Home / Berita Terbaru

Mencicipi Honda X-ADV di MalaysiaMencicipi Honda X-ADV di Malaysia

Mencicipi Honda X-ADV di MalaysiaMencicipi Honda X-ADV di Malaysia

09 November 2017 | Penulis : Adira Finance

KUALA LUMPUR ā€“ Honda X-ADV menjadi salah satu bintang di Honda Asian Journey 2017, (26-29/10), yang digelar di Malaysia. Beberapa konsumen Indonesia berkesempatan mengujinya.

Dapurpacu.com yang ikut di dalam rombongan, juga berkesempatan mencicipi X-ADV di kawasan Sirkuit Sepang, Malaysia. Motor yang andalkan mesin dua silinder 745 cc, bertransmisi canggih DCT (Dual Clutch Transmission) berikan impresi yang menyenangkan.

Ketika duduk di atas motor dengan jok setinggi 820 mm ini seperti akrab dengan saudara besarnya Honda Africa Twin. Sebab dengan setang telanjang, pandangan ke depan akan disapa instrumen layaknya motor rally.

Ketika menyalakan mesin, cukup memutar kenob di tengah dashboard, sebab X-ADV menganut keyless. Hal ini membuat pengendara tak perlu repot mencari anak kunci di dalam tas atau merogoh saku ketika menggunakan sarung tangan. Keyless berfungsi ketika mendekat sekitar 80 cm dari motor.

Membuka jok cukup dengan menekan tombol di dekat kenob kunci. Begitu juga membuka lubang tangki bahan bakar, cukup menekan kenob di dekat kunci putar. Lubang tangki bahan bakar tersembunyi di kotak bagian depan jok.

Ketika menjalankan X-ADV, Anda akan menjumpai tombol S/D dan N di bagian setang kanan. Ini bukanlah seperti motor matik yang tanpa Netral. Arahkan tombol ke arah D, seketika di bagian layar dashboard akan terlihat posisi transmisi 1. Putarlah gas, motor akan berjalan. Seiring kecepatan, posisi gigi akan berpindah secara otomatis.

Bila sedang berhenti, arahkan jempol untuk menekan posisi N alias posisi Netral. Bila ingin bergerak lebih agresif, arahkan tombol untuk menekan posisi ā€œSā€ alias Sport. Telunjuk dan jempol kiri bisa ditugaskan untuk memindahkan posisi transmisi 1 hingga 6, karena tombol terletak di setang bagian kiri.

Meski posisinya tinggi , X-ADV terbilang lincah ketika bermauver di ruang yang sempit. Tidak ada kesan berat, karena bobotnya hanya 238 kg. Wajar cukup lincah, berkat velg dan ban depan ukuran 17 inci berbalut 120/70 -17. Sementara ban belakang mengandalkan velg ukuran 15 inci dibalut ban profil 160/60.

Dari mesin SOHC berkapasitas 745 cc tersebut menyuguhkan tenaga hingga 54 hp pada 6.250 rpm. Sedangkan torsinya 68 Nm pada 4.750 rpm. Seluruh performa disalurkan melalui penggerak rantai ke roda belakang.

Suspensi model upside down dan cakram besar ganda. Cukup lumayan sigap menghentikan laju.

Perihal kepraktisan lain yang disuguhkan pada X-ADV adalah; bagian bawah jok cukup luas menampung satu helm full face. Terdapat pula power outlet. Sehingga bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel.

Sayangnya pihak PT Astra Honda Motor belum berniat menjualnya ke Indonesia. Sebab motor berbanderol sekitar Rp 170 jutaan di Eropa ini masih perlu dikaji dan melihat respon dari konsumen serta ketersediaan produksi untuk Indonesia.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN