalui channel mana saja ?
Pembayaran angsuran menggunakan Nomor VA BANK DANAMON dapat dilakukan melalui :a. Seluruh Jaringan ATM BANK DANAMONb. Dbank Pro / Mobile Banking BANK DANAMONc. Danamon Cash Connect / Internet Banking Korporasi BANK DANAMONd. Jaringan Bank Domestik Dalam Negeri (ATM, Mobile Banking, Internet Banking)e. Teller Bank Danamon
4. Apa syarat dan kriteria pembayaran dengan menggunakan VA BANK DANAMON ?
Nomor VA yang digunakan harus benar dan sesuai dengan nomor VA BANK DANAMON, dimana nomor VA Konsumen terdiri dari 4 digit kode perusahaan Adira Finance (7755) dan 12 digit nomor kondivak Konsumen.Konsumen yang dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan VA ini adalah customer dengan kriteria sebagai berikut :1. Konsumen retail Adira Finance yang masih Aktif (angsuran belum lunas) *retail = 1 nomor kondivak 1 unit2. Tidak ada keterlambatan pembayaran angsuran ≥ 90 hari atau Adira Finance belum menerbitkan Surat Kuasa (SK) / Surat Tugas (ST) kepada Petugas Penagihan (Collection)
5. Bagaimana langkah-langkah pembayaran angsuran menggunakan VA BANK DANAMON melalui ATM Bank Danamon ?
Langkah-langkah pembayaran angsuran menggunakan VA BANK DANAMON melalui ATM Bank BANK DANAMON, sbb:1. Masukkan kartu ATM Anda2. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan3. Masukkan PIN dan pilih lanjutkan4. Pilih Lanjutkan pada layar ATM 5. Pilih menu "Pembayaran”6. Di dalam menu pembayaran pilih menu "Lainnya"7. Pilih menu "virtual account"8. Masukkan Nomor Bank Danamon Virtual Account 16 digit nomor Virtual Accout yang terdiri dari 4 digit kode perusahaan ADIRA FINANCE (7755) kemudian dilanjut dengan 12 digit nomor kondivak Konsumen. Lalu tekan benar 9. Muncul Tampilan layar “Pembayaran Virtual Account”, jika sudah sesuai informasinya pilih “YA”10. divansaksi Anda telah selesai dan simpan bukti divansaksi dengan baik
6. Bagaimana langkah-langkah pembayaran angsuran menggunakan VA BANK DANAMON melalui Internet Banking Bank Danamon – Dbank Pro ?
Berikut Cara melakukan pembayaran angsuran VA Bank Danamon melalui Internet Banking Bank Danamon – Dbank Pro , sbb:1. Konsumen Login pada aplikasi Dbank Pro dan Masukkan User ID dan Password2. Pilih Menu “Virtual Account”3. Pilih “Rekening Sumber Dana” lalu pilih tujuan 4. Lalu masukan Nomor 16 digit nomor Virtual Account yang terdiri dari 4 digit kode perusahaan Adira Finance (7755) kemudian dilanjut dengan 12 digit nomor kondivak Konsumen. Contoh:7755012345678912, konsumen dapat mengisi dikollom keterangan tujuan divansaksi, setelah itu centang “ Simpan ke daftar favorite” untuk nomor virtual account yang akan tersimpan. lalu konsumen klik “ Lanjut “ 5. Muncul tampilan “ pembayaran Virtual Account “ seperti rekening sumber dana, tujuan pembayaran (Nomor VA Danamon yang sudah konsumen input), lalu konsumen klik “ Lanjut”6. Pada layar konfirmasi akan muncul informasi pembayaran seperti :a. Rekening sumber danab. Nomor VA Danamonc. Nama VA Danamond. Institusi ( nama perusahan/organisasi )e. Jenis Pembayaranf. Jumlah pembayaranPeriksa kembali data yang muncul pada layar konfirmasi pembayaran tersebut, pastikan sudah benar, dan konsumen diminta untuk masukan “ mPIN Internet Banking Danamon konsumen” dan klik “ Kirim “ 7. Muncul tampilan bukti divansaksi berhasil dan konsumen dapat Simpan/capture bukti pembayaran tersebut sebagai bukti pembayaran yang sah
7. Bagaimana langkah-langkah pembayaran angsuran menggunakan VA BANK DANAMON melalui Jaringan Bank Lain Dalam Negeri ( ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking ?
Berikut langkah-langkah pembayaran angsuran VA Bank Danamon melalui Jaringan Bank Lain Dalam Negeri (ATM Bersama/Prima/Alto) sbb:1. Pilih Transfer ke Bank Lain2. Masukkan kode bank 011 dan masukkan 16 digit Nomor Virtual Account Bank Danamon, yang terdiri dari 4 digit kode perusahaan Adira Finance (7755) kemudian dilanjut dengan 12 digit Nomor Kondivak Konsumen. Lalu tekan “Proses/OK“3. Masukan nominal pembayaran sesuai dengan tagihan, lalu tekan “Proses“4. Muncul tampilan “Masukkan nomor referensi“ , kolom ini tidak perlu diisi konsumen, lalu tekan “Proses/OK“5. Lalu pilih sumber rekening konsumen, tekan “Tabungan“6. Konsumen diminta untuk cek kembali Bank Tujuan, Rekening yang dituju, Nama Tujuan, Jumlah yang dibayarkan. Jika sudah benar tekan “Proses/OK“7. divansaksi berhasil dan akan muncul struk pembayaran, konsumen dapat Simpan/capture bukti pembayaran tersebut sebagai bukti pembayaran yang sah.
8. Apakah ada biaya tambahan untuk pembayaran angsuran menggunakan VA Bank Danamon ?
Tidak Ada, Konsumen hanya dikenakan biaya admin layanan oleh masing-masing Bank jika menggunakan ATM Bank Lain.
9. Bagaimana jika konsumen membayar lebih dari jumlah nilai angsurannya ?
Apabila konsumen melakukan pembayaran angsuran melalui VA Bank Danamon dengan jumlah lebih dari nilai angsuran maka kelebihannya akan masuk sebagai titipan/deposit.
10. Bagaimana jika konsumen membayar kurang dari nilai angsurannya ?
Apabila konsumen melakukan pembayaran dimana dananya kurang dari nilai angsuran maka dana yang masuk tersebut akan dicatat sebagai titipan/deposit. Apabila titipan sudah genap senilai angsurannya, maka dana titipan tersebut akan tercatat sebagai pembayaran angsuran konsumen
11. Apakah VA Bank Danamon ini bisa digunakan untuk membayar denda dan pembayaran lain diluar angsuran (contoh pembayaran biaya divansaksi / biaya penyimpanan BPKB, dll selain angsuran) ?
Tidak bisa, Pembayaran melalui VA Bank Danamon hanya untuk pembayaran angsuran saja (baik angsuran tetap maupun tidak tetap).
