Home / Berita Terbaru

Ringan, Kredit Mobil Bekas Pake Sistem Syariah

Ringan, Kredit Mobil Bekas Pake Sistem Syariah

20 November 2020 | Penulis : Adira Finance

Sahabat yang saat ini tengah mencari mobil untuk menunjang aktivitas, bisa mempertimbangkan untuk memilikinya lewat jalur pembiayaan mobil bekas berbasis syariah. Bekas juga bukan berarti tidak bagus. Ada banyak mobil bekas berkualitas yang bisa Sahabat pinang dengan harga yang jauh lebih murah dan tidak mengecewakan.

Industri mobil bekas pada tahun lalu berhasil bertahan menghadapi gempuran badai COVID-19 yang saat ini sedang terjadi. Hal itu terlihat dari penjualan beberapa platform mobil bekas yang tetap menorehkan hasil yang meningkat.

Berbeda dengan penjualan mobil baru yang justru harus rela tertekan akibat himpitan COVID-19. Nah dengan pembiayaan mobil bekas secara syariah, Sahabat jadi bisa tetap memiliki mobil dengan harga yang terjangkau dan transparan.

Sudah ada di bayangan, mobil apa yang diinginkan? Tahan dulu Sahabat harus melakukan beberapa hal ini dulu agar semuanya bisa berjalan lancar.

Buat tujuan

Sebelum menentukan mobil mana yang Sahabat inginkan, ada baiknya jika Sahabat membuat pertimbangan perihal tujuan Sahabat membeli mobil.

Untuk menunjang mobilitas, untuk penampilan, untuk memfasilitasi keluarga atau untuk mengejar kenyamanan. Kebanyakan orang mengatakan tujuan mereka membeli mobil adalah untuk menunjang mobilitas, urusan kenyamanan biasanya bonus.

Jika begitu, berarti Sahabat memerlukan mobil yang memang sesuai peruntukannya, yakni sebagai moda transportasi.

Cepatnya dinamika hidup memang membuat aktivitas bergerak semakin kencang. Mau tidak mau suka tidak suka, Sahabat memang harus bisa mengikutinya agar tidak ketinggalan.

Dengan memiliki mobil, kegiatan Sahabat bisa terus berjalan walaupun hujan sekalipun. Dengan menggunakan pembiayaan mobil bekas secara syariah semuanya bisa terpenuhi dengan biaya angsuran yang terjangkau.

Kelebihan Pembiayaan Mobil Bekas Syariah

Jika Sahabat sudah menentukan tujuan untuk membeli mobil bekas, sekarang saatnya untuk mengajukan pembiayaan mobil bekas secara syariah. Dengan skema tersebut, Sahabat bisa mendapatkan harga yang jujur.

Karena pembiayaan mobil bekas syariah menggunakan prinsip murabahah. Jadi kreditur memberikan informasi secara jelas besaran keuntungan yang diambil di awal.

Sahabat tidak perlu menduga-duga berapa besaran keuntungan yang diambil, atau menghitungnya secara manual. Semua proses berjalan secara transparan dan disepakati oleh kedua belah pihak, baik kreditur maupun Sahabat selaku debitur.

Setelah itu, Sahabat akan diberikan informasi tentang besaran cicilan yang harus dibayarkan. Nilai cicilan didasarkan pada harga jual mobil bekas ditambah dengan keuntungan dan dibagi dengan tenor.

Misalnya Sahabat harus mencicil sebanyak Rp2.000.000 per bulan, maka hingga akhir tenor cicilannya akan terus sejumlah itu, tetap, tidak berubah. Jadi Sahabat bisa tetap menentukan proyeksi keuangan jangka panjang.

Seperti rencana untuk memulai usaha secara mandiri, rencana untuk memiliki rumah ataupun melakukan renovasi bangunan. Semuanya jadi bisa lebih terukur dengan mudah, karena cicilannya flat.

Sementara dalam skema kredit mobil secara konvensional, Sahabat bisa menentukan waktu yang tepat untuk mengajukan kredit. Ajukan di saat suku bunga pasar sedang rendah, jadi Sahabat bisa mendapatkan biaya yang lebih rendah pula.

