Home / Berita Terbaru

6 Manfaat Perencanaan Usaha Demi Keberhasilan Bisnis

6 Manfaat Perencanaan Usaha Demi Keberhasilan Bisnis

20 Mei 2021 | Penulis : Adira Finance

Banyak orang yang merintis bisnis tanpa persiapan yang matang. Padahal, persiapan dibutuhkan demi kemajuan bisnis jangka panjang. Salah satu persiapan penting yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan usaha atau dikenal juga dengan istilah business plan. Perencanaan usaha merupakan dokumen yang menggambarkan tujuan berdirinya suatu bisnis dan mekanisme operasionalnya secara keseluruhan. Di dalam dokumen perencanaan usaha harus ada penjelasan rinci tentang strategi pemasaran, kondisi keuangan perusahaan, pendapatan dan pengeluaran bisnis, serta data penting lain yang menunjukkan tujuan bisnisnya harus tercapai. 

Bagi Sahabat yang ingin memulai suatu bisnis, disarankan untuk membuat perencanaan usaha atau business plan secara matang agar bisnis tersebut memiliki tujuan yang jelas, baik itu dalam jangka pendek hingga jangka panjang. Adanya perencanaan usaha juga dapat meminimalisir kerugian yang mungkin saja terjadi di tengah jalan. Pasalnya, dokumen penting ini akan membantu Sahabat untuk menentukan langkah-langkah apa lagi yang harus ditempuh guna mencapai tujuan yang ada. Setiap langkah atau keputusan yang dibuat harus ditempuh dengan kebijakan yang tepat. Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat dan cara membuat perencanaan usaha dari artikel ini yuk! 

Manfaat Perencanaan Usaha

Perencanaan usaha ibarat penunjuk arah bagi Sahabat dalam menjalankan dan mengembangkan usaha hingga jangka panjang. Berikut ini manfaat perencanaan usaha, baik untuk perorangan atau kelompok, antara lain: 

  1. Mengetahui model bisnis yang dijalani

    Manfaat pertama dari perencanaan usaha yaitu untuk mengetahui model bisnis yang akan Sahabat kembangkan. Sebuah usaha atau bisnis yang baru akan cukup sulit untuk berkembang jika hanya dijalankan saja tanpa ada rencana yang matang. Oleh karena itu, penting bagi Sahabat untuk membuat perencanaan agar bisnis yang dikembangkan lebih terorganisir untuk mencapai target-target yang ada. 

  2. Target market jelas 

    Dengan adanya perencanaan usaha, maka Sahabat pun akan lebih mudah menentukan target market yang sesuai dengan pasar yang ada. Jika target market sudah jelas, Sahabat dapat memasarkan barang atau jasa dengan sasaran yang tepat. Coba bayangkan jika tidak ada perencanaan usaha dan tidak mengetahui target market, kemungkinan besar barang atau jasa yang dijual tidak akan diminati oleh orang. 

  3. Mencari sumber dana

    Perencanaan usaha juga bermanfaat untuk mencari sumber dana dari pihak yang menjanjikan. Secara tidak langsung, dokumen penting ini bisa menjadi proposal untuk mendapatkan sumber pendanaan dari pihak lain, bisa dari investor, perbankan, atau lembaga pembiayaan lainnya. Perlu Sahabat ketahui, untuk mendapatkan dana yang cukup besar biasanya memerlukan dokumen resmi untuk mengetahui seperti apa gambaran atau model bisnis yang dijalani. Dengan begitu, Sahabat bisa dengan mudah mencari sumber dana untuk kemajuan bisnis. 

  4. Rencana bisnis jadi lebih fokus dan terarah

    Manfaat perencanaan usaha yang tak kalah penting yaitu untuk memfokuskan rencana bisnis hingga jangka panjang. Dokumen penting ini akan membantu Sahabat untuk menentukan langkah selanjutnya saat mengembangkan bisnis. Dengan begitu, bisnis yang Sahabat kembangkan pun jadi lebih terarah untuk mencapai tujuan yang di masa depan. 

  5. Untuk memprediksi masa depan

    Saat Sahabat membuat perencanaan usaha, maka akan terlihat apa saja gambaran jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang bagi bisnis Sahabat. Dengan begitu, Sahabat dapat memprediksi masa depan dari kemajuan bisnis dan meminimalisir risiko kerugian yang mungkin saja ada. Prediksi ini bukan rencana semata ya, Sahabat, tetapi juga harus didukung oleh data dari riset yang telah dilakukan sebelumnya. Jika tanpa riset yang matang, perencanaan usaha bisa saja akan meleset dari tujuan awal yang ditentukan. 