12. Apakah pembayaran angsuran menggunakan nomor VA Bank Danamon ini akan langsung diterima Adira Finance ?
Ya, pembayaran angsuran menggunakan nomor VA Bank Danamon akan langsung diterima oleh Adira Finance pada hari yang sama (realtime).Untuk pengecekan angsuran dapat dilihat melalui aplikasi Adiraku pada menu Histori Pembayaran
13. Apakah bukti pembayaran menggunakan VA Bank Danamon ini harus ditukarkan dengan struk resmi Adira ?
Tidak, konsumen tidak perlu menukarkan bukti pembayaran dengan kuitansi resmi dari Adira Finance karena struk atau bukti yang konsumen dapat, sebagai bukti pembayaran yang sah.
14. Bagaimana jika konsumen sudah melakukan pembayaran ke rekening VA Bank Danamon namun tidak segera masuk ke angsuran (dalam waktu 1 x 24jam) ?
Konsumen dapat menghubungi Dering Adira Finance melalui :1. Call Center 15005112. Email ke customercare@adira.co.id3. WA Adira Finance: 08118115811 Dengan menginformasikan :1. Nomor Kondivak Konsumen2. Nama Konsumen3. Tanggal dan Nominal divansaksi4. Media pembayaran yang digunakan oleh Konsumen ( misal melalui ATM Bank Mandiri). 5. Serta melampirkan bukti pembayaran konsumen
Apakah yang dimaksud dengan pembayaran angsuran menggunakan nomor Virtual Account (VA) BCA?
Pembayaran angsuran menggunakan nomor Virtual Account (VA) BCA adalah pembayaran angsuran yang dilakukan dengan cara memasukkan nomor VA BCA Konsumen melalui Channel Bank (ATM, Internet Banking dan Mobile Banking).
Berapakah nomor Virtual Account (VA) BCA saya ?
Nomor Virtual Account (VA) BCA adalah 17 digit yang terdiri dari 5 digit kode perusahaan ADIRA FINANCE, yaitu “20777” dan di ikuti dengan 12 digit nomor PK Konsumen.
Contoh :
Nomor PK Konsumen : 012345678912, maka nomor VA BCA nya adalah 20777012345678912
Apakah ada batasan nilai pembayaran angsuran menggunakan VA BCA ?
Ya.
Nominal yang harus dibayar oleh Konsumen adalah sesuai dengan nilai yang tertera/muncul pada sistem
Apakah saya bisa melakukan pembayaran angsurannya lebih / kurang dari nominal angsuran ?
Tidak.
Pembayaran angsuran menggunakan nomor VA BCA dapat di lakukan melalui channel mana saja ?
Pembayaran angsuran menggunakan Nomor VA BCA dapat dilakukan melalui :
Internet Banking BCA yaitu melalui :
KlikBCA Bisnis (KBB)
KlikBCA Bisnis Integrated Solution (KBBIS)
KlikBCA Individu (KBI)
Kapankah nomor VA BCA ini mulai bisa digunakan ?
VA BCA dapat digunakan per tanggal 10 Mei 2021
Apa syarat dan kriteria pembayaran dengan menggunakan VA BCA?
Syarat dan kriteria Konsumen yang dapat melakukan pembayaran angsuran menggunakan VA BCA yaitu sbb :
Nomor VA BCA yang digunakan adalah terdiri dari 5 digit kode perusahaan ADIRA FINANCE (20777) dan 12 digit nomor kontrak (PK) Konsumen.
Konsumen retail dan Konsumen atas kontrak Multi Unit ADIRA FINANCE (kecuali nomor.kontrak multi unit dengan 4 digit awal 2115 tidak bisa melakukan pembayaran menggunakan VA BCA).
Semua kontrak aktif konvensional dan Syariah diluar penanganan Collection (tidak ada keterlambatan pembayaran angsuran lebih dari 120 hari atau ADIRA FINANCE belum melakukan proses penarikan atau belum menerbitkan Surat Kuasa (SK) / Surat Tugas (ST) Penarikan kepada petugas collection)
Keterangan : Retail = 1 nomor kontrak 1 unit dan Multi Unit = 1 nomor Kontrak lebih dari 1 Unit.
Bagaimana cara pembayaran angsuran menggunakan nomor VA BCA melalui ATM BCA ?
Langkah-langkah pembayaran angsuran menggunakan VA BCA melalui ATM Bank BCA :
Masukan Kartu ATM Bank BCA/Kartu Paspor BCA, kemudian masukan nomor PIN ATM
Pilih “Transaksi Lainnya”
Pilih “Transfer”
Pilih “ke Rekening BCA Virtual Account”
Masukan Nomor BCA Virtual Account [17 digit nomor Virtual Accout yang terdiri dari 5 digit kode perusahaan ADIRA FINANCE (20777) kemudian dilanjut dengan 12 digit nomor kontrak Konsumen]. Contoh: 2077701234567xxxx
Pada layar konfirmasi pembayaran akan muncul data – data Konsumen seperti :
Nama Konsumen
Nomor VA
Nilai yang harus dibayar
Periksa kembali data yang muncul pada layar konfirmasi pembayaran tersebut, pastikan sudah benar
Jika benar, Klik “Ya” untuk melanjutkan proses pembayaran angsuran.
Tunggu sampai struk ATM tersebut keluar. Pembayaran selesai Struk disimpan sebagai bukti pembayaran yang sah.
Bagaimana cara pembayaran angsuran menggunakan nomor VA BCA melalui Internet Banking BCA - KlikBCA Individu (KBI) ?
Langkah - langkah pembayaran angsuran menggunakan VA BCA melalui Internet Banking BCA - KlikBCA Individu (KBI) :
Lakukan Login pada Aplikasi KlikBCA Individual
Masukkan User ID dan PIN
Pilih “Transfer Dana”
Pilih “Transfer ke BCA Virtual Account”
Masukkan Nomor BCA Virtual Account [17 digit nomor Virtual Accout yang terdiri dari 5 digit kode perusahaan ADIRA FINANCE (20777) kemudian dilanjut dengan 12 digit nomor kontrak Konsumen].
Contoh: 2077701234567xxxx atau pilih dari Daftar transfer jika No. Virtual Account BCA sudah disimpan sebelumnya. Untuk kemudian pilih “lanjutkan”.
Jika benar, pilih “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses pembayaran angsuran
Masukkan “RESPON KEYBCA APPLI 1” untuk pembayaran, klik “kirim” untuk melanjutkan transaksi pembayaran.
Setelah proses pembayaran dilakukan pada halaman akan muncul bukti transaksi pembayaran tersebut
Pembayaran selesai. Simpan/capture bukti pembayaran tersebut sebagai bukti pembayaran yang sah.
Bagaimana cara pembayaran angsuran menggunakan nomor VA BCA melalui Internet Banking BCA - KlikBCA Bisnis (KBB) ?
Banking BCA - KlikBCA Bisnis (KBB):
Lakukan Login pada Aplikasi KlikBCA (KBB).
Contoh: 2077701234567xxxx
Pilih “Transfer Dana, ke BCA Virtual Account”
Pilih Rekening sumber Dana dana dan rekening BCA Virtual Account tujuan
Jika benar, pilih “Simpan” untuk melanjutkan proses pembayaran angsuran
Pilih “Transfer dana”, “Otorisasi Transaksi”
Pilih transaksi yang ingin diotorisasi untuk kemudian Masukkan “RESPON KEYBCA APPLI 1” pilih “Kirim” untuk melanjutkan transaksi pembayaran
Pembayaran selesai. Simpan/capture bukti pembayaran tersebut sebagai bukti pembayaran yang sah
Bagaimana cara pembayaran angsuran menggunakan nomor VA BCA melalui Internet Banking BCA - KlikBCA Bisnis Integrated Solution (KBBIS) ?
Langkah - langkah pembayaran angsuran menggunakan VA BCA melalui Internet Banking BCA - KlikBCA Bisnis Integrated Solution (KBBIS) :
Lakukan Login aplikasi KBB IS dengan menggunakan user maker.
Setelah login, Pilih initiate >> Virtual Account >> VA Transfer.
Pilih nomor rekening debit yang ingin digunakan >> Isi nomor tujuan virtual account yang ingin di bayarkan [17 digit nomor Virtual Accout yang terdiri dari 5 digit kode perusahaan ADIRA FINANCE (20777) kemudian dilanjut dengan 12 digit nomor kontrak Konsumen].
Contoh: 2077701234567xxxx>> pilih adhoc jika sama sekali belum pernah mendaftarkan nomor tujuan virtual account tersebut.
Untuk fixed bill total tagihan akan otomatis muncul dikolom amount. Jika selesai pilih submit
Jika transaksi telah di buat, Login user Authorize >> Payment >> Pending Activities >> Tab transaction >> File Authorization
Jika ada step untuk melakukan verifikasi, lakukan tahap verifikasi terlebih dahulu baru authorize
Bagaimana cara pembayaran angsuran menggunakan nomor VA BCA melalui m-BCA (BCA mobile) ?
Langkah - langkah pembayaran angsuran menggunakan VA BCA melalui m-BCA (BCA mobile) :
Lakukan Log In pada Aplikasi m-BCA (BCA mobile).
Pilih “m-BCA”, masukkan kode akses m-BCA.
Pilih “m-Transfer”.
Pilih “BCA Virtual Account”.
Contoh: 2077701234567xxxx atau pilih dari Daftar transfer jika No. Virtual Account sudah disimpan sebelumnya, klik “lanjutkan” untuk melanjutkan transaksi pembayaran
Jika benar, Klik “ Ya” untuk melanjutkan proses pembayaran angsuran
Masukan “PIN” m-BCA untuk pembayaran , klik “Ok” untuk melanjutkan transaksi pembayaran
Apakah ada biaya untuk pembayaran menggunakan VA BCA ini ?
Ya ada.
Biaya admin yang dikenakan adalah sebagai berikut :
Motor: Rp. 7.500,-
Mobil/Property : Rp. 20.000,-
Apakah VA BCA ini bisa digunakan untuk membayar denda saja dan pembayaran yang lain diluar angsuran (contoh pembayaran biaya transaksi tertunggak (jika ada) / biaya penyimpanan BPKB, dll selain angsuran) ?
Tidak. Pembayaran biaya transkasi tertunggak (jika ada), biaya penyimpanan BPKB, dll selain angsuran tidak bisa dilakukan menggunakan VA BCA.
Pembayaran angsuran melalui VA BCA hanya bisa digunakan untuk pembayaran angsuran perbulan berikut dengan biaya admin & denda (jika ada) – (nominal yang muncul pada system)
Adapun besaran maksimal denda keterlambatan yang akan dikenakan sebesar :
Rp. 35.000,00 (Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah) untuk unit Motor.
Rp. 150.000,00 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) untuk unit Mobil.
Rp. 100.000,00 (Seratus Ribu Rupiah) untuk unit Property.
Untuk kondisi dimana besar denda keterlambatan yang dimiliki konsumen lebih kecil dari nilai tersebut maka maka nominal denda keterlambatan yang muncul adalah denda keterlambatan actual yang dimiliki konsumen.
(Agent dapat menjawab sesuai dengan pertanyaan Konsumen)
Apakah pembayaran angsuran menggunakan nomor VA BCA akan langsung di terima ADIRA FINANCE ?
Ya, pembayaran angsuran menggunakan nomor VA BCA akan langsung diterima oleh ADIRA FINANCE pada hari yang sama (realtime)
Apakah bukti pembayaran menggunakan VA BCA ini harus ditukarkan dengan struk resmi ADIRA FINANCE ?
Tidak, Konsumen tidak perlu menukarkan bukti pembayaran dengan struk resmi dari ADIRA FINANCE dimana bukti pembayaran tersebut sudah merupakan bukti pembayaran yang sah.
Bagaimana saya dapat melakukan pengecekan bahwa angsuran saya sudah masuk / diterima oleh ADIRA FINANCE ?
Konsumen dapat melakukan pengecekan pembayaran angsuran melalui :
Aplikasi adiraku dimenu “Histori Pembayaran” (dipastikan Konsumen melakukan aktivasi/login adiraku terlebih dahulu) atau
Melalui WA Chat Adira Finance di nomor 0811 811 5811 dengan mengetik format sbb : “#RP#NIK KTP(Konsumen)#No PK(Konsumen) Contoh : #RP#1234567890123456#012511110971
Bagaimana jika Konsumen merasa sudah melakukan pembayaran dengan menggunakan VA BCA namun tidak segera masuk ke angsuran dan masih ditagih oleh bagian Collection?
Konsumen dapat menghubungi ADIRA FINANCE melalui :
Call Center Dering ADIRA FINANCE di nomor 1500511
Menyampaikan keluhan melalui email : customercare@adira.co.id Dengan melampirkan bukti Pembayaran Angsuran melalui VA BCA (maksimal ukuran file 1 Mb) serta informasi pendukung lainnya, yaitu
Nomor Kontrak Konsumen
Tanggal dan Nominal transaksi, dan
Media pembayaran yang digunakan oleh Konsumen (misal melalui ATM Bank BCA).
Datang langsung ke kantor Branch ADIRA FINANCE terdekat dengan membawa bukti pembayaran angsuran menggunakan VA BCA.
Apakah Konsumen masih bisa melakukan pembayaran angsuran jika tidak menggunakan nomor VA BCA ?
Ya bisa, konsumen dapat melakukan pembayaran angsuran melalui payment channel lainnya yang bekerja sama dengan Adira Finance, seperti :
Kantor ADIRA FINANCE terdekat
Melalui VA Bank Danamon dg nomor VA 7755 + 12 digit nomor Kontrak Konsumen
Melalui ATM Bank Danamon dan BNI
Melalui Aplikasi adiraku
Melalui Kantor POS
Melalui Alfamart dan Indomart
Melalui Keday ADIRA FINANCE
Adalah Proses pembayaran angsuran Adira Finance yang dilakukan melalui Aplikasi LinkAja.