Bekas tapi berkualitas

Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas di lewat Adira Finance. Disana Sahabat juga bisa mendapatkan simulasi pembiayaan mobil bekas syariah yang detail.

Umur mobil bekas yang bisa dibiayai maksimal 12 tahun sesuai dengan tenor yang diberikan. Jadi misalnya Sahabat tahun ini mengajukan kredit mobil bekas syariah, dengan asumsi tenor selama 3 tahun, maka mobil bekas yang bisa Sahabat miliki adalah mobil tahun 2011.

Melihat tingginya penyusutan harga yang ada, banyak konsumen yang beralih menggunakan mobil bekas berkualitas ketimbang mencari mobil baru.

Selain itu, karena sifatnya sudah dipakai oleh orang, Sahabat bisa mengetahui secara pasti kendala yang ada dari masing-masing mobil melalui penjualnya. Sahabat hanya perlu memilih yang paling terbaik dari jejeran mobil terbaik.

Pertimbangkan usia kendaraan, konsumsi bahan bakar, kenyamanan, keamanan dan jangan juga lupa pajak tahunan yang harus dibayarkan.

Jangan sampai Sahabat luput memasukkan biaya pajak, sehingga nanti malahan kaget begitu mengetahui besaran pajak yang harus dipenuhi.

Umumnya pajak mobil bekas untuk kelas multi purpose vehicle (MPV), berkisar di angka Rp 2-jutaan setiap tahunnya. Selain itu, Sahabat juga perlu memasukkan instrumen pajak ke dalam biaya angsuran.

Jadi terlihat secara jelas, berapa kebutuhan pendanaan setiap tahunnya.

Perhitungkan biaya perawatan

Karena mobil yang Sahabat inginkan adalah mobil bekas, maka Sahabat juga harus banyak mengumpulkan informasi terkait biaya perawatannya. Maklum, mobil bekas biasanya sudah tidak memiliki fasilitas gratis biaya perawatan di bengkel resmi.

Umumnya fasilitas tersebut hanya berlangsung selama 3 atau 5 tahun. Agar keuangan kamu lebih terencana, akan baik jika biaya perawatan rutin juga dimasukkan dalam alokasi dana cicilan tahunan kamu.

Jadi jika memang ada komponen yang harus diganti, Sahabat bisa langsung menggantinya tanpa harus menunggu dana terkumpul. Kecuali jika memang perbaikan yang dilakukan terlampau besar, mungkin Sahabat bisa pelan-pelan mengumpulkannya terlebih dulu.

Sahabat juga bisa,menyiasatinya dengan bergabung dengan komunitas. Banyak informasi menarik terkait bengkel rekanan ataupun tempat menjual suku cadang yang murah juga berkualitas. Selain itu sahabat juga bisa sekaligus bertukar informasi tentang suku cadang apa saja yang rentan untuk diganti.

Jadi Sahabat yang saat ini tengah dalam proses melakukan kredit mobil bekas syariah, bisa mulai mencari info komunitas mobil sesuai dengan jenis yang ingin dimiliki.

Dengan begitu, Sahabat bisa mendapatkan biaya perawatan yang murah namun tidak murahan. Barang yang diberikan juga merupakan barang yang berkualitas tetapi tidak bikin kantong boros.

Selain itu, kamu juga sekaligus menambah jalinan persaudaraan di antara sesama. Bisa jadi ada salah satu kolega yang bergabung dalam komunitas tersebut, dan Sahabat sendiri baru mengetahuinya saat bergabung di sana.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari pembiayaan mobil bekas syariah Selain dari sisi finansial, Sahabat juga bisa mendapatkan keuntungan dari sisi persaudaraan. Ya, karena sama-sama memiliki dan mengurus mobil bekas, biasanya para penggunanya lebih memiliki rasa persaudaraan yang kuat.

Tunggu apa lagi, fasilitasi mobilitas keluarga dengan mobil yang ramah di kantong dan juga ramah secara lingkungan sosial.

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN