Tata Cara Restrukturisasi Dampak COVID-19

Sebagai bentuk kepedulian Adira Finance atas pandemi Virus Corona (COVID-19) yang terjadi dan sejalan dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maka nasabah setia Adira Finance yang terdampak langsung pandemi Virus Corona (COVID-19) dapat mengajukan restrukturisasi/keringanan pembiayaan dengan skema perpanjangan waktu angsuran dan penundaan sebagian pembayaran.

SIAPA YANG BERHAK MENGAJUKAN RESTRUKTURISASI/KERINGANAN PEMBIAYAAN?

  1. Nasabah yang terdampak langsung pandemi Virus Corona (COVID-19).
  2. Nilai pembiayaan (pokok hutang) di bawah Rp10 Milyar.
  3. Pekerja sektor informal dan atau pengusaha UMKM yang usahanya terkena dampak langsung wabah virus COVID-19.
  4. Tidak memiliki tunggakan sebelum tanggal 02 Maret 2020 saat Pemerintah RI mengumumkan Virus Corona (COVID-19).
  5. Kendaraan tidak dialihkan/dipindahtangankan ke pihak ketiga atau digadaikan.
  6. Akan dilakukan analisa lebih lanjut oleh Adira Finance.

BAGAIMANA TATA CARA MENGAJUKAN RESTRUKTURISASI/KERINGANAN PEMBIAYAAN AKIBAT COVID-19?

Kini Nasabah dapat mengajukan dan melakukan proses restrukturisasi secara online melalui aplikasi Adiraku tanpa antri dan tidak perlu datang ke Kantor Cabang untuk mendukung program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari pemerintah.

I. Pengajuan dan proses restrukturisasi secara online menggunakan aplikasi digital ADIRAKU tanpa harus datang ke Kantor Cabang (layanan mandiri/self service)




II. Pengajuan melalui formulir online untuk melakukan proses restukturisasi di Kantor Cabang

  1. KLIK dan isi formulir di bawah ini untuk melakukan pengajuan restrukturisasi/keringanan pembiayaan:
    Formulir
    Petugas Adira Finance akan menghubungi Anda melalui telepon/email yang Anda daftarkan untuk mendiskusikan solusi terbaik bagi Anda.
  2. Pengajuan restrukturisasi (keringanan) dapat dilakukan mulai bulan April 2020.
  3. Adira Finance akan melakukan verifikasi kelayakan atas permohonan tersebut dan menginformasikan apakah pengajuan dapat disetujui atau tidak.
  4. Nasabah harus datang dengan membawa kendaraan yang dijaminkan ke Kantor Cabang Adira Finance pada saat menandatangani secara langsung Perjanjian Restrukturisasi.
  5. Selama menunggu persetujuan restrukturisasi, Nasabah agar tetap melakukan pembayaran angsuran seperti biasa.

BAGAIMANA KETENTUAN PROGRAM RESTRUKTURISASI UNTUK NASABAH YANG TELAH MENDAPAT PERSETUJUAN OLEH ADIRA FINANCE?

  1. Sesuai dengan kesepakatan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia perihal adanya pembayaran sebagian angsuran selama tenggang waktu tertentu, maka pada saat permohonan restrukturisasi disetujui Nasabah perlu melakukan pembayaran sebagian angsuran/bunga sejumlah:
    • Rp 350.000 per kontrak untuk pembiayaan motor baru
    • Rp 250.000 per kontrak untuk pembiayaan motor bekas
    • Rp 1.500.000 per kontrak untuk pembiayaan mobil baru
    • Rp 1.250.000 per kontrak untuk pembiayaan mobil bekas
  2. Pembayaran pada sebagian angsuran/bunga tersebut di atas akan diperhitungkan dalam pembayaran kewajiban nasabah selanjutnya.
  3. Denda untuk periode Maret 2020 – Juni 2020 akan dihapuskan.
  4. Pembayaran angsuran berikutnya dapat dilaksanakan paling lambat bulan Juni 2020, dengan pilihan perpanjangan tenor sampai dengan 12 bulan, untuk mengurangi jumlah angsuran per bulan yang harus dibayar.
  5. Untuk penjelasan lebih detil mengenai perhitungan-perhitungan di atas, dapat ditanyakan ke Kantor Cabang Adira Finance tempat nasabah bertransaksi.
  6. Untuk Nasabah yang memilih proses di Kantor Cabang, Nasabah harus datang dengan membawa kendaraan yang dijaminkan ke Kantor Cabang Adira Finance pada saat menandatangani secara langsung Perjanjian Restrukturisasi.
  7. Ketentuan ini dapat berubah dengan pemberitahuan lebih lanjut.
  8. Program berlaku April 2020 – Mei 2020.

INFORMASI PENTING LAINNYA

  • Untuk pembayaran angsuran, selain melalui semua Kantor Cabang Adira Finance, juga dapat dilakukan melalui aplikasi Adiraku, Kantor Pos, Indomaret/Alfamart, transfer ke Virtual Account Bank Danamon dari bank manapun juga, serta ATM, SMS banking, dan mobile banking Bank Danamon.
  • Bagi nasabah yang tidak terdampak pandemi Virus Corona tetap melakukan pembayaran angsuran sesuai dengan perjanjian, agar nasabah terhindar dari sanksi denda dan catatan negatif didalam Sistem Laporan Informasi Keuangan (SLIK).
  • Kami sarankan kepada para Nasabah agar selalu mengikuti informasi resmi dari Adira Finance, tidak mudah percaya dengan informasi yang bersifat hoax, serta melaporkan kepada Adira Finance apabila terdapat karyawan/mitra eksternal kami yang melakukan tindakan tidak sesuai ketentuan.
  • Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kantor Cabang Adira Finance di mana Nasabah terdaftar sebagai nasabah atau telepon ke Dering Adira Finance 1500511 atau email ke customercare@adira.co.id