Konsumen dapat melakukan download aplikasi LinkAja melalui AppStore/Google Playstore di Handphone Konsumen
Pembayaran angsuran melalui LinkAja dapat digunakan per tanggal 5 April 2021 Berlaku untuk pembayaran angsuran pembiayaan Motor di Adira Finance
Syarat pembayaran angsuran Adira Finance melalui Aplikasi LinkAja adalah sbb :
Cara melakukan pembayaran angsuran ADIRA FINANCE melalui LinkAja adalah sbb :
Setelah melakukan download Aplikasi LinkAja dan melakukan pendaftaran Akun Pada bagian halaman utama Aplikasi LinkAja Pilih “lainnya”, kemudian pilih kategori Group Transaksi “Keuangan”.
Pilih Icon Menu “Multi Finance”
Pilih Menu “Bayar Tagihan”.
Pilih nama perusahan lembaga pembiayaan yang digunakan yaitu “ADIRA FINANCE”
Masukkan ID Pelanggan/Nomer Kontrak kemudian pilih “lanjutkan”.
Pada halaman akan muncul data kontrak Konsumen (nama Konsumen, nomor PK, jumlah angsuran perbulan, denda (jika ada), Total angsuran yang harus dibayarkan).
Lakukan pengecekan kembali dengan memastikan data kontrak Konsumen tersebut sudah sesuai
Note : Konsumen tidak bisa melakukan pembayar angsuran lebih besar atau lebih kecil dari nilai angsuran yang muncul pada aplikasi LinkAja
Klik tombol “Konfimasi”, kemudian masukkan PIN (6 Digit) untuk melakukan pembayaran.
Pada layar akan muncul halaman Struk Transaksi sebagai bukti pembayaran angsurannya
Capture halaman Struk Transaksi tersebut sebagai bukti pembayaran.
Klik “Selesai” untuk melihat detail transaksi yang telah dilakukan.
Ya ada, Konsumen dikenakan biaya transaksi sebesar Rp 7.500,-
Konsumen dapat melakukan pembayaran angsuran melalui LinkAja sebanyak 2 (dua) kali dalam sehari pada nomor kontrak yang sama
Bisa untuk membayarkan denda, namun denda yang dapat dibayarkan adalah denda (sebagian) dengan maksimal denda yang dapat dibayarkan (tertera pada system LinkAja) adalah sebagai berikut :
Untuk kondisi dimana besar denda keterlambatan yang dimiliki konsumen lebih kecil dari nilai tersebut maka nominal denda keterlambatan yang muncul adalah denda keterlambatan actual yang dimiliki Konsumen.
Sedangkan untuk pembayaran biaya transkasi tertunggak (jika ada), biaya penyimpanan BPKB, dll selain angsuran tidak bisa
Konsumen dapat melakukan capture struk dari LinkAja dan menyimpannya di Galery Foto/Capture pada Handphone Konsumen
Tidak
Konsumen tidak perlu menukarkan bukti pembayaran dengan struk resmi dari ADIRA FINANCE, bukti pembayaran yang ada pada Aplikasi LinkAja sudah merupakan bukti pembayaran yang sah.
Konsumen dapat melakukan pengecekan transaksi pembayaran angsurannya melalui aplikasi LinkAja dengan cara sbb :
Ya, pembayaran angsuran melalui Aplikasi LinkAja akan langsung diterima oleh ADIRA FINANCE pada hari yang sama (realtime)
Jika ada error pada saat melakukan pembayaran angsuran melalui LinkAja, apa yang harus saya lakukan ? Misal dicek melalui adiraku/WA belum masuk di riwayat pembayaran.
Jika Konsumen mengalami kendala pada saat melakukan pembayaran angsuran melalui Aplikasi LinkAja, Konsumen dapat menghubungi call center linkAja di nomor 150911
Jika Konsumen mengalami kendala pada saat cek angsuran melalui adiraku atau WA Chat Adira Finance, Konsumen dapat menghubungi Layanan Dering Adira melalui :
Pembayaran angsuran menggunakan Aplikasi GOJEK adalah Cara pembayaran angsuran Adira Finance menggunakan aplikasi Gojek yang mana konsumen membayarkan angsuran sesuai nominal yang tertera di aplikasi.
Pembayaran angsuran melalui Aplikasi GOJEK dapat digunakan per tanggal 22 November 2021
Konsumen yang dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan Aplikasi GOJEK dengan kriteria sebagai berikut:
Pembiayaan Mobil, Property, Motor baik konsumen perorangan maupun perusahaan untuk kontrak dengan dengan
1. total nilai pembayaran tidak melebihi dari batas pembayaran Saldo GoPay dan status kontrak konsumen masih aktif Catatan : Untuk Batasan Saldo pembayaran GoPay adalah sebagai berikut:
Kondisi Akun GoPay
Batas saldo pembayaran GoPay
Belum upgrade ke akun GoPay Plus
Rp. 2.000.000
Sudah upgrade ke akun GoPay Plus
Rp. 10.000.000
Untuk mengetahui status akun Gopay Customer, bisa lihat poin 16
2. Semua kontrak aktif Konvensional dan Syariah diluar penanganan Collection (tidak ada keterlambatan pembayaran angsuran lebih dari 120 hari atau ADIRA FINANCE belum menerbitkan Surat Kuasa (SK) / Surat Tugas (ST) kepada petugas collection)
Ya, Nominal yang dibayar konsumen adalah sesuai dengan jumlah yang tertera di Aplikasi GOJEK.
Tidak bisa, konsumen harus membayar sesuai nominal yang muncul di apikasi GOJEK.
Ya ada, Konsumen dikenakan biaya transaksi sebagai berikut : - Motor: Rp7.500- Mobil dan Property : Rp20.000
Cara melakukan pembayaran angsuran ADIRA FINANCE melalui Aplikasi GOJEK adalah sbb:
a. Buka Aplikasi GOJEK, pada halaman utama Pilih “lainnya” atau “more” untuk memunculkan layanan/fitur lain dari Aplikasi GOJEK.
b. Kemudian cari kelompok fitur untur “Pembayaran” atau “Payments”, lalu pilih dan klik “Go Tagihan”.
c. Pada tampilan halaman GoTagihan&Pulsa, cari kelompok fitur untuk “Bayar & Tagihan” atau “Payment & Bills”, selanjutnya Pilih “Angsuran Kredit” atau “Multifinance”
d. Pada fitur “Angsuran Kredit” atau “Multifinance” selanjutnya cari dan Pilih “Adira Finance” untuk melakukan pembayaran Angsuran.
e. Selanjutnya pada Halaman Input masukkan ID Pelanggan (12 Digit nomor Kontrak Adira Finance). Jika telah sesuai, pilih “Lanjut” atau “Next"
f. Setelah penginputan ID pelanggan (Nomor Kontrak Adira Finance), pada aplikasi GOJEK Akan muncul tampilan yang berisikan data tagihan atas ID pelanggan/No Kontrak yang telah diisi, Pastikan data kontrak telah sesuai, selanjutnya pilih “GoPay” untuk jenis metode pembayaran yang akan digunakan.
g. Selanjutnya pilih “Bayar Sekarang” atau “Pay Now” untuk lanjut ke proses pembayaran.
h. Lakukan input 6 Digit PIN untuk konfirmasi atas pembayaran yang akan dilakukan.
i. Apabila Pembayaran berhasil, maka pada aplikasi akan muncul tampilan resi dengan detail transaksi dari tagihan yang telah dibayar- Pilih “Kirim Bukti” atau “Send Receipt"- Pilih “Bayar Lagi” atau “Repeat”, untuk melakukan pembayaran dengan Jenis Tagihan dan ID Pelanggan/Nomor Kontrak yang sama. Untuk pembayaran dengan ID Pelanggan/nomor kontrak yang berbeda maka lakukan langkah-langkah diatas (sesuai butir a s/d h) kembali untuk kemudian input ID Pelanggan yang akan dibayarkan.
j. Setelah proses pembayaran berhasil untuk Resi elektronik otomatis akan terkirim ke email yang didaftarkan pada Aplikasi GoJek.