  6. Menaikkan level bisnis dengan baik

    Perencanaan usaha juga memberikan kesempatan kepada Sahabat untuk menaikkan level bisnis yang sedang dirintis. Rencana yang dibuat dengan matang akan memperlihatkan bisnis yang Sahabat kembangkan cukup profesional. Bahkan, dokumen tersebut bisa menjadi gerbang awal untuk menarik perhatian pelaku bisnis lain demi menjalankan roda bisnis hingga jangka panjang. 

Baca juga: Cuma Modal Kuota, Bisa Dapatkan Pinjaman Online Bunga Rendah

Cara Membuat Perencanaan Usaha yang Efektif

Dalam membuat perencanaan usaha, ada beberapa hal yang Sahabat lakukan, di antaranya:

  1. Membuat deskripsi bisnis

    Deskripsi bisnis bertujuan untuk memberikan gambaran singkat namun jelas mengenai bidang bisnis yang dijalani, model bisnis, dan potensi produk atau jasa, serta kemungkinannya untuk bertahan di masa depan. Dengan adanya deskripsi bisnis, diharapkan pihak yang terlibat di dalamnya akan mengetahui potensi dan arah pengembangan dari bisnis tersebut. 

  2. Menentukan strategi pemasaran

    Langkah penting selanjutnya adalah menentukan strategi pemasaran sesuai dengan riset atau analisis yang telah dilakukan. analisis pasar merupakan kekuatan yang harus digunakan untuk menciptakan target pelanggan. Jenis analisis yang bisa Sahabat gunakan adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) yang dapat mengetahui keunggulan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi suatu barang atau jasa. Dengan begitu, strategi pemasaran dapat diterapkan dengan tepat dan efisien. 

  3. Membuat analisis pesaing

    Tahukah Sahabat, analisis pesaing dibutuhkan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing dalam satu pasar yang sama dengan bisnis Sahabat. Setelah mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing, Sahabat bisa mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang lebih unggul dan memiliki nilai jual produk (unique selling point) yang lebih baik dibandingkan pesaing. 

  4. Rencana operasional dan manajemen

    Komponen rencana operasional dan manajemen perlu diperhatikan demi keberlangsungan bisnis ke depannya. Dua komponen ini berfokus pada kebutuhan logistik, misalnya berbagai macam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi, serta kebutuhan anggaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan barang atau jasa yang Sahabat kembangkan. 

  5. Membuat desain pengembangan 

    Rencana selanjutnya yang harus dilakukan yaitu membuat desain pengembangan bisnis dengan matang. Rencana ini diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan barang atau jasa yang ditawarkan, serta grafik pengembangan kebutuhan produksi dan penjualan. Selain itu, desain pengembangan juga mempengaruhi perencanaan pembiayaan bisnis yang dijalani. 

  6. Hitung Pembiayaan

    Pembiayaan merupakan komponen dalam perencanaan usaha yang paling krusial. Pembiayaan ini mencakup dari mana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran yang efisien, serta memastikan anggaran tidak defisit dan pemasukan relatif baik. Beberapa dokumen keuangan dibutuhkan untuk menyusun perhitungan pembiayaan, seperti laporan perencanaan keuangan, laporan arus kas perencanaan, laporan neraca, dan analisis pengembalian modal. 

    Namun, Sahabat tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak cara untuk mendapatkan modal bisnis dengan sistem pinjaman yang mudah. Salah satu solusinya dengan menggunakan layanan kredit multiguna dari lembaga keuangan yang sudah terpercaya dan aman.


Perlu Sahabat ketahui, Kredit multiguna merupakan salah satu cara mendapatkan modal bisnis yang mudah, aman, dan cepat. Sahabat bisa menggunakan layanan ini dari Adira Finance karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan memanfaatkan kredit multiguna, Sahabat bisa mendapatkan dana tunai secara cepat hanya dengan mengagunkan Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil atau motor yang dimiliki. Kredit multiguna ini bisa Sahabat ajukan hanya lewat handphone dan dari rumah saja. Prosesnya sangat mudah karena menggunakan aplikasi Adiraku dari Adira Finance. Selain itu, di aplikasi Adiraku terdapat berbagai macam layanan yang memudahkan Sahabat dalam memproses pembiayaan sesuai kebutuhan, salah satunya kredit multiguna yang dapat diajukan dengan bunga rendah dan tenor panjang, sehingga tidak memberatkan Sahabat saat proses pembayaran cicilannya. Transaksi jadi lebih mudah, aman, dan cepat hanya dari rumah dengan Adiraku, Sahabat tidak perlu khawatir dan tetap terlindungi!

Bagikan Artikel

Artikel Terbaru

Dapatkan informasi terbaru tentang Adira Finance
Subscribe Sekarang

  • Copyright @ Adira Finance Terdaftar dan Diawasi oleh OTORITAS JASA KEUANGAN