Pembiayaan
Komponen yang dibayar
Total pembayaran
Property
1. Angsuran = Rp.1.000.000
Rp. 1.120.000
2. Denda = Rp. 100.000
3. Biaya transaksi = Rp. 20.000
Mobil
1. Angsuran = Rp. 1.000.000
Rp. 1.170.000
Motor
Rp. 1.037.500
2. Denda = Rp. 35.000
3. Biaya transaksi = Rp.7.500
Durable
Rp. 1.032.500
2. Denda = Rp. 25.000
Konsumen dapat melakukan capture dari resi transaksi dari Aplikasi GOJEK dan menyimpannya di mobile phone.
Atas aktivitas pembayaran angsuran yang telah dilakukan pada Aplikasi GOJEK, maka konsumen dapat melihatnya Riwayat atau history pembayaran yaitu dengan cara : a. Buka Aplikasi GOJEK, pada halaman utama Pilih “lainnya” atau “More” untuk memunculkan layanan/fitur lain dari Aplikasi GOJEK. b. Swipe keatas untuk kemudian cari kelompok fitur untur “Pembayaran” atau “Payments”, selanjutnya pilih “Go Tagihan” c. Setelah masuk ke fitur Go Tagihan, pilih Icon padda bagian pojok kanan atasd. Setelah memilih Icon *PICTURE* pada bagian pojok kanan atas ,Pada tampilan akan muncul tampilan “Riwayat Pembayaran” atau “Payment History” yang berisi history dari pembayaran angsuran yang telah dilakukan.e. Pilih salah satu transaksi dari list yang ada pada Riwayat Transaksi atau Payment History untuk melihat detail dari pembayaran yang sudah dilakukan, maka akan muncul resi dengan detail transaksi dari tagihan yang telah dibayar
Konsumen dapat melakukan transaksi pembayaran angsuran di GOJEK maksimal 2 kali transaksi dalam sehari untuk setiap Kontrak.
Ya, pembayaran angsuran melalui Aplikasi GOJEK akan langsung diterima oleh ADIRA FINANCE pada hari yang sama (realtime) Untuk pengecekan angsuran dapat dilihat pada Aplikasi Adiraku dimenu “History Pembayaran”
Tidak, konsumen tidak perlu menukarkan bukti pembayaran dengan struk resmi dari ADIRA FINANCE dimana bukti pembayaran yang ada pada Aplikasi GOJEK sudah merupakan bukti pembayaran yang sah.
Konsumen dapat menyimpan hasil pembayaran dengan meng-capture resi transaksi atas pembayaran yang telah dilakukan dari aplikasi GOJEK dan menyimpannya di mobile phone serta atau memanfaatkan fitur “Send Receipe” / “Kirim bukti” yang akan masuk ke email Konsumen
Pengecekan dapat dilakukan melalui : 1. Aplikasi adiraku pada menu “History Pembayaran” dipastikan Konsumen melakukan aktivasi/login adiraku terlebih dahulu atau 2. Hubungi Dering ADIRA 1500511 3. Whatsapp Adira Finance :0811-8115-811 dengan ketik Riwayat Pembayaran dan ikuti instruksi selanjutnya atau konsumen bisa langsung klik link berikut: https://api.whatsapp.com/send?phone=628118115811&text=riwayat+pembayaran
Konsumen dapat menghubungi Layanan Dering Adira melalui : 1. Call Center 1500511
Konsumen dapat mengetahui status akun gopaynya dengan cara : 1. Buka aplikasi Gojek, pada Menu Utama, pilih dan klik “Eksplore” atau “Explore”. 2. Pada tampilan halaman Gopay, pilih “Plus” 3. Untuk konsumen yang akun Gopaynya belum Gopay Plus, maka akan muncul tampilan dimana kosumen diminta untuk melakukan Upgrade ke GoPay Plus4. Untuk konsumen yang akun Gopaynya sudah Gopay Plus, maka akan muncul tampilan dibawah ini. Untuk cara upgrade ke akun gopay plus, silahkan kunjungi link https://www.gojek.com/help/gopay/cara-upgrade-akun-go-pay/
Adalah pembayaran angsuran melalui Tokopedia dimana konsumen Adira Finance dapat melakukan pembayaran angsuran dengan mudah karena cukup memasukkan nomor kontrak (No.PK sebanyak 12 digit) yang dimiliki konsumen dan bersifat close payment, ada 2 cara dalam pembayaran angsuran melalui Tokopedia ini yaitu :
Nominal angsuran yang harus dibayarkan akan otomatis muncul setelah konsumen memasukan nomor PK pada Aplikasi Tokopedia
Pembayaran angsuran melalui Tokopedia dapat digunakan per tanggal 27 Juni 2022
Konsumen yang dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan Tokopedia adalah konsumen dengan kriteria sebagai berikut :
Note : Produk durable meliputi Elektronik/Furniture/Gadget/Laptop
Skema Pembiayaan Decline_N biasa disebut juga Pembiayaan bunga menurun dimana bunga angsuran dibayar setiap bulan dan Pokok hutang dibayar berdasarkan kemampuan peminjam/konsumen. Untuk pokok hutang pinjaman harus dilunasi saat Tanggal Jatuh Tempo terakhir.
Ya ada, Konsumen dikenakan biaya transaksi sebagai berikut :
Ya bisa, selain untuk pembayaran angsuran konsumen dapat melakukan pembayaran denda dan biaya admin sesuai nilai yang tertera.
Adapun besaran maksimal denda keterlambatan yang akan muncul pada layar dan akan dikenakan ke konsumen adalah sebagai berikut :
Note : Apabila denda/sanksi keterlambatan yang dimiliki Konsumen nilainya lebih besar dari batas maksimal , maka nominal denda/sanksi keterlambatan yang muncul sesuai batas maksimal denda untuk sisa denda akan muncul pada pembayaran berikutnya
konsumen dapat mengetahui total keseluruhan jumlah denda dengan menghubungi :
Adapun cara pembayaran angsuran Adira Finance melalui Tokopedia adalah sebagai berikut :
Adapun cara pembayaran angsuran Adira Finance melalui Website Tokopedia adalah sebagai berikut :
Metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia adalah sebagai berikut :
Setelah Konsumen melakukan pembayaran melalui Tokopedia maka akan muncul tampilan bahwa pembayaran telah berhasil, dapat dilihat pada Detail Pesanan, pada kolom status : “ Transaksi Berhasil” (seperti pada gambar di bawah ini)
Untuk aktivitas pembayaran angsuran yang telah dilakukan pada TOKOPEDIA, maka konsumen dapat melihat Riwayat atau histori Transaksi dengan cara :
Dari list transaksi yang ada, pilih transaksi mana yang akan dilihat.
Konsumen dapat melakukan capture struk dari TOKOPEDIA
Konsumen dapat melakukan transaksi pembayaran angsuran dengan ID Pelanggan yang sama di TOKOPEDIA 2 kali transaksi dalam sehari.
Ya, untuk pembaharuan riwayat pembayaran angsuran selambat-lambatnya 1 x 24 Jam
Untuk pengecekan angsuran dapat dilihat pada :
Konsumen tidak perlu menukarkan bukti pembayaran dengan struk resmi dari ADIRA FINANCE dimana bukti pembayaran yang ada pada TOKOPEDIA sudah merupakan bukti pembayaran yang sah.
Konsumen dapat menyimpan struk hasil pembayaran dengan meng-capture struk dari TOKOPEDIA
Pengecekan dapat dilakukan melalui :
Konsumen dapat menghubungi Layanan Dering Adira melalui Call Center 1500511 atau dapat datang langusn ke Kantor Cabang Adira Finance terdekat.
Apa yang dimaksud dengan Pembayaran angsuran Melalui dengan Elektronic Data Capture (EDC)?
Merupakan channel penerimaan pembayaran non tunai dengan menggunakan kartu Debit/ATM milik konsumen di mesin EDC yang tersedia di Cabang Adira Finance. Mesin EDC ini merupakan mesin EDC Bank Danamon (BDI) yang hanya dapat digunakan untuk transaksi pembayaran angsuran, titipan atau pelunasan di percepat.
Pembayaran angsuran melalui mesin Electronic Data Capture EDC dapat digunakan per tanggal 22 Maret 2022.
Saat ini mesin EDC baru tersedia di 10 cabang Adira Finance
Berikut Syarat dan Ketentuan dalam pembayaran angsuran menggunakan mesin EDC, sbb:
*Fleet : 1 nomor kontrak untuk beberapa unit
SME : pokok hutang lebih dari 3M
Pembayaran yang dapat dilakukan melalui mesin EDC, antara lain:
Transaksinya bersifat open payment : konsumen harus melakukan input nominal yang akan dibayarkan pada mesin EDC.
Transaksinya bersifat close payment : dimana :
Tidak bisa melakukan pembayaran menggunakan Kartu kredit.
Penerimaan pembayaran angsuran / permbayaran angsuran dipercepat (preterm) melalui mesin EDC hanya dapat dilakukan dengan kartu debit/ATM Bank (Bank Danamon maupun Bank lain yang termasuk dalam anggota ATM bersama/ALTO/PRIMA)
Ketika pembayaran angsuran berhasil dimana mesin EDC telah mengeluarkan Struk maka data pembayaran tersebut akan update di Kartu Piutang Konsumen paling lama 30 Menit sejak pembayaran angsuran dilakukan.
Untuk hal ini konsumen dapat melakukan pengecekan history pembayaran secara berkala melalui:
Dengan Ketik : #RP#NIK KTP#No PK
Contoh: #RP#3275050583838343#100738328874
Ya ada,
Jam layanan pembayaran angsuran menggunakan mesin EDC ini disesuaikan dengan jam layanan kantor cabang Adira Finance yaitu :
Senin s/d Jum’at pukul 08.00-15.00 waktu setempat, dan Sabtu pukul 08.00-12.00 waktu setempat.
Berikut cara pembayaran angsuran melalui mesin EDC, sebagai berikut:
Lakukan konfirmasi ulang ke Konsumen, pastikan terkonfirmasi telah sesuai. Jika telah sesuai pilih “YA” untuk lanjut pembayaran
Lakukan konfirmasi ulang ke Konsumen, pastikan terkonfirmasi telah sesuai. Jika telah sesuai pilih “YA” untuk lanjut pembayaran Pre-Termination
Berikut biaya-biaya yang akan dikenakan konsumen saat melakukan pembayaran melalui mesin EDC:
Biaya admin Bank sesuai dengan ketentuan dari masing-masing Bank
Konsumen dapat melakukan pembayaran maksimal 2x angsuran per nomor kontrak dalam sehari.
Ya bisa.
Konsumen dapat melakukan pembayaran angsuran 2 bulan langsung melalui mesin EDC di cabang Adira Finance. dipastikan kembali untuk dana dikartu Debit/ATM konsumen cukup untuk dilakukan pembayaran angsuran 2 bulan langsung + biaya transaksi.
Unit kendaraan : Motor
Angsuran perbulan : Rp 1.200.000
Biaya transaksi untuk motor : Rp 5.000
Konsumen ingin melakukan pembayaran angsuran sebanyak 2 bulan sekaligus, berikut total yang harus konsumen bayarkan, sbb:
2x Rp 1.200.000 + Rp 5.000 = Rp 2.405.000
Konsumen tetap bisa melakukan pembayaran angsuran saja, sedangkan untuk biaya transaksi yang belum dibayarkan akan tetap ditagihkan pada saat pembayaran angsuran berikutnya atau pada saat konsumen akan melakukan pengambilan BPKB.
Untuk biaya transaksi yang tertunggak, dapat dibayarkan konsumen di Teller Adira Finance, pada saat konsumen akan melakukan pengambilan BPKB.
Berikut Contoh Simulasi pembayaran melalui mesin EDC :
Unit Motor dengan angsuran per bulan : Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah)
Biaya Transaksi : Rp.5.000 (lima ribu rupiah)
Pembayaran Via EDC
Nilai Angsuran
Biaya Transaksi
Titipan
Keterangan
505.000
500.000
5.000
-
Biaya transaksi terhutang/tertunggak
495.000
1.005.000
(2x angsuran)
1.000.000
950.000
445.000
1.305.000
300.000
Unit Mobil dengan angsuran per bulan : Rp. 2.500.000 (dua Juta lima ratus ribu rupiah) Biaya Transaksi : Rp20.000,00 (Dua Puluh ribu rupiah)
2.510.000
2.500.000
10.000
2.520.000
20.000
2.400.000
5.020.000
5.000.000
4.500.000
1.980.000
5.500.000
480.000
Adapun pencatatan di sistem untuk penerimaan pembayaran melalui mesin EDC adalah sebagai berikut :
Untuk pembayaran angsuran dengan menggunakan Kartu Debit/ATM Bank Danamon maka tidak dikenakan biaya Admin Bank , namun jika konsumen menggunakan Kartu Debit/ATM Bank lain maka akan dikenakan biaya Admin (online transfer bank) yang berlaku pada Bank penerbit kartu dan akan terdebit langsung ke rekening konsumen saat transaksi selesai dilakukan
Berikut Limit kartu Debit/ATM yang bisa konsumen gunakan untuk pembayaran angsuran, sbb:
Jika jumlah pembayaran yang dilakukan melalui mesin EDC kurang dari angsuran maka pembayaran angsuran tersebut akan masuk sebagai titipan dan untuk biaya transaksi menjadi tertunggak dibulan selanjutnya.
Saat ini pembayaran angsuran melalui mesin EDC hanya bisa digunakan untuk pembayaran angsuran, titipan dan Pelunasan Dipercepat sedangkan untuk pembayaran denda maupun biaya Transaksi tertunggak dapat Konsumen bayarkan melalui Teller cabang Adira Finance.
Konsumen dapat menghubungi Layanan Dering Adira melalui :
Call Center 1500511
Apakah yang dimaksud dengan klaim Asuransi TLO kendaraan Motor atau Mobil ?
Proses yang harus dilakukan konsumen apabila kendaraan motor atau mobil konsumen mengalami kerugian (Kehilangan Total (TLS) /Kecelakaan dengan kerusakan min 75% (TLA))
Apa pengertian Klaim Asuransi Total Loss Stolen (TLS) dan Total Loss Accident (TLA) ?
TLS Total Loss Stolen (TLS) adalah jaminan kerugian secara keseluruhan atas objek pertanggungan yang diasuransikan yang disebabkan karena kehilangan sebagian sesuai dengan yang dijamin dalam PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia).
TLA adalah jaminan kerugian secara keseluruhan atas objek pertanggungan yang diasuransikan, yang terjadi karena kecelakaan dimana nilai kerugian total mencapai minimal 75% dari harga pertanggungan sesuai dengan yang dijamin dalam PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia).
Berapa batas maksimal waktu dari tanggal kejadian kehilangan/ kecelakaan harus dilaporkan dan dilaporkan kemana?
Batas maksimal pelaporan kejadian kehilangan/kecelakan adalah:
Maksimal 5 (lima) hari kalender dari tanggal kejadian.
Berikut cara pelaporan klaim Asuransi kendaraan TLO :
Klaim Total Loss (Total Loss Accident / Stolen) melalui Kantor Cabang ADIRA FINANCE
Kapan manfaat asuransi TLO dapat digunakan?
Manfaat asuransi dapat digunakan sejak tanggal PO terbit
Apa saja persyaratan dokumen untuk mengajukan klaim Asuransi Kendaraan Motor / Mobil ini ?
Syarat dokumen awal pengajuan klaim Asuransi Kendaraan Motor / Mobil adalah sbb :
Table kelengkapan ini disediakan oleh konsumen sebagai pihak yang mengalami kehilangan.
Dokumen lain yang harus dilengkapi atau disediakan konsumen untuk pengajuan klaim Asuransi TLS :
Note: dokumen lain untuk pengajuan klaim Asuransi TLS disediakan oleh konsumen sebagai pihak yang mengalami kehilangan.
Berapa Lamakah Proses Pembayaran Klaim Asuransi ?
Pembayaran klaim asuransi TLA dan TLS oleh perusahaan asuransi dilakukan maksimal 7 (tujuh) hari kerja setelah dipenuhinya dokumen-dokumen klaim asuransi yang tercantum dalam sesuai dokumen persyaratan klaim.
Apakah Debitur masih bisa mengajukan klaim Asuransi atas pencurian kendaraannya apabila Debitur sudah mengajukan pelunasan dipercepat namun Debitur tidak mengajukan refund atas sisa premi ?
Debitur masih bisa mengajukan klaim asuransi apabila terjadinya pencurian tersebut masih dalam periode pertanggungan asuransi
Kapan batas waktu Customer dapat melengkapi persyaratam dokumen klaim ?
Batas waktu melengkapi persyaratan dokumen klaim adalah 30 hari sejak pelaporan klaim
Jika klaim Asuransi TLA/TLS cair, akan dialokasikan kemana dana klaim tersebut ?
Dana pencairan klaim asuransi akan digunakan untuk melunasi/menutupi kewajiban Debitur di Adira Finance. Apabila kewajiban Debitur telah dilunasi dan masih ada kelebihan dana pencairan klaim maka kelebihan dana tersebut akan dikembalikan kepada Debitur.
Jika kendaraan Motor / Mobil Debitur menjadi sasaran amuk massa / huru hara dan menyebabkan kerusakan 80%, apakah dengan kondisi tersebut Asuransi bisa di klaim ?
Tidak bisa diklaim, karena jenis klaim Asuransi untuk Motor / Mobil tidak menanggung risiko akibat keributan massa/huru hara.
Apakah pengajuan klaim Asuransi dapat diproses apabila STNK dan Kunci Asli disita oleh pihak kepolisian?
- Pengajuan klaim Asuransi tanpa STNK dan Kunci kontak tetap dapat diproses namun Debitur harus melengkapi Surat Pernyataan Bersedia Dikenakan Potongan. Form Surat Pernyatan Bersedia Dikenakan Potongan tersedia di CS Kantor Cabang.
- Nilai potongan yang dikenakan adalah sbb :
Debitur mengajukan klaim Asuransi karena kecelakaan, pada waktu kecelakaan unit digunakan oleh anaknya yang masih dibawah 17 tahun, Apakah klaim dapat diproses apabila Debitur mengajukan klaim TLA ?
Klaim TLA tidak dapat diproses karena pengendara belum memiliki SIM (masih dibawah 17 tahun) dimana salah satu syarat kelengkapan klaim TLA adalah Foto Copy SIM C pengendara pada saat kejadian dan ketentuan ini tercantum dalam PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia).
Jika konsumen tidak memiliki SIM saat kejadian klaim, apakah klaim dapat diproses ?
Jika klaim yang diajukan adalah laka lantas, maka harus melampirkan kepemilikan SIM. Tapi jika klaimnya adalah kehilangan kendaraan di area pekarangan rumah, maka tidak usah melampirkan SIM
Apakah klaim asuransi Motor / Mobil masih bisa diproses apabila terlambat dalam pelaporan awal ?
Pelaporan masih bisa diproses, dengan batas waktu pelaporan sbb :
Motor :> 5 hari kalender dan ≤ 45 hari kalender
Mobil : > 5 hari kalender dan ≤ 30 hari kalender
Dengan melengkapi surat keterangan terlambat lapor yang disediakan dicabang Adira Finance
Jika konsumen ingin mengetahui status klaim asuransi dapat mengubungi kemana?
Kounsumen dapat menghubungi:
Adira Care 1500 456
Kantor Cabang Adira Finance saat konsumen melakukan pelaporan awal
Layanan Dering Adira Finance call center 1500511
Cara Klaim Asuransi Motor:
Cara Klaim Asuransi Mobil:
Klik link ini untuk penjelasan mengenai Persyaratan dan Tata Cara pengajuan Program Restrukturisasi Dampak Covid-19
Ya, benar. Mulai tanggal 4 Oktober 2024, bagi Konsumen yang melakukan pembayaran melalui Kasir/Teller Cabang dan Satellite Adira akan menerima bukti pembayaran (Kuitansi) secara digital melalui nomor WhatsApp (WA) konsumen yang terdaftar di Adira Finance dengan nama pengirim WhatsApp: Adira Finance (nomor 08118115811).
Pengiriman bukti pembayaran angsuran (Kuitansi) efektif berlaku per 4 Oktober 2024
Bagi konsumen yang sudah melakukan pembayaran angsuran melalui Kasir/Teller akan menerima WhatsApp berupa bukti pembayaran angsuran (Kuitansi) di nomor Handphone (WA) konsumen yang terdaftar di Adira Finance.
Berikut isi WA yang akan diterima Konsumen:Salam Sahabat (Nama Konsumen),
Terima kasih atas pembayaran Anda pada tanggal 07 Agustus 2024, sebagai berikut: Nomor Kontrak (No. PK): 123xxxxxxTotal Pembayaran: Rp2.299.000,-
Untuk mengunduh kuitansi pembayaran silakan klik lampiran berikut, dengan password tanggal lahir Anda dengan format (ddmmyyyy), di mana : - dd: dua digit tanggal lahir Anda, contoh 01 - mm: dua digit bulan lahir Anda contoh 08 - yyyy: tahun lahir Anda, contoh 1985 Contoh: Apabila tanggal lahir Anda 1 Agustus 1985 maka password Anda adalah 01081985.
Pengecekan Riwayat Pembayaran Anda akan semakin mudah melalui aplikasi adiraku. Untuk mengunduh adiraku klik: adira.id/adiraku-6. Terima kasih Sahabat
Konsumen membuka WhatsApp yang sudah diterima dari Adira Finance dan membuka lampiran file pdf-nya dengan menggunakan password tanggal lahir Konsumen dengan format (ddmmyyyy).Contoh : Apabila tanggal lahir Anda 1 Agustus 1985 maka password Anda adalah 01081985.
Berikut durasi waktu Konsumen menerima bukti pembayaran, sbb: 1. Untuk transaksi di bawah 5 juta rupiah: Bukti pembayaran akan diterima dalam waktu kurang dari 1 menit.
2. Untuk transaksi di atas 5 juta rupiah: Bukti pembayaran akan diterima Konsumen dalam waktu maksimal 5 menit. Jika pembayaran di atas 5 juta rupiah maka ada e-stampel pada kuitansinya.
Note: ada retry otomatis (pengiriman ulang), jika pengiriman awal gagal dengan kondisi nomor WhatsApp valid, maka sistem akan otomatis mencoba mengirimkan ulang bukti pembayaran (Kuitansi) selama 2 hari (kalender) berikutnya.
Jika Konsumen tidak menerima bukti pembayaran dalam waktu yang ditentukan (sesuai nomor 4 di atas), maka Konsumen dapat menghubungi Teller / Customer Service (CS) untuk memastikan bahwa nomor WhatsApp yang terdaftar di Adira telah sesuai.1) Jika belum sesuai a. Konsumen mengisi dan menandatangani Form Pengkinian Data Konsumen yang tersedia di CS b. CS akan melakukan pengkinian data Nomor Handphone (WA) konsumen di sistem, yang selanjutnya bukti kuitansi pembayaran secara digital akan terkirim ke nomor baru tersebut.Note: - Pengkinian data hanya dapat dilakukan pada konsumen yang memiliki Nomor Handphone yang sama dengan Nomor Whatsapp-nya. - Jika konsumen tetap menghendaki bukti pembayaran secara fisik (dicetak), maka konsumen dapat meminta ke Teller
2) Jika sudah sesuai a. Pastikan konsumen memiliki kuota yang cukup dan jaringan/signal yang bagus b. Akan ada retry otomatis (pengiriman ulang) selama 2 hari kalender ke nomor WA konsumen. Jika selama 2 hari kalender bukti pembayaran digital masih belum diterima oleh konsumen, maka: - Konsumen datang langsung ke Kantor Cabang/Satellite Adira tempat konsumen melakukan pembayaran untuk melakukan pengecekan Nomor HP (WA) yang terdaftar dan akan dibantu proses pengiriman ulang bukti pembayaran tersebut. - Konsumen dapat melakukan pengecekan Riwayat Pembayaran angsurannya pada aplikasi adiraku (Menu: Riwayat Pembayaran), atau dapat juga mengirimkan Whatsapp ke nomor resmi WA Adira Finance yaitu: 08118115811, dengan ketik: #RP#(No KTP)#(No PK Konsumen)
contoh: #RP#1234567890120001#012345678910
Jika nomor HP (WA) Konsumen berubah/sudah tidak aktif maka :1. Konsumen akan diarahkan ke petugas Customer Service (CS) untuk melakukan pengkinian data nomor HP yang tidak aktif2. Petugas CS akan membantu untuk memproses pengkinian data Nomor HP Konsumen3. Setelah Nomor HP Konsumen sudah berhasil dikini/diperbaharui, maka petugas Kasir/Teller akan membantu mengirimkan kembali bukti pembayaran angsuran Konsumen ke Nomor HP Konsumen yang terbaru
Tidak, bagi Konsumen yang sudah menerima bukti pembayaran angsuran secara digital melalui WhatsApp maka Konsumen tidak diberikan bukti cetak (kuitansi kertas) pembayaran angsurannya.
Noted:Jika konsumen tetap menginginkan bukti pembayaran cetak/fisik, maka Konsumen dapat meminta kepada petugas Kasir/Teller setelah melakukan transaksi pembayaran.
Tidak ada biaya apapun yang dibebankan ke konsumen/Gratis
Ya benar, layanan pengiriman bukti pembayaran secara digital ini berlaku untuk semua jenis pembayaran yang dilakukan konsumen melalui Kasir/Teller Cabang & Satellite Adira, meliputi pembayaran:- Angsuran- Denda/sanksi- Biaya simpan BPKB- Biaya penanganan unit, dan lain sebagainya.
Untuk konsumen yang tidak memiliki nomor WhatsApp atau tidak mau menerima bukti pembayaran melalui WhatsApp maka Kasir/Teller akan memberikan bukti pembayaran secara cetak/fisik seperti biasa.
1. Konsumen dapat datang langsung ke Kantor Cabang/Satellite Adira tempat konsumen melakukan pembayaran untuk melakukan pengecekan Nomor HP (WA) yang terdaftar dan akan dibantu proses pengiriman ulang bukti pembayaran tersebut.
Atau
2. Konsumen juga dapat menghubungi layanan Dering Adira Finance: a. Call Center 1500511 b. Aplikasi adiraku, pada menu Pusat Bantuan c. WhatsApp 08118115811, ketik : HCS
Pimpinan Danamon, MUFG Bank Kantor Cabang Jakarta, dan Adira...
Direktur Utama Adira Finance Raih Penghargaan TOP CEO Indonesia...
Rayakan Momentum HUT Ke-34, Adira Finance Resmikan Grha Adira di ...
Catatkan Kinerja Positif Dan Berkelanjutan, Adira Finance Raih...
Adira Finance Rayakan HUT Ke-34 dengan Sinergi Bersama Sahabat...
Jangan lupa untuk ikuti media sosial kami untuk informasi terbaru.
Kantor Pusat Adira Finance
Gedung Millenium Centennial Center Lt. 53-61Jl. Jend. Sudirman Kav. 25 Karet Setiabudi Jakarta Selatan DKI Jakarta 12920
Produk
Tentang Adira Finance
Bagian dari
Ikuti media sosial kami